Laporan Perekonomian Provinsi

BI Icon

​​Kantor Perwakilan ​Bank Indonesia ​Provinsi Kalimantan Timur​​​​​​​​​

12/6/2023 12:00 AM
Hits: 669

Laporan Perekonomian Provinsi Kalimantan Timur November 2023

Kalimantan Timur
Triwulan

I. Perkembangan Ekonomi Makro Daerah 

Pada Triwulan III 2023, Perekonomian Kalimantan Timur tumbuh lebih tinggi dibandingkan nasional, meskipun sedikit melambat dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Pertumbuhan ini terutama ditopang oleh lapangan usaha industri pengolahan dan kinerja konstruksi yang masih solid, di tengah perlambatan lapangan usaha pertambangan. Sementara itu, kinerja investasi dan konsumsi pemerintah menjadi pendukung pertumbuhan ekonomi Kaltim dari sisi pengeluaran selama triwulan III 2023, di tengah ekspor yang tumbuh melambat. 

II. Keuangan Pemerintah Daerah 
Kinerja keuangan pemerintah daerah Provinsi Kaltim hingga triwulan III 2023 menunjukkan peningkatan, baik realisasi pendapatan maupun belanja pemerintah yang terjadi di hampir seluruh tingkat kabupaten/kota. Peningkatan realisasi pendapatan terutama didorong oleh peningkatan pendapatan daerah, seiring membaiknya aktivitas ekonomi masyarakat, serta realisasi program pendanaan Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) yang dikelola oleh World Bank. Sementara itu, peningkatan realisasi belanja APBD di wilayah Kalimantan Timur hingga triwulan III 2023 sejalan dengan peningkatan alokasi pembangunan infrastruktur IKN. 

III. Perkembangan Inflasi Daerah 
Inflasi gabungan 2 (dua) kota di Kalimantan Timur di triwulan III 2023 tercatat sebesar 3,07% (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, namun masih lebih tinggi dibandingkan dengan nasional. Faktor penahan inflasi tersebut terutama dipengaruhi oleh normalisasi permintaan pasca HBKN pada triwulan sebelumnya. Selain itu, tekanan inflasi di kota Samarinda maupun Balikpapan juga melambat seiring meredanya tekanan inflasi dari kelompok transportasi, khususnya angkutan udara, 

IV. Pembiayaan Daerah serta Pengembangan Akses Keuangan dan UMKM 
Kinerja penyaluran kredit di Kaltim pada triwulan III 2023 tetap terjaga tercermin dari pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK), khususnya simpanan masyarakat dan Pemerintah, yang diiringi oleh kenaikan penyaluran kredit yang meningkat dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Selain itu, kredit UMKM dan pembiayaan syariah juga tumbuh positif. Lebih lanjut, peningkatan kinerja penyaluran kredit ini diikuti risiko kredit yang tetap terjaga seiring NPL Kalimantan Timur yang masih tercatat di bawah 5%. 

V. Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah 
Pada Triwulan III tahun 2023, transaksi sistem pembayaran melalui Bank Indonesia di Provinsi Kaltim mengalami kenaikan secara nominal, walaupun secara volume mengalami kontraksi. Peningkatan pertumbuhan nominal transaksi sistem pembayaran, terutama berasal dari transaksi RTGS, diikuti transaksi APMK (alat pembayaran menggunakan kartu) berupa ATM/Debit, Kredit, dan UE (Uang Elektronik), serta QRIS yang terus menunjukkan kinerja yang signifikan. Di sisi lain, transaksi tunai pada triwulan III 2023 masih mencatatkan posisi net outflow seiring dengan keluarnya aliran uang karena konsumsi masyarakat ritel dan industri. 

VI. Ketenagakerjaan dan Kesejahteraan 
Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada triwulan III 2023 mencatatkan penurunan dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Adapun derajat ketimpangan masyarakat turut membaik yang diindikasikan oleh penurunan rasio gini, dan pertumbuhan Nilai Tukar Petani (NTP) yang masih positif. Selain itu, jumlah penduduk miskin juga menunjukkan penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, baik di perkotaan maupun perdesaan. 

VII. Prospek Perekonomian Daerah 
Perekonomian Kaltim tahun 2023 diprakirakan tumbuh menguat, sejalan dengan peningkatan kinerja ekonomi domestik di tengah perbaikan pertumbuhan ekonomi global. Inflasi Kaltim pada tahun 2023 diprakirakan masih berada pada rentang target 3±1% (yoy), sejalan dengan terjaganya tingkat inflasi inti dan inflasi IHK Nasional. 

Lampiran
Kontak

​Contact Center BICARA: (62 21) 131, e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB
Informasi Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Timur ​​​

Halaman ini terakhir diperbarui 12/6/2023 5:49 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?

Baca Juga