Profil PPID

Start;Home;Informasi Publik;bukan default.aspx


Layanan-Informasi-Publik.jpg

Profil Singkat

Undang-Undang Bank Indonesia No. 23/1999 menuntut adanya akuntabilitas dan transparansi dalam setiap pelaksanaan tugas, wewenang dan anggaran Bank Indonesia. Prinsip akuntabilitas dan transparansi salah satunya diterapkan dengan cara menyampaikan informasi kepada masyarakat luas secara terbuka. Sejalan dengan era keterbukaan informasi publik yang dimulai pasca disahkannya Undang-Undang No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Bank Indonesia turut aktif dalam gerakan keterbukaan informasi yang mana salah satunya diwujudkan dengan membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Dengan terbentuknya PPID BI, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Bank Indonesia karena hak setiap orang untuk memperoleh informasi juga relevan dalam meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik.

Bank Indonesia juga memberi kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk dapat mengakses informasi melalui website (https://www.bi.go.id). Menu Layanan Informasi Publik merupakan jalur pintas dalam pencarian data dan informasi serta untuk mengakses layanan publik yang dibutuhkan masyarakat dengan lebih cepat dan mudah. Selain itu, masyarakat juga dapat mengakses informasi publik dengan mudah, nyaman, dan berbiaya ringan melalui contact center Bank Indonesia Bicara.

Visi Misi PPID​

visi-misi-PPID.jpeg 

Tugas, Fungsi, dan Tanggung Jawab


Sesuai SK Gubernur Bank Indonesia No. 14/46/KEP.GBI/INTERN/2012 tanggal 19 September 2012, fungsi dan tugas PPID Bank Indonesia telah ditetapkan sebagai berikut:


Fungsi PPID:

  1. Mengkoordinasikan pengumpulan seluruh Informasi Publik dari setiap Satuan Kerja;
  2. Mendata Informasi Publik yang telah dikumpulkan dari setiap satuan kerja dan berkoordinasi dengan Satuan Kerja yang melaksanakan fungsi pengelolaan manajemen data dan informasi dan Satuan Kerja yang melaksanakan fungsi pengelolaan arsip;
  3. Mengumumkan Informasi Publik yang bersifat wajib disediakan dan diumumkan secara berkala serta informasi yang bersifat wajib diumumkan secara serta merta melalui media yang tersedia secara efektif;
  4. Memberikan tanggapan atas setiap permohonan informasi yang diterima; dan
  5. Mewakili Bank Indonesia berkoordinasi dengan Satuan Kerja yang melaksanakan fungsi hukum dalam proses penyelesaian sengketa Informasi Publik di Komisi Informasi dalam hal mendapatkan penugasan atau kuasa dari Atasan PPID.

Tugas dan Tanggung Jawab PPID:

  1. Meminta dan mengumpulkan Daftar Informasi dari setiap Satuan Kerja;
  2. Melakukan klasifikasi atas setiap Informasi Publik yang dikuasai sesuai ketentuan UU KIP;
  3. Mengumumkan dan menyimpan Informasi Publik yang bersifat wajib disediakan dan diumumkan secara berkala serta Informasi Publik yang bersifat wajib diumumkan secara serta merta yang telah diperoleh dari seluruh Satuan Kerja;
  4. Melakukan uji konsekuensi terhadap informasi yang dikecualikan;
  5. Memberikan Informasi Publik kepada Pemohon Informasi melalui Petugas Informasi pada contact center atas Informasi Publik yang bersifat tersedia setiap saat;
  6. Menyampaikan perpanjangan waktu penyediaan informasi kepada Pemohon Informasi; dan
  7. Menolak permohonan informasi yang masuk ke dalam kategori informasi dikecualikan.

Struktur

Struktur-PPID.jpg

Konta​k

Korespondensi (Surat) :

Departemen Komunikasi Bank Indonesia

cq. Unit Pelaksana PPID

Jl. M.H. Thamrin No.2 (Gedung Thamrin) Jakarta 10350;

E-mail : bicara@bi.go.id

 

Contact Center :

Telp.: 131 (pulsa lokal); 1500131 (dari luar negeri)

E-mail : bicara@bi.go.id

Layanan Bicara Daring


Jam operasional :

Senin s/d Jumat, pukul 08.00 s/d 16.00 WIB

 

Chatbot LISA (Layanan Informasi Bank Indonesia)

Whatsapp (24 jam) : 081 131 131 131

Line (24 jam) : @bank_indonesia

FB (diluar jam kerja) : @BankIndonesiaOfficial

 

Visitor Center :

Menara Sjafrudin Prawiranegara lantai 1

Jl. M.H. Thamrin No. 2 Jakarta 10350


Baca Juga