Profil PPID

Start;Home;Informasi Publik;bukan default.aspx


Layanan-Informasi-Publik.jpg

Profil Singkat

Undang-Undang Bank Indonesia No. 23/1999 menuntut adanya akuntabilitas dan transparansi dalam setiap pelaksanaan tugas, wewenang dan anggaran Bank Indonesia. Prinsip akutabilitas dan transparansi salah satunya diterapkan dengan cara menyampaikan informasi kepada masyarakat luas secara terbuka. Sejalan dengan era keterbukaan informasi publik yang dimulai pasca disahkannya Undang-Undang No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Bank Indonesia turut aktif dalam gerakan keterbukaan informasi.

Bank Indonesia juga memberi kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk dapat mengakses informasi melalui website (https://www.bi.go.id) sesuai dengan Undang-Undang dan peraturan yang berlaku. Menu Layanan Informasi Publik merupakan shortcut dalam pencarian data dan informasi serta layanan publik yang dibutuhkan masyarakat dengan lebih cepat dan mudah.

Hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi juga relevan dalam meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik. Untuk itu, BI secara aktif menyediakan Layanan Informasi Publik (LIP) yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengetahui fungsi dan tugas BI serta mencari informasi publik yang dimiliki BI melalui :

  • Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Bank Indonesia (PPID BI)
  • Contact Center BI yang dikenal dengan BICARA (BI CAll and InteRAction), terdiri dari Call Center BICARA 131 dan Visitor Center
​​PPID BI dibentuk berdasarkan amanah UU No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan informasi Publik (KIP). Dengan terbentuknya PPID BI, pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Bank Indonesia sesuai dengan ketentuan dalam UU No. 14 Tahun 2008. PPID Bank Indonesia sesuai Peraturan Dewan Gubernur Bank Indonesia No.10/10/PDG/2008 Tentang Manajemen Informasi Bank Indonesia dan keputusan Gubernur Bank Indonesia No.14/46/KEP.GBI/ INTERN/ 2012 Tentang Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Bank Indonesia.​​

Visi Misi PPID​

 

Tugas, Fungsi, dan Tanggung Jawab

PPID memiliki fungsi sebagai berikut:​

  1. Mengkoordinasikan pengumpulan seluruh Informasi Publik dari setiap Satuan Kerja.
  2. Mendata Informasi Publik yang telah dikumpulkan dari setiap satuan kerja dan berkoordinasi dengan Satuan Kerja yang melaksanakan fungsi pengelolaan manajemen data dan informasi dan Satuan Kerja yang melaksanakan fungsi pengelolaan arsip.
  3. Mengumumkan Informasi Publik yang bersifat wajib disediakan dan diumumkan secara berkala serta informasi yang bersifat wajib diumumkan melalui media yang tersedia secara efektif.
  4. Memberikan tanggapan atas setiap permohonan informasi yang diterima.
  5. Mewakili Bank Indonesia berkoordinasi dengan Satuan Kerja yang melaksanakan fungsi hukum dalam proses penyelesaian sengketa Informasi Publik di Komisi Informasi dalam hal mendapatkan penugasan atau kuasa dari Atasan PPID. ​
PPID memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

  1. ​​Meminta dan mengumpulkan Daftar Informasi dari setiap Satuan Kerja.
  2. Melakukan klasifikasi atas setiap Informasi Publik yang dikuasai sesuai ketentuan UU KIP.
  3. Mengumumkan dan menyimpan Informasi Publik yang bersifat wajib disediakan dan diumumkan secara berkala serta Informasi Publik yang bersifat wajib diumumkan secara serta merta yang telah diperoleh dari seluruh Satuan Kerja.
  4. Melakukan uji konsekuensi terhadap informasi yang dikecualikan.
  5. Memberikan Informasi Publik kepada Pemohon Informasi melalui Petugas Informasi pada Contact Center atas Informasi Publik yang bersifat tersedia setiap saat.
  6. Menyampaikan perpanjangan waktu penyediaan informasi kepada Pemohon Informasi.
  7. Menolak permohonan informasi yang masuk ke dalam kategori informasi dikecualikan.

Struktur

Struktur-PPID.jpg

Konta​k

Baca Juga