JISDOR dan Kurs Transaksi

Start;Home;Fungsi Utama;Moneter;bukan default.aspx

​Apa Itu JISDOR

JISDOR merupakan harga spot USD/IDR, yang disusun berdasarkan kurs transaksi USD/IDR terhadap rupiah antar bank di pasar valuta asing Indonesia, melalui Sistem Monitoring Transaksi Valuta Asing Terhadap Rupiah (SISMONTAVAR) di Bank Indonesia secara real time. JISDOR dimaksudkan untuk memberikan referensi harga pasar yang representatif untuk transaksi spot USD/IDR pasar valuta asing Indonesia. JISDOR mulai diterbitkan sejak 20 Mei 2013.

  • Data JISDOR tersedia untuk setiap hari kerja, dalam hal ini tidak termasuk Sabtu, Minggu, hari libur nasional, atau hari lain yang ditetapkan sebagai hari libur yang berakibat bank tidak melakukan kegiatan operasi.
  • Dalam hal tidak terdapat data transaksi spot antar bank selama rentang waktu yang ditetapkan, maka JISDOR akan menampilkan kurs hari kerja sebelumnya.
  • Penguatan JISDOR dilakukan sejak Senin, 5 April 2021 sebagaimana disampaikan dalam “Keputusan dan Siaran Pers RDG Bulanan 21 Januari 2021".
  • Pertanyaan dan Jawaban (FAQ) seputar implementasi penguatan JISDOR dapat dilihat dalam halaman Tanya Jawab JISDOR.


Spesifikasi data JISDOR :

Spesifikas​i  Keterangan
Currency Pair​​ USD/IDR​
Jeni​s Data   Data transaksi spot aktual antar bank USD/IDR​​
Kontributor ​
Seluruh bank devisa yang melakukan transaksi spot USD/IDR antar bank USD/IDR dalam rentang waktu yang ditentukan
Media Pelaporan Data  SISMONTAVAR
Penerbit 

Bank Indonesia
Rentang Waktu Pengambilan Data  08.00 – 16.00 WIB
Cut off Time 16.00 WIB
Waktu Pengumuman 16.15 WIB
Metode Perhitungan  Rata-rata tertimbang (Weighted  Average) berdasar volume transaksi
Media Pengumuman Website BI

  • Dalam hal terdapat perubahan jam operasional pasar valas domestik, maka rentang waktu pengambilan data dan publikasi JISDOR akan disesuaikan mengikuti jam operasional pasar valas domestik yang berlaku.
  • Sehubungan dengan penyesuaian waktu operasional pasar valuta asing domestik pada masa Pandemi COVID-19, maka rentang waktu pengambilan data JISDOR: 09.00 – 15.00 WIB, dan JISDOR terbit pada 15.15 WIB.

Apa Itu Kurs Transaksi BI

  • Kurs Transaksi BI disajikan dalam bentuk kurs jual dan kurs beli valas terhadap rupiah, digunakan sebagai acuan transaksi BI dengan pihak ketiga, seperti pemerintah.
  • Titik tengah Kurs Transaksi BI USD/IDR mengacu pada kurs referensi (JISDOR) hari kerja sebelumnya (H-1).
  • Kurs Transaksi BI diumumkan sekali setiap hari kerja pada pukul 08.00 WIB.
  • Penyesuaian publikasi Kurs Transaksi BI terkait dengan implementasi penguatan JISDOR yang dipublikasikan secara efektif mulai Senin, 5 April 2021.

Baca Juga