Layanan Informasi

Start;Home;Informasi Publik;bukan default.aspx
">

​​​Permohonan Informasi Publik

Per 1 Januari 2018, layanan terkait BI Checking/SID telah beralih dari Bank Indonesia ke Otoritas Jasa Keuangan dengan nama Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), silahkan hubungi Kontak OJK di nomor 157.  Selengkapnya

​Pengajuan Keberatan Informasi Publik

  1. Stakeholder mengajukan keberatan atas proses permohonan informasi yang didasarkan pada alasan:
    • Penola​kan atas permohonan informasi publik berdasarkan alasan pengecualian.
    • Tidak disediakannya informasi yang masuk kategori wajib disediakan dan diumumkan secara berkala.
    • Tidak ditanggapinya permintaan informasi.
    • Permintaan informasi ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta.
    • Tidak dipenuhinya permintaan informasi.
    • Pengenaan biaya yang tidak wajar.
    • Penyampaian informasi yang melebihi waktu yang diatur dalam UU KIP.
  2. ​Petugas informasi berhak menolak keberatan yang diajukan bukan karena alasan sebagaimana dimaksud pada poin 1.
  3. Petugas informasi melakukan pencatatan atau perekaman terhadap pengajuan keberatan yang telah memenuhi syarat dan meneruskan kepada PPID.
  4. PPID membuat kronologi keberatan sebagai bahan pertimbangan atasan PPID paling lambat 5 HK sejak keberatan diterima.
  5. Atasan PPID memberikan tanggapan atas keberatan yang diterima paling lambat 30 HK sejak diterimanya keberatan.​

Penyelesaian Sengketa Informasi Publik

  1. ​Upaya penyelesaian sengketa informasi publik diajukan kepada Komisi Informasi apabila tanggapan atasan PPID dalam proses keberatan tidak memuaskan stakeholder.
  2. Upaya penyelesaian sengketa informasi publik diajukan dalam waktu paling lambat 14 HK setelah diterimanya tanggapan dari atasan PPID.
  3. Komisi Informasi harus mulai mengupayalan penyelesaian sengketa informasi publik melalui mediasi dan atau Ajudikasi Nonlitigasi paling lambat 14 HK setelah menerima permohonan penyelesaian sengketa informasi publik.
  4. Proses penyelesaian sengketa informasi publik paling lambat diselesaikan dalam waktu 100 HK. 

Maklumat Pelayanan

  1. Maklumat pelayanan informasi publik merupakan pernyataan tertulis yang berisi keseluruhan rincian kewajiban dan janji yang terdapat dalam standar pelayanan informasi publik yang ditetapkan oleh atasan PPID.
  2. Maklumat Layanan Informasi Publik Bank Indonesia adalah memberikan Layanan Informasi Publik dengan upaya yang sungguh-sungguh untuk:
    • `Memberikan pelayanan informasi publik yang cepat dan tepat waktu.
    • Menyediakan dan memberikan informasi publik yang akurat, benar, dan tidak menyesatkan.
    • Memberikan pelayanan informasi kepada publik dengan efektif dan efisien menggunakan sarana dan prasarana yang memadai.
    • Memaksimalkan pemenuhan permohonan informasi yang wajib disediakan dan disampaikan melalui situs web Bank Indonesia, Contact Center Bank Indonesia yaitu call center, meja informasi (visitor center) atau media lain yang digunakan oleh Bank Indonesia di bawah koordinasi PPID.
    • Menjamin pemenuhan pelayanan informasi publik sesuai dengan UU KIP, kebijakan Bank Indonesia dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    • Memberikan pelayanan informasi publik melalui contact center untuk mendukung pelaksanaan komunikasi kebijakan Bank Indonesia sesuai dengan best practice dan berbasis kinerja serta mengedepankan nilai-nilai strategis Bank Indonesia.
    • Menerapkan manajemen mutu pelayanan informasi publik melalui contact center Bank Indonesia dengan persyaratan yang sesuai best practice secara nasional dan atau internasional.
    • Melakukan pengawasan dan evaluasi kinerja internal dalam pelayanan informasi publik.
  3. ​Maklumat pelayanan juga disampaikan melalui informasi tercetak (print out) yang ditempatkan di Layanan Informasi Publik Bank Indonesia, yaitu Contact Center Bank Indonesia (131) ataupun Visitor Center Bank Indonesia.

Waktu dan Biaya Layanan Informasi Publik

jadwal-layanan.png

Baca Juga