IndONIA, Compounded IndONIA, IndONIA Index dan JIBOR

Start;Home;Fungsi Utama;Moneter;bukan default.aspx

​IndON​IA

​​​​IndONIA (Indonesia Overnight Index Average)

IndONIA dimaksudkan berperan sebagai benchmark rate pasar uang, yakni cerminan suku bunga yang terjadi di pasar uang, yang dihitung secara periodik, tersedia dan dapat digunakan oleh para pelaku pasar sebagai referensi seperti penetapan suku bunga pinjaman, penetapan harga instrumen keuangan, dan pengukuran kinerja instrumen keuangan. IndONIA adalah indeks suku bunga atas transaksi pinjam-meminjamkan rupiah tanpa agunan yang dilakukan antarbank untuk jangka waktu overnight di Indonesia.
IndONIA ditetapkan berdasarkan rata-rata suku bunga transaksi pinjam-meminjamkan rupiah tanpa agunan dengan jangka waktu overnight yang dilaporkan oleh seluruh bank kepada Bank Indonesia. Dengan demikian, IndONIA merupakan suku bunga transaksi yang terbentuk dari transaksi pasar. Penetapan IndONIA dilakukan dengan menghitung rata-rata tertimbang berdasarkan nilai nominal transaksi (volume-weighted average) atas seluruh data transaksi yang dilakukan pada hari transaksi, yang dilaporkan oleh bank kepada Bank Indonesia melalui sistem laporan harian bank umum sejak pukul 07.00 WIB s/d 18.00 WIB (dan koreksi online hingga pukul 19.00 WIB).

IndONIA mulai dipublikasikan oleh Bank Indonesia sejak tanggal 1 Agustus 2018 pada setiap hari kerja pukul 19.30 WIB di website Bank Indonesia. Dengan mulai dipublikasikannya IndONIA per tanggal 1 Agustus 2018 yang terbentuk dari transaksi pasar, IndONIA diharapkan dapat menggantikan peran JIBOR tenor overnight sebagai benchmark rate pasar uang. Per tanggal 2 Januari 2019, Bank Indonesia tidak lagi memublikasikan JIBOR tenor overnight dan diharapkan pada saat itu kontrak-kontrak keuangan yang sebelumnya menggunakan JIBOR overnight sebagai referensi dapat beralih ke IndONIA sebagai referensi terkini untuk tenor overnight.

Penjelasan singkat mengenai IndONIA adalah sebagai berikut:
No Subjek Keterangan
1 Waktu Publikasi
19.30​ WIB
2 Tenor
Overnight
3 Metode Perhitungan
Rata-rata tertimbang berda​sarkan nilai nominal transaksi (volume-weighted average)





4
Ketentuan Fallback
Pasal 4: 
(1) Bank Indonesia melakukan publikasi IndONIA
(2) Apabila dalam ketentuan Bank Indonesia terdapat rujukan penggunaan IndONIA untuk tanggal tertentu, namun pada tanggal tersebut Bank Indonesia tidak memublikasikan IndONIA maka rujukan penggunaan IndONIA menggunakan tanggal publikasi sebelumnya.

Pasal 2.(1): Bank Indonesia menetapkan IndONIA pada setiap Hari Kerja 
Pasal 4(2):  Dalam hal terjadi perpanjangan batas waktu pelaporan, IndONIA dipublikasikan pada situs web Bank Indonesia 30 (tiga puluh) menit setelah batas waktu pelaporan dimaksud berakhir​

Ketentuan mengenai IndONIA diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.20/7/PBI/2018 tanggal 24 Juli 2018 dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) No. 20/19/PADG/2018 tanggal  27 Agustus 2018 tentang Indonesia Overnight Index Average dan Jakarta Interbank Offered Rate​

Informasi Mengenai IndONIA
​Departemen Pengembangan Pasar Keuangan
Telp : (021) 2981-4013, 2981-4897
Fax : (021) 2311-325, 3504-296

Compounded IndONIA

Dalam rangka meningkatkan pemanfaatan IndONIA sebagai suku bunga referensi alternatif untuk menghitung suku bunga jangka panjang yang diantaranya dapat dilakukan dengan cara merata-ratakan IndONIA secara majemuk, Bank Indonesia mempublikasikan Compounded IndONIA. Compounded IndONIA adalah suku bunga yang dihitung berdasarkan rata-rata bunga majemuk (compounded average interest) dari IndONIA selama periode tertentu.

Bank Indonesia menghitung Compounded IndONIA berdasarkan IndONIA yang dipublikasikan di website Bank Indonesia dengan basis penghitungan jumlah hari tetap (fixed day structure), yaitu dari IndONIA sejak awal periode bunga, sampai 1 (satu) hari sebelum tanggal publikasi Compounded IndONIA.

Compounded IndONIA dipublikasikan untuk tenor standar 30 hari, 90 hari, 180 hari dan 360 hari kalender di website Bank Indonesia, setiap hari kerja pukul 08.00 WIB mulai tanggal 1 Februari 2023. Penggunaan Compounded IndONIA yang dipublikasikan di website Bank Indonesia sepenuhnya menjadi tanggung jawab para pihak yang bertransaksi.

Penjelasan singkat Compounded IndONIA adalah sebagai berikut:

No Subjek Keterangan
1 Waktu Publikasi 08.00 WIB
2 Tenor 30 hari, 90 hari, 180 hari, dan 360 hari kalender.
3 Metode Perhitungan Rata-rata bunga majemuk (compounded average interest) dari IndONIA yang dipublikasikan pada website Bank Indonesia selama periode bunga.

IndONIA Index

IndONIA Index adalah indeks yang merepresentasikan nilai akumulasi dari IndONIA yang dibungakan secara majemuk dan dihitung secara harian oleh Bank Indonesia. IndONIA Index dihitung berdasarkan nilai IndONIA dan IndONIA Index yang dipublikasikan di website Bank Indonesia pada hari kerja sebelumnya, dengan nilai awal indeks sebesar 1.000000000 pada tanggal 2 Januari 2019. IndONIA Index dipublikasikan di website Bank Indonesia setiap hari kerja pukul 08.00 WIB mulai tanggal 1 Februari 2023.

Pelaku pasar dapat menggunakan IndONIA Index untuk menghitung nilai Compounded IndONIA periode/tenor tertentu. Namun harus diperhatikan bahwa nilai Compounded IndONIA tenor standar yang dihitung menggunakan IndONIA Index dapat berbeda dengan nilai Compounded IndONIA tenor standar yang dipublikasikan pada website Bank Indonesia karena perbedaan metode perhitungan. Penggunaan IndONIA Index yang dipublikasikan di website Bank Indonesia sepenuhnya menjadi tanggung jawab para pihak yang bertransaksi.

Anda dapat melihat contoh perhitungan Compounded IndONIA dan IndONIA Index di tautan PADG No. 24/18/PADG/2022 tentang Perubahan atas PADG No. 20/19/PADG/2018 tentang Indonesia Overnight Index Average (IndONIA) dan Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR).

Panduan penggunaan IndONIA dalam penerbitan instrumen dan/atau transaksi keuangan dapat dilihat pada tautan Panduan Penggunaan IndONIA.

JIBOR

JIBOR (Jakarta Interbank Offered Rate)

JIBOR berperan sebagai benchmark ratepasar uang. Dihitung secara periodik, JIBOR tersedia dan dapat digunakan oleh para pelaku pasar sebagai referensi seperti penetapan suku bunga pinjaman, penetapan harga instrumen keuangan, dan pengukuran kinerja instrumen keuangan. JIBOR adalah rata-rata dari suku bunga indikasi pinjaman tanpa agunan yang ditawarkan oleh bank kontributor kepada bank kontributor lain untuk meminjamkan rupiah di Indonesia, untuk tenor di atas overnight

JIBOR ditetapkan oleh Bank Indonesia berdasarkan kuotasi suku bunga indikasi pinjaman yang ditawarkan oleh Bank Kontributor (offer rate). Disampaikan oleh Bank Kontributor kepada Bank Indonesia dengan window time penyampaian sejak pukul 07.00 WIB s/d 09.30 WIB (dan koreksi online hingga pukul 09.45 WIB). Penetapan JIBOR dilakukan dengan menghitung rata-rata sederhana (simple average) dari kuotasi yang disampaikan oleh Bank Kontributor, setelah mengeluarkan 15% data offer rate tertinggi dan 15% data offer rateterendah. 

JIBOR dipublikasikan oleh Bank Indonesia pada setiap hari kerja pukul 10.00 WIB di website Bank Indonesia. JIBOR terdiri dari tenor overnight, 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. 

Untuk meningkatkan kredibilitas JIBOR sebagai referensi suku bunga, Bank Indonesia melakukan sejumlah penyempurnaan. Per tanggal 2 Januari 2019, pembentukan JIBOR diatur dengan mengacu pada data transaksi dan diterapkan dengan tata kelola yang baik, dengan harapan dapat mencerminkan suku bunga yang terjadi di pasar. Hal ini sejalan denganglobal best practices, terkait referensi suku bunga keuangan yang dituangkan dalam prinsip International Organization of Securities Commissions (IOSCO) untuk referensi suku bunga keuangan (IOSCO principles for financial benchmarks). 

Peningkatan kredibilitas benchmark rate pasar uang diharapkan mampu mengurangi kompleksitas kontrak keuangan dengan mendorong standardisasi dalam penggunaan suku bunga acuan pada surat utang dan/atau pinjaman dengan suku bunga mengambang, derivatif suku bunga rupiah, dan untuk valuasi instrumen keuangan. 

Per tanggal 2 Januari 2019, JIBOR overnight tidak lagi dipublikasikan oleh Bank Indonesia. Dengan demikian, JIBOR akan terdiri dari 5 tenor yaitu 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan yang dipublikasikan di website Bank Indonesia pada pukul 11.00 WIB. 

Penjelasan singkat mengenai JIBOR adalah sebagai berikut:
No Subjek Keterangan
1
Waktu Publikasi
10.00 WIB
Per tanggal 2 Januari 2019:
11.00 ​WIB

2
Tenor
Overnight, 1 mingg​u, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan
Per tanggal 2 Januari 2019:
1 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan
3
Metode Perhitungan
Rata-rata sederhana (simple average), setelah mengeluarkan 15% data Offer Rate tertinggi dan 15% dataOffer Rateterendah.​
Ketentuan mengenai JIBOR diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.20/7/PBI/2018 tanggal 24 Juli 2018 tentang Indonesia Overnight Index Average dan Jakarta Interbank Offered Rate.

Informasi Mengenai JIBOR 
​Departemen Pengembangan Pasar Keuangan
Telp : (021) 2981-4013, 2981-4897
Fax : (021) 2311-325, 3504-296


Kontributor JIBOR​​

Bank kontributor yang akan menyampaikan kuotasi suku bunga penawaran offer rate dan bid rate dalam rangka pembentukan JIBOR mulai 1 Februari 2023 adalah sebagai berikut: ​​​​​​​​

No Bank Kontributor JIBOR
1 PT Bank BTPN, Tbk
2 PT Bank Central Asia, Tbk
3 PT Bank CIMB Niaga, Tbk
4 PT Bank Danamon Indonesia, Tbk
5 PT Bank HSBC Indonesia, Tbk
6 PT Bank Mandiri (Persero), Tbk
7 PT Bank Mega, Tbk
8 PT Bank Mizuho Indonesia
9 PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk
10 PT Bank OCBC NISP, Tbk
11 PT Bank Permata, Tbk
12 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk
13 PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk
14 PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906, Tbk
15 PT BPD DKI
16 PT BPD Jawa Barat dan Banten, Tbk
17 PT PAN Indonesia Bank, Tbk
18 Standard Chartered Bank

​Data​ Harian​

Tanggal  : 23 February 2024

Fixing pukul 08.00 WIB

Compounded IndONIA IndONIA Index
30 Hari (%) 90 Hari (%) 180 Hari (%) 360 Hari (%)
5.91987 5.90750 5.85885 5.85948 1.249807540

Tanggal  : 23 February 2024

Fixing pukul 19.30 WIB

IndONIA(%)
5.79474

Fixing pukul 11.00 WIB

JIBOR
1 Minggu (%) 1 Bulan (%) 3 Bulan (%) 6 Bulan (%) 12 Bulan (%)
Avg 6.25000 6.63643 6.93167 7.05119 7.18833
Max 6.25000 6.65000 6.95000 7.06667 7.20000
Min 6.25000 6.60000 6.88333 7.05000 7.15000

Kuotasi Individu Offer Rate

No Nama Bank 1 Minggu (%) 1 Bulan (%) 3 Bulan (%) 6 Bulan (%) 12 Bulan (%)
1 B.P.D. DKI JAKARTA 6.25000 6.63000 6.93000 7.05000 7.19000
2 B.P.D. JAWA BARAT BANTEN 6.25000 6.60000 6.90000 7.05000 7.20000
3 BANK BTPN, Tbk 6.30000 6.60000 6.85000 7.05000 7.15000
4 BANK CENTRAL ASIA Tbk 6.25000 6.65000 6.90000 7.05000 7.20000
5 BANK CIMB NIAGA, Tbk 6.25000 6.60000 6.90000 7.05000 7.15000
6 BANK DANAMON INDONESIA 6.25000 6.65000 6.95000 7.05000 7.20000
7 BANK HSBC INDONESIA 6.25000 6.65000 6.95000 7.05000 7.20000
8 BANK MANDIRI 6.25000 6.65000 6.95000 7.05000 7.20000
9 BANK MEGA, Tbk 6.25000 6.65000 6.95000 7.10000 7.20000
10 BANK MIZUHO INDONESIA 6.25000 6.65000 6.95000 7.05000 7.20000
11 BANK NEGARA INDONESIA 1946 6.25000 6.60000 6.95000 7.10000 7.20000
12 BANK OCBC NISP Tbk 6.25000 6.65000 6.95000 7.05000 7.15000
13 BANK PANIN INDONESIA 6.25000 6.60000 6.80000 7.00000 7.10000
14 BANK PERMATA Tbk 6.25000 6.65000 6.95000 7.05000 7.20000
15 BANK RAKYAT INDONESIA 6.25000 6.65000 6.95000 7.05000 7.20000
16 BANK TABUNGAN NEGARA 6.25000 6.65000 6.95000 7.05000 7.20000
17 BANK WOORI SAUDARA INDONESIA 1906, Tbk 6.24000 6.63000 6.93000 7.05000 7.18000
18 STANDARD CHARTERED BANK 6.33333 6.65000 6.88333 7.06667 7.16667

Kuotasi Individu Bid Rate

No Nama Bank 1 Minggu (%) 1 Bulan (%) 3 Bulan (%) 6 Bulan (%) 12 Bulan (%)
1 B.P.D. DKI JAKARTA 6.15000 6.43000 6.73000 6.85000 6.99000
2 B.P.D. JAWA BARAT BANTEN 6.15000 6.40000 6.70000 6.85000 7.00000
3 BANK BTPN, Tbk 6.20000 6.40000 6.65000 6.85000 6.95000
4 BANK CENTRAL ASIA Tbk 6.15000 6.45000 6.70000 6.85000 7.00000
5 BANK CIMB NIAGA, Tbk 6.15000 6.40000 6.70000 6.85000 6.95000
6 BANK DANAMON INDONESIA 6.15000 6.45000 6.75000 6.85000 7.00000
7 BANK HSBC INDONESIA 6.15000 6.45000 6.75000 6.85000 7.00000
8 BANK MANDIRI 6.15000 6.45000 6.75000 6.85000 7.00000
9 BANK MEGA, Tbk 6.15000 6.45000 6.75000 6.90000 7.00000
10 BANK MIZUHO INDONESIA 6.15000 6.55000 6.75000 6.85000 7.00000
11 BANK NEGARA INDONESIA 1946 6.15000 6.40000 6.75000 6.90000 7.00000
12 BANK OCBC NISP Tbk 6.15000 6.45000 6.75000 6.85000 6.95000
13 BANK PANIN INDONESIA 6.15000 6.40000 6.60000 6.80000 6.90000
14 BANK PERMATA Tbk 6.15000 6.45000 6.75000 6.85000 7.00000
15 BANK RAKYAT INDONESIA 6.15000 6.45000 6.75000 6.85000 7.00000
16 BANK TABUNGAN NEGARA 6.15000 6.45000 6.75000 6.85000 7.00000
17 BANK WOORI SAUDARA INDONESIA 1906, Tbk 6.14000 6.43000 6.73000 6.85000 6.98000
18 STANDARD CHARTERED BANK 6.23333 6.45000 6.68333 6.86667 6.96667
​ ​

Baca Juga