Organisasi

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur

RICKY PERDANA GOZALI

Direktur – Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Timur

Ricky Perdana Gozali lahir di Jakarta pada tahun 1970. Menyelesaikan pendidikan  Sarjana di Bidang Manajemen – Universitas Pancasila pada tahun 1992.  Mendapatkan gelar Master di Bidang Manajemen dari Universitas Indonesia pada tahun 2011.

 

Ricky mengawali karir di Bank Indonesia pada tahun 1995. Ricky saat ini menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur sejak tahun 2022. Ricky pernah menjabat sebagai Kepala Grup Departemen Internasional (2021-2022).

Peta

Kontak

​Jl. Gajah Mada No. 1
​Samarinda, ​75122
Telp: (0541) 732644
Fax: (0541) 741022

​Kalimantan Timur (disingkat Kaltim) adalah salah satu provinsi di Pulau Kalimantan. Luas total Kaltim adalah 127.346,92km² dan populasi sebesar 3.721.389 jiwa (2019). Provinsi Kaltim memiliki kepadatan penduduk terendah keempat di Indonesia. Ibu kota provinsi kaltim adalah kota Samarinda. Letak Kaltim berada di di 113°44 Bujur Timur dan 119°00 Bujur Timur, antara 2°33 Lintang Utara, 2°25 Lintang Selatan. 

Di Bagian utara Kaltim berbatasan dengan Kalimantan Utara (Kaltara) di Bagian Timur berbatasan dengan Selat Makassar dan Laut Sulawesi, di bagian selatan berbatasan dengan Kalimantan Selatan (Kalsel), dan di bagian barat berbatasan dengan Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Tengah (Kalteng), dan negara Malaysia. 

Terdapat 7 Kabupaten dan 3 Kota di Kaltim, yaitu Kabupaten Berau, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Mahakam Ulu, Kabupaten Paser, Kabupaten Panajam Paser Utara, Kota Balikpapan, Kota Bontang, dan Kota Samarinda.

​Penggerak utama ekonomi provinsi Kaltim bersumber dari lapangan usaha pertambangan, industri pengolahan, konstruksi , dan pertanian. Dominasi pertambangan, khususnya batubara cukup besar yaitu sebesar 45,4% (tahun 2019). Hasil tambang tersebut sebagian besar diekspor ke negara mitra di Asia (terutama Tiongkok dan India). Industri pengolahan memiliki kontribusi terbesar kedua setelah pertambangan. Industri pengolahan terbesar kaltim bergerak di bidang pengolahan minyak dan gas, diikuti dengan kelapa sawit.

​Destinasi wisata utama di Kaltim adalah Kepulauan Derawan yang terletak di Kabupaten Berau. Terdapat 4 Pulau Utama di Kep. Derawan, yaitu: pulau Derawan, pulau Maratua, pulau Kakaban, dan pulau Sangalaki. Sebagian besar aktivitas wisata di Kepulauan Derawan adalah snorkeling dan diving. Keunggulan Kepulauan Derawan adalah memiliki biodiversitas laut yang sangat tinggi, dengan beberapa biota laut yang menarik seperti Hiu Paus dan Manta Ray. Bahkan hanya satu-satunya di dunia dimana terdapat 4 jenis stingless jellyfish (ubur-ubur tidak menyengat) sekaligus. Mencapai kepulauan derawan dapat ditempuh melalui beberapa cara. Akes melalui kombinasi udara dan laut dapat dilakukan dengan penerbangan menuju kota Tarakan (provinsi Kalimantan Utara) atau menuju bandara kalimarau di kabupaten Berau dan dilanjutkan naik speedboat. Alternatif lain melalui udara saja dapat ditempuh dengan menggunakan direct flight dari bandara APT Pranoto di kota Samarinda ke bandara di Pulau Maratua, meskipun dengan frekuensi penerbangan yang lebih sedikit. Di samping wisata bahari, Kaltim juga memiliki beragam wisata alam dan budaya. Salah satu yang terkenal adalah destinasi wisata di Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara. Salah satu unggulan wisata di Kab. Tenggarong adalah memiliki berbagai peninggalan kerajaan tertua di Indonesia, yaitu Kerajaan Kutai.

​Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (KPw BI Prov. Kaltim), didirikan pada tahun 1964 di Jl. Awang Long yang sekarang telah menjadi kantor POM (Polisi Militer). Baru pada tahun 1973, KPw BI Prov. Kaltim pindah ke gedung baru di Jl.  Gajah Mada No.1 Samarinda.
Wilayah kerja KPw BI Provinsi Kaltim meliputi 2 (dua) kota, yaitu Samarinda dan Bontang serta 5 (lima) kabupaten, yaitu Berau, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat dan Mahakam Ulu. Adapun 3 (tiga) kota/kabupaten lainnya merupakan wilayah KPw BI Balikpapan, yaitu Kota Balikpapan, Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara. ​

Baca Juga