Laporan Perekonomian Provinsi

BI Icon

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur​

3/8/2023 12:00 AM
Hits: 1074

Laporan Perekonomian Provinsi Kalimantan Timur Februari 2023

Kalimantan Timur
Triwulan


I. Perkembangan Ekonomi Makro Daerah

Kinerja ekonomi Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada triwulan IV 2022 melanjutkan tren perbaikan dan meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya. Dari sisi lapangan usaha (LU), peningkatan kinerja ekonomi Kaltim bersumber dari peningkatan kinerja pada hampir seluruh LU utama. Pada sisi pengeluaran, ekspor dan investasi menjadi dua komponen dengan andil terbesar dan berkontribusi terhadap PDRB Kaltim triwulan IV 2022.

II. Keuangan Pemerintah Daerah

Kinerja keuangan pemerintah daerah Provinsi Kaltim pada triwulan IV 2022 menunjukkan adanya peningkatan baik realisasi pendapatan maupun belanja pemerintah. Sejalan dengan provinsi, realisasi pendapatan dan belanja APBD pada tingkat Kabupaten/Kota di Kaltim pada triwulan IV 2022 mengalami peningkatan dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Sementara itu, realisasi belanja APBN di wilayah Kaltim pada triwulan IV 2022 juga mengalami peningkatan dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.​

III. Perkembangan Inflasi Daerah

Realisasi inflasi Gabungan 2 (dua) Kota di Kalimantan Timur (Kaltim) yaitu Kota Samarinda dan Kota Balikpapan pada triwulan IV 2022 tercatat sebesar 5,35% (yoy), lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 5,69% (yoy). Perlambatan inflasi pada triwulan IV 2022 didorong oleh pelemahan tekanan inflasi pada tiga kelompok barang penyumbang utama inflasi gabungan 2 kota di Kaltim sebagai imbas dari termoderasinya dampak kenaikan harga BBM.  Berdasarkan kota Pembentuk IHK di Kaltim, Kota Samarinda dan Kota Balikpapan mencatatkan inflasi yang lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya.

IV. Pembiayaan Daerah serta Pengembangan Akses Keuangan dan UMKM

Kinerja penyaluran kredit di Kaltim pada triwulan IV 2022 tetap terjaga didukung tingkat Non-Performing Loan (NPL) yang rendah. Di sisi lain, penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) di Kaltim meningkat yang bersumber dari pertumbuhan giro dan tabungan. Sementara itu, penyaluran pembiayaan atau akses keuangan UMKM periode triwulan IV 2022 turut terjaga, diikuti risiko kredit yang mengalami perbaikan.

V. Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah

Kinerja tahunan transaksi nontunai Provinsi Kalimantan Timur triwulan IV 2022 terus menunjukkan tren pertumbuhan. Di sisi lain, transaksi nontunai melalui Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) dan Uang Elektronik di Kalimantan Timur mengalami pertumbuhan pada triwulan IV 2022.  Penggunaan QRIS terus meningkat sepanjang tahun 2022, sejalan dengan penambahan merchant QRIS. Aliran uang kartal di Provinsi Kalimantan Timur pada triwulan IV 2022 menunjukkan posisi net outflow, sama seperti dengan triwulan sebelumnya. 

VI. Ketenagakerjaan dan Kesejahteraan

Kondisi ketenagakerjaan Kaltim mengalami perbaikan dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Perbaikan tersebut ditandai dengan penurunan TPT yang didorong oleh tren perbaikan pada kinerja hampir seluruh lapangan usaha. Membaiknya kondisi ketenagakerjaan diikuti dengan perbaikan kesejahteraan secara umum yang tercermin dari penurunan derajat ketimpangan pendapatan masyarakat.

VII. Prospek Perekonomian Daerah

Perekonomian Kaltim tahun 2023 diprakirakan kembali menguat, sejalan dengan peningkatan kinerja ekonomi domestik di tengah perlambatan ekonomi global. Dari sisi pengeluaran, peningkatan kinerja ekonomi didorong oleh pertumbuhan positif pada seluruh komponen pembentuk utamanya ekspor dan PMTB. Inflasi Kaltim pada tahun 2023 diprakirakan berada pada rentang target 3±1% (yoy), sejalan dengan target inflasi nasional di tengah tekanan inflasi global. ​



Lampiran
Kontak
​Contact Center BICARA: (62 21) 131, e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB
Informasi Kantor Perwakilan BI ​Provinsi Kalimantan Timur​​
Halaman ini terakhir diperbarui 3/8/2023 7:54 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?

Baca Juga