Laporan Perekonomian Provinsi

BI Icon

​​KPw BI Provinsi Aceh​

3/13/2024 12:00 AM
Hits: 420

Laporan Perekonomian Provinsi Aceh Februari 2024

Aceh
Triwulan

​Perkembangan Ekonomi Daerah
Pada triwulan IV 2023, ekonomi Aceh tumbuh sebesar 4,15% (yoy), lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 3,78% (yoy). Pada sisi permintaan, peningkatan didorong oleh perbaikan kinerja net ekspor antar daerah serta peningkatan kinerja konsumsi rumah tangga dan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB). Sementara pada sisi lapangan usaha, peningkatan ditopang oleh peningkatan Lapangan Usaha Pertanian, Lapangan Usaha Perdagangan, serta Lapangan Usaha Transportasi dan Pergudangan. Untuk keseluruhan tahun 2023, ekonomi Aceh tumbuh sebesar 4,23% (yoy) stabil dibandingkan pertumbuhan tahun 2022 sebesar 4,21% (yoy). Penyelenggaraan kegiatan Pekan Kebudayan Aceh (PKA), pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN), dan stabilnya inflasi menjadi penopang pertumbuhan ekonomi pada tahun laporan.​

Perkembangan Keuangan Daerah
Kinerja ekonomi Aceh tetap kuat ditopang oleh Konsumsi Pemerintah, meskipun lebih rendah pada periode laporan. Realisasi agregat Belanja Pemerintah (APBN + APBA) pada triwulan IV 2023 mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Secara nominal, total belanja mencapai Rp84,26 triliun atau setara dengan 95,95% dari pagu agregat belanja tahun 2023.

Perkembangan Inflasi Daerah
Pada triwulan IV 2023, laju Inflasi Gabungan 3 Kota IHK di Provinsi Aceh mengalami penurunan dibandingkan dengan periode sebelumnya, hal ini utamanya didukung oleh penurunan harga komoditas volatile food. Penurunan inflasi tersebut tetap didukung oleh peningkatan konsumsi Rumah Tangga pada triwulan tersebut. Hal ini menunjukkan daya beli masyarakat di Provinsi Aceh tetap kuat di tengah penurunan inflasi pada triwulan IV 2023.

Pengembangan Akses Keuangan UMKM
Stabilitas Sistem Keuangan Provinsi Aceh pada triwulan IV 2023 tetap terjaga. Hal ini tercermin dari peningkatan pembiayaan berdasarkan lokasi bank. Peningkatan pembiayaan ini selanjutnya diikuti dengan peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK) berdasarkan lokasi bank yang tumbuh sebesar 5,78% (yoy). Perbaikan pembiayaan juga didukung oleh penurunan Non Performing Financing berdasarkan lokasi bank sebesar 1,57%. Kemudian untuk pembiayaan UMKM, berdasarkan lokasi bank, rasio pembiayaannya adalah sebesar 28,21%.

Penyelenggaraan Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah
Selama triwulan IV 2023, perkembangan sistem pembayaran secara konsisten berjalan lancar dalam menopang pemulihan perekonomian Provinsi Aceh. Sistem pembayaran tunai berjalan sesuai dengan pola historisnya, dimana terjadi net outflow pada triwulan laporan. Pertumbuhan sistem pembayaran non tunai nilai besar mengalami penurunan. Di sisi lain, penggunaan kartu debit, uang elektronik, dan QRIS terus menunjukkan tren pertumbuhan positif pada triwulan laporan.

Ketenagakerjaan dan Kesejahteraan
Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) periode berjalan mengalami penurunan dibandingkan periode sebelumnya. Hal ini sejalan dengan tingkat kemiskinan yang menunjukkan penurunan persentase. Namun demikian, dibandingkan dengan seluruh provinsi di Sumatera, TPT Aceh justru masih berada di urutan kedua, sedangkan kemiskinan masih berada pada peringkat pertama.

Prospek Perekonomian
Kinerja perekonomian Aceh pada tahun 2024 diprakirakan tumbuh 3,92%-4,72% (yoy) atau berpotensi lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya (4,23%, yoy). Membaiknya pertumbuhan ekonomi tersebut dipengaruhi oleh peningkatan kinerja konsumsi rumah tangga dan konsumsi pemerintah di tengah penyelenggaraan Pemilu 2024 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024. Laju inflasi tahun 2024 diprakirakan berada kisaran batas atas sasaran inflasi nasional sebesar 2,5±1%, sejalan dengan prospek peningkatan inflasi volatile food di tengah penyelenggaraan Pemilu 2024 dan PON Aceh- Sumatera Utara 2024.

​​

Lampiran
Kontak
Contact Center BICARA: (62 21) 131, e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB
Informasi Kantor Perwakilan BI Provinsi Aceh
​​
Halaman ini terakhir diperbarui 3/13/2024 1:02 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?

Baca Juga