Laporan Perekonomian Provinsi

BI Icon

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh

3/11/2022 12:00 AM
Hits: 710

Laporan Perekonomian Provinsi Aceh Februari 2022

Aceh
Triwulan


Perkembangan Ekonomi Daerah

Pada triwulan IV 2021 ekonomi Aceh tumbuh sebesar 7,39% (yoy), meningkat cukup tinggi dibanding triwulan sebelumnya yang tumbuh 3,01% (yoy). Pada sisi permintaan, peningkatan pertumbuhan didorong oleh konsumsi pemerintah, konsumsi rumah tangga dan ekspor luar negeri. Sementara, pada sisi Lapangan Usaha (LU), perbaikan ekonomi utamanya disumbangkan oleh LU Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan serta Konstruksi.

Perkembangan Keuangan Daerah

Kinerja keuangan daerah pada triwulan IV 2021 secara umum mengalami perlambatan, utamanya didorong oleh penurunan realisasi anggaran APBD. Di sisi lain, realisasi pendapatan serta belanja APBN mengalami peningkatan baik secara nominal maupun persentase. Seluruh komponen belanja pemerintah tidak mengalami peningkatan pada tahun 2021 apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020.

Perkembangan Inflasi Daerah

Pada triwulan IV 2021 inflasi Aceh mengalami peningkatan utamanya disebabkan oleh kelompok transportasi serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau. Lebih lanjut pada triwulan I 2022, laju inflasi Aceh diperkirakan akan lebih tinggi dibandingkan dengan periode sebelumnya. Hal tersebut utamanya disebabkan oleh meningkatnya permintaan dalam menyambut hari raya Ramadan serta tren meningkatnya harga emas dunia sejalan dengan ketidakpastian global akibat covid-19 varian omicron.

Stabilitas Keuangan Daerah dan Pengembangan Akses Keuangan UMKM

Stabilitas Sistem Keuangan Provinsi Aceh pada triwulan IV 2021 tetap terjaga. Meskipun dana pihak ketiga dan penyaluran pembiayaan masih mengalami kontraksi, namun pertumbuhan pembiayaan berdasarkan lokasi proyek mulai tumbuh dan tercatat lebih baik dibandingkan triwulan sebelumnya. Selain itu, terdapat penurunan kualitas pembiayaan yang tergambar dari peningkatan NPF, namun masih berada pada level yang relatif terjaga.

Penyelenggaraan Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah

Selama triwulan IV 2021, perkembangan sistem pembayaran konsisten berjalan lancar dalam menopang pemulihan perekonomian Provinsi Aceh. Sistem pembayaran tunai berjalan sesuai dengan pola historisnya dimana net outflow pada triwulan IV lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan III. Kemudian, sistem pembayaran nontunai baik nilai besar ataupun ritel mengalami perlambatan secara tahunan yang mengindikasikan konsumsi masyarakat masih tertahan ditengah pandemi COVID-19 yang masih melanda. Di sisi lain, penggunaan uang elektronik chip based maupun server based terus mengalami peningkatan pada triwulan laporan. Terkait dengan Bansos Non Tunai, Pemerintah menambah intensitas penyaluran Program Sembako pada Desember 2021 sebagai respons untuk melindungi masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

Ketenagakerjaan dan Kesejahteraan

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) periode berjalan mengalami penurunan dibandingkan periode sebelumnya. Sedangkan aspek kemiskinan menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Jika dibandingkan dengan seluruh provinsi di Sumatera, TPT Aceh berada pada urutan keempat sedangkan kemiskinan berada pada peringkat pertama.

Prospek Perekonomian

Kinerja perekonomian Aceh pada tahun 2022 diperkirakan tumbuh 3,42%-4,22%(yoy) atau lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya (2,79%, yoy). Kondisi tersebut utamanya diperkirakan oleh perbaikan konsumsi rumah tangga dan investasi. Laju inflasi tahun 2022 diperkirakan lebih tinggi dibanding dari sasaran inflasi nasional dan lebih tinggi dibanding tahun 2021 yang tercatat sebesar 2,25% (yoy), dengan perkiraan peningkatan inflasi didorong oleh komponen volatile food dan administered prices.​


Lampiran
Kontak
​Contact Center BICARA: (62 21) 131, e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB
Informasi Kantor Perwakilan BI Provinsi ​Daerah Istimewa Aceh
Halaman ini terakhir diperbarui 3/11/2022 10:59 AM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?

Baca Juga