Laporan Perekonomian Provinsi

BI Icon

BI, BPS, SKPD Terkait​

9/7/2022 7:00 PM
Hits: 1453

LAPORAN PEREKONOMIAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA AGUSTUS 2022

Kalimantan Utara
Triwulan

EKONOMI MAKRO REGIONAL

Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Utara (Kaltara) triwulan II 2022 melanjutkan tren positif dan mengalami peningkatan dibandingkan dengan triwulan I 2022 sejalan dengan peningkatan perekonomian domestik serta wilayah Kalimantan secara keseluruhan. Dari sisi permintaan, pertumbuhan didorong oleh meningkatnya kinerja lapangan usaha (LU) pertambangan, pertanian dan industri pengolahan meski LU konstruksi kembali mengalami kontraksi yang lebih dalam dibandingkan triwulan sebelumnya. Dari sisi pengeluaran, peningkatan dipicu oleh tingginya pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan ekspor di tengah PMTB yang mengalami kontraksi pada triwulan laporan.

 

KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH

Pada triwulan II 2022, realisasi Pendapatan dan Belanja di wilayah Kaltara secara agregat mengalami perlambatan menjadi sebesar 37,89% dan 28,79% TA 2022 dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 sebesar 46,40% dan 30,50%. Kondisi ini terutama disebabkan oleh penurunan realisasi pendapatan Pemerintah Kabupaten/Kota di Kaltara yang secara aggregat mengalami penurunan dari 42,74% menjadi 39,65%. Realisasi belanja Pemerintah Kabupaten/Kota secara agregat juga mengalami penurunan menjadi 28,28% dibandingkan realisasi pada triwulan yang sama tahun sebelumnya sebesar 31,07%. Hal yang sama terjadi pada realisasi belanja APBN oleh Kementerian/Lembaga di Kaltara yang menurun menjadi sebesar 34,68% dari 36,98% pada periode sebelumnya. Di sisi lain, Realisasi Pendapatan Pemerintah Provinsi Kaltara secara persentase mengalami peningkatan menjadi sebesar 51,02% dari sebelumnya 46,40% terutama berasal dari realisasi PAD dan pendapatan transfer. Sejalan dengan itu, realisasi belanja APBD juga mengalami peningkatan menjadi sebesar 29,97% dari sebelumnya 26,08% pada triwulan II 2021 didorong oleh realisasi komponen Belanja Operasional.

 

PERKEMBANGAN INFLASI

Inflasi Kaltara pada triwulan II 2022 tercatat lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya sejalan dengan meningkatnya harga komoditas global yang terdampak oleh Perang Rusia-Ukraina. Tekanan inflasi juga dipicu oleh meningkatnya permintaan masyarakat sejalan dengan peningkatan mobilitas dan aktivitas ekonomi masyarakat setelah pelonggaran kebijakan PPKM oleh pemerintah yang bertepatan dengan momen bulan Ramadhan dan HBKN Idul Fitri 1443 H pada April-Mei 2022. Terganggunya pasokan komoditas pangan khususnya kelompok hortikultura akibat faktor cuaca juga memberikan andil terhadap tekanan inflasi.k

 

STABILITAS SISTEM KEUANGAN DAERAH

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi triwulan II 2022 yang lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya, intermediasi perbankan di Kaltara juga mengalami peningkatan terutama didukung oleh pertumbuhan penyaluran kredit yang lebih tinggi dibanding periode sebelumnya. Sumber utama pertumbuhan kredit berasal dari kredit korporasi ditengah kredit konsumsi dan umkm yang lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya.  Pertumbuhan DPK juga cukup tinggi dibandingkan pertumbuhan DPK nasional maupun regional Kalimantan.

 

PENYELENGGARAAN SISTEM PEMBAYARAN DAN PENGELOLAAN UANG RUPIAH

Pada triwulan II 2022, transaksi sistem pembayaran non tunai melalui Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan BI Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) di Kalimantan Utara mengalami perbaikan sejalan dengan perbaikan PDRB khususnya kinerja Konsumsi Rumah Tangga. Aliran uang kartal di Kaltara mencatatkan net outflow mengikuti pola historis pasca HBKN Ramadhan dan Idul Fitri tahun sebelumnya. Penggunaan QRIS di wilayah Kaltara konsisten peningkatan, baik dari segi jumlah pengguna maupun segi merchant.

 

KETENAGAKERJAAN DAN KESEJAHTERAAN

Kondisi Ketenagakerjaan Kalimantan Utara menunjukkan peningkatan sebagaimana tercermin dari meningkatnya ketersediaan lapangan kerja dari berbagai LU serta peningkatan pada Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja dari Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia. Indikator Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) menunjukan tren penurunan selama 4 (empat) semester terakhir setelah sebelumnya sempat meningkat di awal periode pandemi. Data ketenagakerjaan bulan Februari 2022 dari BPS Provinsi Kaltara menunjukkan bahwa TPT mengalami penurunan dari 4.67% menjadi 4,62%. Selain itu, tingkat kemiskinan di Kalimantan Utara pada September 2021 mengalami penurunan setelah sebelumnya sempat meningkat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Hal ini mengindikasikan adanya perbaikan ekonomi setelah sempat tertekan akibat pandemi COVID-19. Kondisi tersebut juga didukung oleh kenaikan Nilai Tukar Petani (NTP) di wilayah Kaltara sebesar 1,11% (yoy) pada Juni 2022 dibandingkan posisi Juni 2021 didorong oleh meningkatnya permintaan produk turunan hasil tanaman holtikultura yang merupakan bahan baku makanan olahan. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kaltara kembali mengalami peningkatan sebesar 0,79% (yoy) dari periode sebelumnya setelah pada periode sebelumnya mengalami penurunan sebesar 0,73% (yoy).

 

PROSPEK PEREKONOMIAN

Perekonomian Kaltara pada tahun 2022 diperkirakan masih akan melanjutkan tren pertumbuhan positif ditopang oleh akselerasi kinerja pada mayoritas lapangan usaha. Perbaikan kinerja tersebut sejalan dengan perbaikan ekonomi global dan domestik. Dari sisi pengeluaran, konsumsi pemerintah, RT dan ekspor diperkirakan akan menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi Kaltara. Inflasi di Kaltara diperkirakan akan lebih tinggi dibandingkan tahun 2021 terutama didorong oleh kelompok volatile foods dan transportasi meski inflasi inti relatif terjaga. Meningkatnya tekanan inflasi sejalan dengan meningkatnya permintaan domestik dan terdampak oleh transmisi harga global ke domestik di tengah ekspektasi inflasi yang meningkat dan nilai tukar yang terdepresiasi namun tetap terjaga.



Lampiran
Kontak
Contact Center BICARA: (62 21) 131, e-mail : bicara@bi.go.id
​Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB
Informasi Kantor Perwakilan BI ​​Provinsi Kalimantan Utara
Halaman ini terakhir diperbarui 9/7/2022 8:06 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?

Baca Juga