Tentang Layanan Ini - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
22 Juli 2019

Sekapur Sirih
Gubernur Bank Indonesia

Para pengunjung yang budiman,
Selamat datang di situs INFO UMKM Bank Indonesia,

Dalam rangka mencapai pertumbuhan ekonomi yang stabil dan berkelanjutan, Bank Indonesia telah melakukan berbagai upaya dari sisi moneter dan perbankan agar tercapai kondisi ekonomi makro yang stabil dan kondusif. Namun demikian, upaya tersebut kiranya perlu dibarengi pula dengan upaya pemberdayaan sektor riil, khususnya melalui pengembangan Usaha Mikro, kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini mengingat UMKM merupakan salah satu pemain penting bagi perekonomian nasional.

Sementara itu, pengembangan UMKM masih berhadapan dengan salah satu kendala dalam mengakses pembiayaan dari perbankan yaitu keterbatasan informasi perbankan mengenai UMKM yang potensial atau mengenai kelayakan usahanya. Dalam rangka meningkatkan penyaluran kredit UMKM, bank misalnya tidak selalu dapat memperoleh informasi keuangan yang memadai dari UMKM yang belum pernah berhubungan dengan bank mengingat keterbatasan atau ketiadaan catatan keuangan UMKM tersebut. Hal ini antara lain juga disebabkan oleh keunikan dari UMKM, yang umumnya tidak memiliki informasi yang terorganisir mengenai kondisi keuangan, pangsa pasar, dinamika kompetisi dan jejak rekam manajemen.

Di sisi lain, UMKM memiliki keterbatasan informasi mengenai produk dan jasa bank yang sesuai dengan kebutuhan keuangan mereka. Selain itu, juga terdapat kebutuhan informasi mengenai prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi dalam upaya mengakses layanan perbankan tersebut.

Untuk mengatasi kesenjangan informasi dimaksud, kiranya diperlukan media informasi dalam rangka menunjang pemberian kredit UMKM oleh perbankan, serta dalam upaya memperluas akses UMKM kepada perbankan. Bank Indonesia berupaya menciptakan media informasi tersebut berupa website INFO UMKM yang saat ini ada di hadapan bapak dan ibu sekalian. Beragam informasi mengenai komoditi UMKM, dan juga informasi mengenai produk dan jasa perbankan terdapat dalam website INFO UMKM, antara lain mengenai komoditi UMKM yang potensial di suatu daerah, pola pembiayaan komoditi unggulan, pola pengembangan klaster UMKM, skim kredit program Pemerintah, konsultasi usaha dari sisi finansial, kisah sukses pembiayaan, profil UMKM yang layak dibiayai oleh Bank, dan lain-lain.

Besar harapan kami website INFO UMKM Bank Indonesia dapat membantu masyarakat, perbankan dan stakeholder UMKM lainnya untuk memperoleh informasi yang handal dan terpercaya untuk kemajuan UMKM.

Selamat berselancar !
Gubernur Bank Indonesia

Tanggal Pengkinian : Agustus 2013

Show Left Panel