Tentang BI Institute


Foto: Grandlaunching BI Institute: 24 Agustus 2016

SEJARAH

Fakta bahwa perubahan dunia saat ini sampai pada era industri 4.0 yang berbasis IT, internet dan digital telah menjadi tantangan bagi bank sentral untuk mengikuti kecepatan perubahan tersebut termasuk Bank Indonesia. Untuk itu Bank Indonesia harus memahami apa yang terjadi dilingkungannya, terlebih lagi adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan merubah hampir semua aspek kehidupan menjadi new normal termasuk aspek kelembagaan yang terkait riset dan pengembangan kepemimpinan. ​​​

Untuk menjawab tantangan di atas, pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dalam kepemimpinan ekonomi nasional menjadi jawaban yang tepat. Pengelolaan SDM harus mampu membentuk manusia yang profesional, kompetitif, berwawasan ekonomi, dan memiliki karakter kepemimpinan yang kuat, berkualitas, capable, melek teknologi dan mind set yang agile terhadap transformasi ke arah yang lebih baik serta memiliki akhlak mulia agar mampu menghadapi tantangan ke depan.

​Sejalan dengan Visi Indonesia Maju 2045, Bank Indonesia mereformulasi Visi Bank Indonesia 2020-2025 untuk “Menjadi Bank Sentral Digital Terdepan yang Berkontribusi Nyata terhadap Perekonomian Nasional dan Terbaik di antara Negara Emerging Markets untuk Indonesia Maju”. Untuk mencapai visi tersebut, dilakukan penguatan misi BI salah satunya “mewujudkan bank sentral berbasis digital dalam kebijakan dan kelembagaan melalui penguatan organisasi, sumber daya manusia, tata kelola dan sistem informasi yang handal, serta peran internasional yang proaktif”. Guna mencapai visi Bank Indonesia tersebut, dilakukan dengan transformasi kebijakan, transformasi digital, transformasi organisasi, dan transformasi SDM.

Secara garis besar, Transformasi Digital akan berfokus untuk membawa BI menjadi yang terdepan dalam digitalisasi bank sentral, melalui optimalisasi Big Data, Artificial Intelligence (AI), machine learning, dan internet of things didukung platform teknologi BI Omni Experience yang andal dan aman. Transformasi Kebijakan akan dilaksanakan dengan memperkuat bauran kebijakan BI, baik dalam kerangka pemikiran, rumusan kebijakan, riset, serta lebih utama dalam digitalisasi kebijakan. Sementara Transformasi Organisasi/Kelembagaan terus diperkuat untuk menjadi yang terdepan dalam organisasi yang dinamis, digitalisasi proses kerja dan tata kelola yang prima. Terakhir, Transformasi SDM dan Budaya Kerja diarahkan untuk memperkuat SDM BI yang inovatif, profesional, kompeten, dan berakhlak mulia.​

 ​
Dewan-Kehormatan-BI-Institute-2018.png
Dewan Kehormatan BI Institute 2018​

Rapat-Dewan-Kehormatan-Agustus-2020.png
Rapat Dewan Kehormatan Agustus 2020​

Visi dan Misi

Visi: Menjadi lembaga pembelajaran, studi, dan riset terkemuka tingkat dunia yang memberikan kontribusi strategis bagi terwujudnya SDM yang berkualitas dan berintegritas, makmur, sejahtera, dan berkeadilan.

Misi: Menghadirkan lingkungan pembelajaran, studi, dan riset yang kondusif bagi penciptaan SDM yang andal di bidang ekonomi dan keuangan melalui pengelolaan fakulti terbaik, menjalin kemitraan strategis yang bermanfaat dan didukung dengan prasarana yang unggul.​

visi-misi.jpg 


 

​​​​Roadmap Bank Indonesia Institute​

roadmap_bins.png 

 

4 Pilar Utama BI



PILAR 1: LEARNING
Merupakan pilar yang terkait program pembelajaran dalam rangka penguatan kompetensi teknis kebanksentralan (moneter-market, stabilitas sistem keuangan, sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah) dan ekonomi digital, serta kompetensi perilaku manajerial dan kepemimpinan, baik untuk stakeholder internal dan eksternal dalam rangka mendukung pencapaian Visi dan Misi Bank Indonesia.

PILAR 2: RESEARCH
Pilar riset yang dilakukan BI Institute merupakan riset-riset strategis frontier mengenai isu-isu terkini dan berbagai isu strategis dibidang makroekonomi-moneter, stabilitas sistem keuangan, pasar keuangan, sistem pembayaran, serta leadership yang mendukung kurikulum dan program pembelajaran.  Riset-riset BI Institute dilakukan untuk mendukung perumusan kebijakan Bank Indonesia dan nasional. Memasuki era digital saat ini, riset-riset juga dilakukan untuk menavigasi ekonomi digital.

PILAR 3: STRATEGIC PARTNERSHIP
BI Institute membangun kerjasama dengan lembaga terkemuka baik di dalam maupun luar negeri untuk mendukung program pembelajaran dan penelitian yang berkualitas. Hal ini untuk mendukung program pembelajaran yang berkualitas dan meningkatkan eksposur SDM Bank Indonesia dan Indonesia di tataran global.

PILAR 4: PUBLIC EXPOSURE
Berbagai langkah strategis dilakukan untuk memperkenalkan dan melibatkan publik pada kegiatan BI Institute melalui penyediaan informasi menggunakan media website dan publikasi secara luas dan menyelenggarakan program yang inklusif bagi publik.​

Learning

Research

Strategic Partnership

​​ ​​​

Public Exposure​​

Struktur Organisasi

organisasi.png​​

Baca Juga