Apa yang baru di Website BI 2020

Start;Home;bukan default.aspx

Apa yang baru di BI Website 2020


Website dan aplikasi mobile Bank Indonesia kini hadir dengan tampilan baru yang lebih menarik dan mudah untuk digunakan dalam mencari informasi. Sebagai media utama publikasi informasi, kebijakan, dan cerita Bank Indonesia website dan aplikasi mobile Bank Indonesia kini telah dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Hal ini sejalan dengan komitmen Bank Indonesia untuk mengelola dan menjaga keterbukaan informasi publik dan memastikan akses yang mudah oleh seluruh kalangan masyarakat.

Terdiri dari tujuh menu utama, kini penyajian informasi seputar tugas dan wewenang Bank Indonesia pada website Bank Indonesia telah terstruktur dengan baik sehingga dapat dijelajahi dengan lebih nyaman melalui menu berikut:

  1. TENTANG BI: Berisi informasi seputar profil organisasi, sejarah, dan transformasi Bank Indonesia.
  2. FUNGSI UTAMA: Berisi informasi seputar bidang tugas Bank Indonesia dalam mencapai dan memelihara stabilitas nilai rupiah.
  3. RUPIAH: Berisi informasi seputar pengelolaan uang rupiah sebagai mata uang tunggal Republik Indonesia.
  4. PUBLIKASI: Berisi laporan, kajian, rilis, dan artikel ringan seputar tugas dan kegiatan Bank Indonesia.
  5. STATISTIK: Berisi indikator historis yang mencerminkan kondisi perekonomian Indonesia.
  6. LAYANAN: Berisi informasi seputar permohonan informasi, pengaduan konsumen, perizinan, kunjungan dan layanan lainnya.
  7. INFORMASI PUBLIK: Berisi ketentuan keterbukaan informasi publik yang terus dikelola dan dijaga oleh Bank Indonesia sebagai lembaga publik.

Selain ketujuh menu utama, terdapat pula menu Edukasi yang berisikan berbagai materi mengenai bank sentral yang dapat dipelajari untuk mengenal Bank Indonesia lebih dekat lagi. Hal ini tentunya merupakan bentuk penguatan peran website Bank Indonesia dalam rangka mendorong tumbuhnya literasi publik terhadap kebanksentralan.

Pencarian informasi serta beragam publikasi dan statistik di website Bank Indonesia kini juga semakin mudah. Dilengkapi dengan kotak pencarian, informasi yang dibutuhkan dapat ditampilkan dengan mengurutkan dan menyaring hasil berdasarkan kategori informasi. Pengunduhan data historis perekonomian Indonesia kini juga dapat diakses dengan lebih nyaman.

Selain itu, website Bank Indonesia kali ini telah menyediakan portal layanan informasi mandiri yang terhubung langsung dengan agen BICARA 131 untuk melakukan permohonan informasi maupun pengaduan konsumen. Melalui portal ini, status proses permohonan informasi maupun pengaduan konsumen dapat dipantau dengan mudah.

Seluruh kenyamanan pencarian informasi yang ada di website, kini juga dapat diakses melalui aplikasi mobile Bank Indonesia. Dengan tampilan yang lebih ringan, akses informasi seputar Bank Indonesia tentunya menjadi lebih mudah. Selain itu, fitur e-magazine untuk membaca majalah BICARA yang berisikan konten ringan menarik dan informatif juga tersedia pada aplikasi mobile Bank Indonesia.


Baca Juga