Buku Intan Martapura - Pusat Informasi Pariwisata Kalimantan Selatan dan Penggosokan Intan (PIPPI) - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
01 Oktober 2020
RINGKASAN EKSEKUTIF
 
Kalimantan Selatan dikenal sebagai suatu daerah yang mempunyai banyak objek wisata mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, minat khusus, kuliner, olah raga dan belanja. Tetapi, wisata yang paling dikenal secara luas, bahkan dianggap sebagai ikon Kalimantan Selatan antara lain seperti wisata penggosokan intan di Martapura, pasar terapung (Lokbaintan, Muara Kuin dan Siring Banjarmasin) dan belanja kain sasirangan yang merupakan citra daerah dimana bila belum belanja atau berkunjung pada ketiga daerah tersebut dianggap belum sampai di Kalimantan Selatan. Selain itu, masih banyak lagi objek-objek wisata yang dimiliki oleh Kalimantan Selatan yang sangat bagus untuk dikunjungi dan dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah setempat maupun oleh pihak-pihak terkait lainnya sebagai suatu daya tarik atau ikon daerah yang tersebar di Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan.
 
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah II (Kalimantan) yang menaruh perhatian terhadap pengembangan UMKM terpanggil untuk turut memfasilitasi dalam rangka memajukan dan melestarikan budaya wisata di Kalimantan Selatan dan didukung oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan serta Pemerintah Kabupaten Banjar telah meresmikan Pusat Informasi Pariwisata Kalsel dan Penggosokan Intan (PIPPI) pada tanggal 3 April 2014 oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia – Bpk. Hendar di Martapura yang sebelumnya bernama Proyek Pengembangan Penggosokan Intan (P3I). Informasi mengenai objek wisata Kalimantan Selatan, termasuk dari berbagai kegiatan KPwBI Wilayah II (Kalimantan) mengenai fasilitasi dan pengembangan klaster yang dilakukan di berbagai daerah dalam rangka pengembangan UMKM serta sejarah panjang mengenai penggosokan intan dan bangunan PIPPI itu sendiri terekam dalam buku publikasi ini.
 
Untuk pengembangan PIPPI kedepannya diperlukan keberpihakan dari berbagai kalangan, baik pemerintah daerah maupun asosiasi pengusaha, Kadin, Dekranasda, perbankan dan pihak-pihak yang menaruh perhatian terhadap pengembangan UMKM. PIPPI sendiri telah memiliki fasilitas pelatihan penggosokan intan beserta display peralatan pengasahan dan hasil produksinya serta informasi-informasi pariwisata dan penggosokan intan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Pemerintah Kabupaten Banjar.
 
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel