Kerjasama Pengembangan UMKM - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
16 November 2019

Kerjasama Bank Indonesia dalam rangka Pengembangan UMKM di Indonesia


Dalam rangka pengembangan UMKM, BI melakukan kerjasama dengan beberapa kementerian dan pihak lainnya yang dituangkan dalam bentuk Kesepakatan Bersama (Nota Kesepahaman). Melalui kerjasama dimaksud diharapkan dapat diperoleh sinergi antara BI dengan kementerian/pihak lainnya dalam rangka pengembangan UMKM. Kerjasama dimaksud mencakup berbagai bidang antara lain penelitian, peningkatan kapasitas (pelatihan) dan juga pertukaran informasi.

Beberapa Nota Kesepahaman Bank Indonesia dengan instansi terkait adalah :

  1. Kesepakatan Bersama antara Kementerian Koperasi & UKM Republik Indonesia dan Bank Indonesia tentang Pengembangan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (File PDF)
  2. Nota Kesepahaman antara Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Pertanian Republik Indonesia tentang Kerjasama Pengembangan Usaha di Sektor Pertanian (File PDF)
  3. Nota Kesepahaman antara Bank Indonesia dan PT. Jatropha Green Energy tentang kerjasama Pengembangan Klaster Komoditas Jarak Pagar (File PDF)
  4. Kesepakatan Bersama antara Bank Indonesia dan Gabungan Kelompok Tani Mekarmukti dan PT. Mitratani Agro Unggul tentang Kerjasama Pengembangan Klaster Cabai (File PDF)
  5. Kesepakatan Bersama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Bank Indonesia tentang Percepatan Pembangunan Sektor Kelautan dan Perikanan sebagai Salah Satu Sektor Unggulan dalam Perekonomian Indonesia (File PDF)
  6. Kesepakatan Bersama antara Departemen Kelautan dan Perikanan dan Bank Indonesia tentang Pengembangan Konsultan Keuangan/Pendamping Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Mitra Bank Sektor Kelautan dan Perikanan (File PDF)
Show Left Panel