Klaster Sentra UMKM - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
22 November 2019

Tiga bentuk program Bank Indonesia dalam rangka pemberdayaan UMKM yakni laporan penelitian klaster/sentra UMKM, profil perusahaan yang ada pada beberapa klaster/sentra UMKM, serta survey Profil UMKM yang layak dibiayai oleh perbankan

Pengembangan Klaster UMKM

Pendekatan klaster merupakan upaya untuk mengelompokkan industri inti yang saling berhubungan, baik industri pendukung dan terkait, jasa penunjang, infrastruktur ekonomi, penelitian, pelatihan, pendidikan, infrastruktur informasi, teknologi, sumber daya alam, serta lembaga terkait, diharapkan perusahaan atau industri terkait akan memperoleh manfaat sinergi dan efisiensi yang tinggi dibandingkan jika bekerja sendiri.

Profil Sentra UMKM

Kumpulan data para pengusaha UMKM yang berlokasi pada 6 klaster/sentra UMKM yakni klaster belimbing di Depok, klaster bordir di Padang, klaster ikan lele di Bogor, klaster jaket kulit di Bandung, klaster meubel di Klender, dan klaster rotan di Palangkaraya.

Profil UMKM Layak Dibiayai

Untuk mengakselerasi pembiayaan perbankan kepada sektor riil dan UMKM, Bank Indonesia melakukan survey profil UMKM yang tidak sedang mendapatkan pembiayaan perbankan, namun membutuhkan kredit/pembiayaan dalam rangka pengembangan usahanya. Cakupan survey yang dilakukan antara lain data pokok pengusaha, kegiatan usaha, pemasaran, data supplier, data pelanggan, data pesaing dan aspek keuangan.

Profil UMKM Produk Ekspor

Dalam rangka mendorong peningkatan kinerja ekspor dan peningkatan cadangan devisa, salah satu upaya yang dilakukan Bank Indonesia adalah dengan menyediakan informasi data profil UMKM yang memproduksi barang/jasa untuk diekspor. Dengan tersedianya data profil UMKM produk Ekspor, diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pelaku bisnis dalam pengembangan pasar ekspor serta perbankan dalam rangka peningkatan pemberian kredit ekspor.


Show Left Panel