Organisasi

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur

BUDI HANOTO

Direktur Eksekutif – Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur

Budi Hanoto Lahir di Pekalongan padaTahun 1966. Menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Manajemen Universitas Jenderal Soedirman pada tahun 1989. Mendapatkan gelar Master di bidang Business Administration dari Swinburne Univ. of Technology pada tahun 1997.

Mengawali karir di Bank Indonesia pada tahun 1991. Budi Hanoto  Pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Provinsi D.I Yogyakarta (2017 – 2019), Pada tahun 2019 menjabat sebagai Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen, Pada tahun 2020 menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulawesi Selatan dan saat ini menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur.

Peta

Kontak

​Jl. Pahlawan No. 105
Surabaya, 60174
Telp: (031)3520011
Fax: (031) 3520025

​Gambaran Umum: Provinsi Jawa Timur terletak di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia. Ibu kotanya terletak di Surabaya. Luas wilayahnya 47.922km² dan jumlah penduduknya 39.698.631 jiwa (per 2019). Jawa Timur memiliki wilayah terluas di antara 6 provinsi di Pulau Jawa, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat. Provinsi ini didiami oleh kelompok etnis yang beragam, seperti suku Jawa, suku Madura, dan orang Tionghoa-Indonesia. Sebagian besar masyarakat di Jawa Timur menganut agama Islam, sekitar 96% dari total populasi. Agama lain seperti Kristen, yang sebagian besar dianut oleh orang Tionghoa-Indonesia dan imigran dari Indonesia Timur dan Sumatra Utara, dan juga agama Hindu yang kebanyakan dianut oleh suku Tengger di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan suku Bali yang mendiami bagian paling timur provinsi yang berbatasan dengan Bali. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi provinsi dan juga seluruh bangsa, tetapi bahasa Jawa dan bahasa Madura adalah bahasa yang paling sering digunakan. Bahasa Indonesia hanya digunakan untuk komunikasi antar-etnis dan keperluan resmi.

Letak Geografis: Panjang bentangan barat-timur sekitar 400km, lebar bentangan utara-selatan di bagian barat sekitar 200km, namun di bagian timur lebih sempit hingga sekitar 60km. Madura adalah pulau terbesar di Jawa Timur, dipisahkan dengan daratan Jawa oleh Selat Madura. Pulau Bawean berada sekitar 150 km sebelah utara Jawa. Di sebelah timur Madura terdapat gugusan pulau-pulau, yang paling timur adalah Kepulauan Kangean, dan yang paling utara adalah Kepulauan Masalembu. Di bagian selatan terdapat dua pulau kecil yakni Nusa Barung, dan Pulau Sempu

Batas Wilayah: Jawa Timur berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Provinsi Jawa Tengah di barat. Wilayah Jawa Timur juga meliputi Pulau Madura, Pulau Bawean, Pulau Kangean serta sejumlah pulau-pulau kecil di Laut Jawa (Kepulauan Masalembu), dan Samudera Hindia (Pulau Sempu, dan Nusa Barung).

Jumlah Kota/ Kabupaten: 38 Kota/ Kabupaten di Jawa Timur
Dikenal sebagai hub (pintu gerbang) ekonomi ke wilayah timur Indonesia dan merupakan provinsi dengan share PDRB terbesar kedua terhadap nasional, Jawa Timur memiliki berbagai keunggulan dan potensi ekonomi.

Industri pengolahan merupakan sektor utama penyangga perekonomian Jawa Timur dengan 3 sub sektor utamanya yaitu makanan dan minuman, pengolahan tembakau serta kimia, farmasi, dan obat tradisional. Produk industri pengolahan juga mendominasi pangsa ekspor Jawa Timur dengan komoditas ekspor utamanya adalah emas perhiasan, tembaga, bijih besi, minyak sawit dan kertas. Sekitar 50% total ekspor Jawa Timur, ditujukan untuk 5 negara mitra dagang utama yaitu Jepang, USA, RRC, Singapura dan Malaysia. Pengembangan industri di Jawa Timur didukung dengan 8 kawasan industri dan akan terus berkembang dengan total luas penyediaan kawasan industri sebesar 36.851,28ha. 

Dari sektor pertanian dan peternakan, Jawa Timur memiliki kontribusi tinggi terhadap swasembada pangan nasional dengan share PDRB pertanian sebesar ±13% terhadap PDB sektor pertanian nasional. Jawa Timur yang dikenal sebagai lumbung pangan nasional merupakan pusat produksi sejumlah bahan pokok seperti beras yang mennyubsidi 15 provinsi lain di Indonesia, serta penyumbang ±20% daging sapi  serta >50% susu sapi nasional.

UMKM Jawa Timur menyerap lebih dari 13,8 juta tenaga kerja di lebih dari 9 juta unit usaha yang tersebar di berbagai sektor, baik pertanian maupun non pertanian. Komoditas/produk/jenis usaha (KPJU) unggulan di Jawa Timur diantaranya adalah padi, aneka keripik, industri mebel, ikan lele dan batik. 

Ke depan, pertumbuhan ekonomi dan percepatan investasi Jawa Timur akan semakin terakselerasi dengan telah ditandatanganinya Peraturan Presiden No.80 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Gerbangkertasusila dan sekitarnya, Bromo Tengger Semeru (BTS) serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan. 

​Jawa Timur memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik. Salah satu ikon wisata Jawa Timur adalah Gunung Bromo, yang dihuni oleh Suku Tengger, di mana setiap tahun diselenggarakan upacara Kasada. Di kawasan pegunungan Tengger juga terdapat sebuah air terjun yaitu Madakaripura yang merupakan tempat pertapaan terakhir Mahapatih Gajah Mada sebelum mengabdi di Kerajaan Majapahit. Air terjun Madakaripura memiliki ketinggian sekitar 200 meter, yang menjadikan air terjun ini yang tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Jawa Timur juga memiliki beberapa daerah wisata pegunungan lainnya di antaranya adalah daerah pegunungan Malang Raya yang dikenal sebagai kawasan wisata pegunungan alami yang mencakup Malang dan Batu. Daerah pegunungan Tretes dan Trawas, juga dikenal memiliki karakteristik seperti daerah Puncak di provinsi Jawa Barat. Wisata alam lainnya di Jawa Timur adalah Taman Nasional (4 dari 12 Taman Nasional di Jawa), Kebun Raya Purwodadi di Purwodadi, Pasuruan, dan Taman Safari Indonesia II di Prigen.

Jawa Timur juga terdapat peninggalan sejarah pada era klasik. Situs Trowulan di Kabupaten Mojokerto, dulunya merupakan pusat Kerajaan Majapahit, terdapat belasan candi, dan makam raja-raja Majapahit. Candi-candi lainnya menyebar di hampir seluruh wilayah Jawa Timur, di antaranya Candi Penataran di Blitar. Di Madura, Sumenep merupakan pusat kerajaan Madura, di mana terdapat Keraton Sumenep, museum, dan makam raja-raja Madura (Asta Tinggi Sumenep).

Pariwisata Jawa Timur dikenal memiliki panorama pantai yang sangat indah. Di pantai selatan terdapat Pantai Prigi, Pantai Pelang, dan Pantai Pasir Putih di Trenggalek, Pantai Popoh di Tulungagung, Pantai Ngliyep, dan tempat wisata buatan seperti Jawa Timur Park, Batu Secret Zoo, Batu Night Spectacular, Eco Green Park di Batu, serta Pantai Watu Ulo di Jember. Jawa Timur juga memiliki pantai yang ombaknya merupakan salah satu yang terbaik di dunia, yaitu Pantai Plengkung yang terletak di Kabupaten Banyuwangi. Di kawasan pantai utara terdapat Pantai Tanjung Kodok di Kabupaten Lamongan, kini telah dikelola, dan dikembangkan oleh Pemkab Lamongan menjadi kawasan Wisata Bahari Lamongan (WBL). Masyarakat Jawa Timur sering menyebut WBL dengan Jatim Park II yang sebenarnya Jatim Park II itu sendiri berada di Batu. Selain itu ada Pantai Kenjeran di Surabaya, dan Pantai Pasir Putih di Situbondo. Danau di Jawa Timur antara lain Telaga Sarangan di Magetan, Bendungan Ir. Sutami di Kabupaten Malang, dan Bendungan Selorejo di Kabupaten Blitar.

Kawasan Pesisir terdapat sejumlah makam para wali, yang menjadi wisata religi para peziarah bagi umat Islam. Lima dari sembilan walisongo dimakamkan di Jawa Timur: Sunan Ampel di Surabaya, Sunan Giri, dan Sunan Gresik di Gresik, Sunan Drajat di Paciran (Lamongan), dan Sunan Bonang di Tuban. Di kawasan pesisir utara ini juga terdapat gua-gua yang menarik, yaitu: Gua Maharani di Lamongan, dan Gua Akbar di Tuban, serta Gua Gong yang berada di Kabupaten Pacitan yang terkenal sebagai gua terindah di Asia Tenggara. Objek wisata ziarah di Jawa Timur antara lain yaitu makam proklamator yang juga Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno yang terdapat di Kota Blitar, serta makam Presiden Republik Indonesia keempat Abdurrahman Wahid / Gus Dur yang terletak di Kabupaten Jombang.

Kawasan Metropolitan Malang merupakan tujuan wisata terkemuka di Indonesia dengan Kota Wisata Batu sebagai pusatnya. Kawasan wisata Malang mempunyai berbagai keindahan alam mulai dari gunung berapi hingga pantai, serta wisata buatan manusia dari wisata sejarah hingga theme park berkelas internasional dengan didukung transportasi antar provinsi melalui kereta api, bus, dan pesawat terbang yang tersedia di Malang. Batu Secret Zoo selalu menempati peringkat 10 besar pada urutan kebun binatang terbaik di Asia menurut situs traveling terkemuka TripAdvisor.

Kota Surabaya sebagai pintu gerbang dan tujuan utama perdagangan internasional di Pulau Jawa adalah salah satu wilayah penting bagi tonggak perkembangan perekonomian Hindia Belanda. Pesatnya pertumbuhan ekonomi pada masa tersebut tercermin dalam bentuk peningkatan hasil komoditas ekspor. Oleh karena itu, Pemerintah Hindia Belanda merasa perlu untuk membangun sejumlah infrastruktur, termasuk De Javasche Bank di Surabaya. Sejak pertama kali didirikan, De Javasche Bank telah berperan penting sebagai bank sirkulasi yang tujuan utamanya adalah untuk menjaga peredaran dan stabilisasi moneter khususnya di wilayah Surabaya.  

Sejalan dengan sejarah Bank Indonesia, pada masa agresi militer Belanda dan sebagai bagian dari perjuangan mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia, maka De Javasche Bank Surabaya yang saat itu berada di bawah pengelolaan pemerintah Hindia Belanda kemudian diambil oleh pemerintah nasional, yang kemudian diganti nama menjadi Bank Indonesia.

Gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Timur yang saat ini ditempati dan berada di Jalan Pahlawan, Surabaya merupakan gedung baru yang digunakan sejak tahun 1973. KPw BI Provinsi Jawa Timur saat ini menjadi KPw koordinator yang membawahkan fungsi koordinator Asesmen Ekonomi Keuangan Regional dan Advisory Daerah Regional Jawa. KPw BI Provinsi Jawa Timur juga membawahi 3 KPw DN Kabupaten/Kota lain, antara lain KPw DN Malang, KPw DN Kediri dan KPw DN Jember. Adapun pembagian wilayah kerja KPw DN di Jawa Timur adalah sebagai berikut : 

Wilker KPw BI Prov. Jatim : Kota Mojokerto, Kota Surabaya,  Kab. Sidoarjo,  Kab. Mojokerto,  Kab. Jombang,  Kab. Bojonegoro,  Kab. Tuban, Kab. Lamongan, Kab. Gresik, Kab. Bangkalan, Kab. Sampang, Kab. Pamekasan, Kab. Sumenep
Wilker KPw BI Malang : Kota Malang, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kab. Malang,  Kab. Probolinggo,  Kab. Pasuruan dan Kota Batu
Wilker KPw BI Kediri :  Kab. Kediri, Kota Kediri, Kota Blitar,  Kab. Blitar,  Kab. Madiun, Kota Madiun,  Kab. Magetan,  Kab. Nganjuk dan Kab. Ngawi
Wilker KPw BI Jember :  Kab. Lumajang,  Kab. Jember, Kab. Banyuwangi,  Kab. Bondowoso,  Kab.Situbondo

Baca Juga