Organisasi

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur

Agus Sistyo Widjajati

Deputi Direktur – Kepala Perwakilan BI Provinsi Nusa Tenggara Timur



Peta

Kontak

Jl. El Tari No.39, Oebobo, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur

Telp: (0380) 832047
Fax: (0380) 822103

Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah provinsi yang beribukota di Kota Kupang dan secara geografis terletak antara 8°-12°Lintang Selatan dan 118° – 125°Bujur Timur, dan luas daerah seluruhnya adalah 47.931,54 km2 km2. Batas wilayah NTT di sebelah utara adalah Laut Flores, di sebeah timur adalah Timor Leste, sebelah selatan adalah Samudera Hindia, dan sebelah barat adalah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Secara administratif Provinsi NTT terdiri dari 21 (dua puluh satu) Pemerintah Kabupaten dan 1 (satu) Pemerintah Kota, beserta perangkat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Pemerintah Kabupaten dan Kota membawahi Pemerintah Kecamatan dan Desa / Kelurahan. Pemerintahan Kabupaten / Kota tersebut sebagai berikut :

  1. Kab. Kupang ( Ibukota Oelamasi)
  2. Kab. Timor Tengah Utara ( Ibukota Kefamenanu)
  3. Kab. Timor Tengah Selatan ( Ibukota So’e)
  4. Kab. Belu ( Ibukota Atambua)
  5. Kab. Malaka ( Ibukota Betun)
  6. Kab. Rote Ndao ( Ibukota Ba’a)
  7. Kab. Sabu Raijua ( Ibukota Seba)
  8. Kab. Sumba Timur ( Ibukota Waingapu)
  9. Kab. Sumba Tengah ( Ibukota Waibakul)
  10. Kab. Sumba Barat ( Ibukota Waikabubak)
  11. Kab. Sumba Barat Daya (Ibukota Tambolaka)
  12. Kab. Manggarai Barat ( Ibukota Labuan Bajo)
  13. Kab. Manggarai ( Ibukota Ruteng)
  14. Kab. Manggarai Timur (Ibukota Borong)
  15. Kab. Ngada ( Ibukota Bajawa)
  16. Kab. Nagekeo( Ibukota Nagekeo)
  17. Kab. Ende (Ibukota Ende)
  18. Kab. Sikka (Ibukota Maumere)
  19. Kab. Flores Timur (Ibukota Larantuka)
  20. Kabupaten Lembata (Ibukota Lembata)
  21. Kab. Alor (Ibukota Kalabahi)
  22. Kota Kupang (Ibukota Kota Kupang)
Provinsi Nusa Tenggara Timur terdiri dari 21 kabupaten, 1 kotamadya, 309 kecamatan, 327 kelurahan, dan 3.026 desa dengan jumlah penduduk 5,3 juta jiwa. (2012)
Hampir sepertiga dari ekonomi Provinsi NTT berasal dari sektor pertanian, kehutanan dan perikanan. Bila dilihat dari volume produksi, komoditas unggulan Provinsi NTT adalah rumput laut, jagung, beras, pisang, sawi putih, cabai, kelapa, ikan laut, dan kacang mete. Meskipun begitu, pertumbuhan sektor pertanian, kehutanan dan perikanan Provinsi NTT cenderung lebih rendah dibandingkan pertumbuhan ekonomi Provinsi NTT secara keseluruhan. Hal yang terutama berdampak negatif terhadap pertumbuhan sektor ini adalah kondisi iklim yang kering dan sering kesulitan air bersih.

Sektor/lapangan usaha lain yang juga memiliki pangsa besar terhadap ekonomi Provinsi NTT adalah administrasi pemerintahan, perdagangan besar dan eceran, serta konstruksi.

Kota Kupang merupakan pusat ekonomi Provinsi NTT, dengan pangsa hampir 1/4 dari ekonomi Provinsi NTT secara keseluruhan. Kota Kupang juga merupakan satu-satunya wilayah kabupaten/kota di Provinsi NTT yang perekonomiannya tidak didominasi oleh sektor pertanian, kehutanan dan perikanan.
Kedepannya, pemerintah daerah Provinsi NTT memiliki tujuan menjadikan sektor pariwisata menjadi penggerak utama ekonomi Provinsi NTT. Visi ini terbentuk terutama sejak Labuan Bajo ditetapkan menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) super prioritas oleh pemerintah pusat.
Labuan Bajo yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat merupakan daya tarik wisata utama di Provinsi NTT, terutama sejak ditetapkannya Labuan Bajo sebagai Kawasan Strategis Parwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas. 

Labuan Bajo terkenal dengan Taman Nasional (TN) Komodo, yang terbagi atas tiga daerah utama: Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Komodo (Varanus komodoensis) merupakan binatang reptil kadal paling besar di dunia dan hanya ditemukan di kawasan TN Komodo. Taun 1991, TN Komodo ditetapkan sebagai UNESCO World Heritage Site.

Selain itu, pemerintah juga terus membangun Labuan Bajo sebagai kawasan pariwisata premium, dengan konsep Waterfront City bertaraf internasional. 

Berbagai wisata yang dapat dinikmati di Labuan Bajo antara lain:
- Diving: terdapat beberapa diving spots yang terkenal bahkan sampai taraf internasional, seperti Batu Bolong, Castle Rock, Crystal Rock, Manta Point, Pulau Tatawa, Siaba Kecil. dll.
- Live on Board, di mana para wisatawan dapat berlayar dan menginap di atas kapal pinisi selama beberapa hari sambil mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar TN Komodo dan Labuan Bajo.
- Kawasan Goa Batu Cermin dan Puncak Waringin.
- Wisata kuliner di Kampung Ujung yang terkenal atas seafood yang segar dan beragam.
Dalam upaya diversifikasi kawasan pariwisata, Pemerintah Provinsi NTT tengah mengembangkan kawasan-kawasan wisata lain yang tersebar di Provinsi NTT selain Labuan Bajo dengan konsep "Pariwisata Estate in the Ring of Beauty". Kawasan wisata yang tengah dikembangkan adalah Danau Tiga Warna Kelimutu, Lamalera, Mulut Seribu, Fatumnasi, dll. 
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur
Jl. Eltari no. 39
Kota Kupang 85111
(0380) 832 047

KPw BI NTT diresmikan di tahun 1971 dan terus beroperasi sampai sekarang. Tahun 2016, KPw BI memindahkan kantornya dari Jl. Tompello No.2 menjadi ke kantor baru yang terletak di Jl. Eltari No.39. Kantor KPw BI NTT yang baru diresmikan oleh Agus Martowadjojo, Gubernur Bank Indonesia periode 2013-2018.

KPw BI NTT memiliki 8 kas titipan, paling banyak dibandingkan KPw BI di provinsi lainnya. Kas titipan tersebut berada di kota Waikabubak, Waingapu, Ruteng, Ende, Maumere, Lewoleba, Kalabahi, dan Atambua.​

Baca Juga