Organisasi

Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen

Yunita Resmi Sari

Direktur Eksekutif – Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen

​​Yunita Resmi Sari Lahir di Jakarta pada tahun 1966. Menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor pada tahun 1989. Mendapatkan gelar Master Business Administration di The University Of Melbourne pada tahun 1998.

Mengawali karir di Bank Indonesia pada tahun 1993. Yunita saat menjabat sebagai Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen. Yunita pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Pada Tahun 2020, Yunita juga pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Logistik dan Fasilitas Pada tahun 2020.
​​​​Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)​
​​Unduh LHKPNInformasi Publik Formulir Permohonan Informasi dan Keberatan

Visi

​Menjadi Satuan Kerja yang kompeten dan dipercaya dalam peningkatan akses dan jangkauan UMKM terhadap jasa keuangan serta dalam pengembangan UMKM.

Misi

Meningkatkan akses dan jangkauan UMKM terhadap jasa keuangan melalui pengembangan UMKM, dalam rangka mendukung stabilitas sistem keuangan, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.​

Tugas Pokok

  • Mengarahkan dan menetapkan pengembangan, kebijakan dan peraturan yang mendukung peningkatan akses keuangan dan pengembangan UMKM.
  • Merumuskan strategi dan mengimplementasikan program peningkatan akses keuangan dan pengembangan UMKM berkoordinasi dengan KPwDN.
  • Membangun kerjasama dan koordinasi dengan pihak internal dan eksternal, termasuk pemerintah, dalam peningkatan akses keuangan dan pengembangan UMKM termasuk pemberian informasi terkait UMKM.
  • Mengarahkan analisis/asesmen dan evaluasi perkembangan kredit UMKM perbankan dalam rangka peningkatan akses keuangan UMKM.
  • Mengarahkan pelaksanaan monitoring program oleh KPwDN dan pemberian dukungan kepada pihak eksternal terkait penerapan program pengembangan UMKM Bank Indonesia.
  • Mengarahkan analisis, pengembangan dan penyediaan sistem informasi UMKM, serta pengelolaan informasi UMKM.

Baca Juga