Organisasi

Departemen Pengelolaan Uang

MARLISON HAKIM

Direktur Eksekutif – Kepala Departemen Pengelolaan Uang

Marlison Hakim lahir di Bogor pada tahun 1966. Menyelesaikan pendidikan sarjana di Bidang Manajemen Universitas Indonesia pada tahun 1992. Marlison melanjutkan Pendidikan di Universitas Brawijaya dan mendapatkan gelar Master di Bidang Management pada tahun 2007. 

Mengawali kariernya di Bank Indonesia sejak tahun 1995, saat ini Marlison menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Uang sejak tahun 2020. Sebelumnya, Marlison pernah menjabat sebagai Pj.Kepala Departemen Pengadaan Strategis (2018-2020), Kepala Grup Strategic Sourcing Departemen Pengadaan Strategis    (2016-2018), Kepala Grup Perencanaan Logistik, Direktorat Logistik dan Pengamanan (2015-2016).

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)​
​​Unduh LHKPN


Visi

M​ewujudkan satuan kerja yang handal dalam menjadikan uang Rupiah sebagai alat pembayaran tunai yang berkualitas, dipercaya dan diterima oleh masyarakat​

Misi

Memenuhi kebutuhan uang Rupiah di masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu dan dalam kondisi layak edar​.

Tugas Pokok

  • Melakukan dan mengembangkan arahan dan rencana strategis terkait pengelolaan uang.
  • Melakukan dan mengembangkan penelitian dan strategi terkait isu mengenai pengelolaan uang berdasarkan best practices internasional.
  • Memastikan ketersediaan uang dalam jumlah nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu dan dalam kondisi layak edar.
  • Melakukan dan mengembangkan kebijakan strategis jaringan distribusi uang nasional melalui CCNP (centralized cash network planning) untuk memastikan ketersediaan uang di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Melakukan dan mengembangkan kebijakan strategis dan koordinasi untuk penanggulangan pemalsuan uang, termasuk edukasi dan sosialisasi kepada public, bekerja sama dengan stakeholders, dan memperkuat Bank Indonesia Counterfeit Analysis Center (BI-CAC).
  • Menyusun dan melaksanakan pengaturan, perizinan, dan pemantauan pengelolaan uang.
  • Mengkoordinasikan kebijakan dan pelaksanaan operasional kas kepada stakeholders
  • utama untuk memastikan kelancaran pengelolaan uang.
  • Melaksanakan pemantauan dan memfasilitasi pengembangan kompetensi dan penugasan kasir nasional melalui koordinasi dengan satuan kerja terkait.​


Baca Juga