BI Rebut Tiga Medali CSR - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
11 Agustus 2020

13048041_1803884313177597_3527071356898781924_o.jpgBank Indonesia berhasil meraih tiga penghargaan dalam acara The Global CSR Awards 2016 yang digelar di Bali, Kamis, 21 April 2016. Dua diantaranya merupakan piala emas yang diperoleh dari kategori pendidikan dan pemberdayaan perempuan.

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Arbonas Hutabarat mengungkapkan, BI memiliki program-program untuk tema unggulan yang dijalankan dalam jangka panjang untuk menguatkan branding Program Sosial BI (PSBI). "Dan yang mendapat penghargaan terbaik adalah program-program pada tema unggulan yang dilakukan secara masif oleh Kantor Pusat dan seluruh Kantor Perwakilan," jelas Arbonas Hutabarat. Berikut torehan penghargaan di ajang The 8th Annual Global CSR Summit and Awards 2016 untuk beberapa kategori:

  1. Gold Award - Kategori Excellence In Provision Of Literacy and Education Award, dengan kegiatan PSBI yaitu BI Corner;
  2. Gold Award - Kategori Empowerment of Women, dengan PSBI yaitu pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di Jakarta, Tangerang dan Aceh;
  3. Bronze Award - Kategori Product Excellence, dengan PSBI yaitu pemanfaatan lahan marjinal di Palangkaraya, Ambon dan Pekanbaru.

 

Tujuan utama Bank Indonesia di acara ini adalah menyampaikan program sosial BI di hadapan para peserta undangan The Global CSR Awards 2016. Award yang diraih ini menunjukkan bahwa program-program CSR BI telah memenuhi standar best practice dan pembenahan pengelolaan PSBI selama ini telah sesuai harapan," ungkap Arbonas Hutabarat.  

Ketua Panitia The Global CSR Awards 2016 Melvin Chan tak ketinggalan mengungkapkan rasa salutnya terhadap program-program unggulan Bank Indonesia. "Bank Indonesia memiliki program sosial yang ternyata mampu membuka mata dunia internasional. Kami sebelumnya tidak menyangka bahwa sebuah Bank Sentral memiliki program CSR yang begitu baik. Ini patut dicontoh," ungkapnya.

PSBI

Bank Indonesia, mendapatkan kesempatan untuk memaparkan program Corporate Social Responsibility (CSR) di ajang penghargaan CSR paling bergengsi se-Asia tersebut. Dalam pemaparannya, Arbonas Hutabarat mengatakan, BI dan 45 kantor perwakilan telah menangani pemberdayaan komunitas sejak 10 tahun melalui PSBI.

BI berharap melalui program PSBI, masyarakat Indonesia akan terdorong untuk lebih produktif, memiliki lebih banyak pengetahuan di berbagai bidang, dan dapat memperbaiki taraf hidupnya. Dengan begitu, hidup mereka pun semakin sejahtera dan kestabilan ekonomi secara merata akan tercapai.

Arbonas Hutabarat dalam paparannya mengatakan, bentuk PSBI saling berkaitan satu sama lain. Semua saling mendukung untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Dengan berfokus pada pemberdayaan ekonomi rumah tangga, PSBI mengusung tema pendidikan (Indonesia Cerdas) dan Pemberdayaan Perempuan sebagai tema unggulan. Kedua tema tersebut berhasil meraih Gold Award pada ajang The Global CSR Awards tahun ini.

13041213_1803899983176030_5252523733351854538_o.jpg 

Gold Award di bidang pendidikan diperoleh melalui program BI Corner. Hingga akhir 2015 sudah dibangun 106 BI Corner dan di tahun 2016 akan bertambah 150 BI Corner. Hingga 5 tahun ke depan, 1.000 BI Corner ditargetkan hadir di seluruh level pendidikan untuk menciptakan komunitas berliterasi keuangan yang berkesinambungan.

Sedangkan pada tema Pemberdayaan Perempuan, Gold Award datang dari Program Pemberdayaan Perempuan Pengusaha Mikro di Tanah Abang dan Tangerang dalam bentuk pelatihan dan social investment kepada 3.000 perempuan pengusaha mikro dan 2.000 remaja puteri (youthpreneur), serta pemberdayaan 40 wirausaha perempuan di Aceh. Program ini melatih dan meningkatkan potensi perempuan Indonesia, sekaligus melahirkan generasi entrepreneur.

Bank Indonesia juga banyak memberikan perhatian pada aspek pangan tanah air. Berkat keuletan dan kegigihan, Bank Indonesia Provinsi Riau, Kalimantan Tengah dan Maluku mampu menyulap lahan-lahan marjinal (lahan gambut dan tandus) menjadi lahan produktif untuk ditanami komoditas pangan seperti bawang dan sayuran. Upaya tersebut mempu mencuri perhatian juri dan mengantarkan BI meraih Bronze Award pada kategori Product Excellence.

“Pada hakikatnya, Bank Indonesia berupaya memberi empatinya kepada untuk masyarakat. Dan seperti kita lihat sendiri, hasilnya dihargai banyak pihak, baik dalam hingga luar negeri,” ungkap Iwan Setiawan, Kepala Divisi Pemberdayaan Komunitas Departemen Komunikasi.

Harapannya, sebuah keberhasilan yang didasari oleh dedikasi untuk negeri, akan menjadi pemacu produktivitas dan keeratan kerjasama di internal Bank Indonesia maupun di masyarakat.

 

 

 
 

 

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel