Ikhtisar Sistem Pembayaran Indonesia Edisi 2011 - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
26 November 2020

Tak bisa dipungkiri, teknologi informasi berkembang kian pesat. Kreatifitas berbasis teknologi tidak pernah berhenti meluangkan hasrat untuk mempermudah kehidupan manusia. Internet misalnya, untuk berkomunikasi dengan siapapun dapat dengan mudah dan murah dibanding teknologi telepon di masa lalu. Itu sekelumit dari sekian banyak perkembangan teknologi yang telah mengubah hidup kita.

Teknologi informasi juga menjadi tulang punggung pendukung kegiatan ekonomi. Yang paling terasa adalah dalam kegiatan bayar membayar dimana saat ini bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Dampaknya perputaran ekonomi pun menjadi semakin efisien dan cepat. Transaksi ekonomi tidak hanya difasilitasi dengan uang tunai tapi telah merambah dengan menggunakan instrument non tunai buah dari perkembangan teknologi seperti transfer, kartu kredit, kartu ATM dan terakhir mulai muncul uang elektronik.

Variasi lain adalah di sisi saluran atau cara melakukan pembayaran. Peran teller bank mulai tergantikan oleh mesin seperti Authomatic Teller Machine (ATM). Kegiatan yang biasa dilakukan teller seperti transfer, pindah buku, melihat saldo dan pembayaran gaji dapat dilakukan melalui ATM. Sekarang pun dengan perkembangan teknologi ATM dapat pula berfungsi layaknya merchant (toko) untuk melakukan pembelian tiket, pulsa, atau layanan pembayaran untuk membayar listrik, air dan lain-lain. Dalam perkembangannya saat ini beberapa layanan tersebut juga sudah dapat dilakukan melalui mesin Electronic Data Capture (EDC), yang dulu hanya digunakan untuk alat baca kartu di merchant saja.

Selain ATM dan EDC, saluran pembayaran yang mulai diminati karena fleksibilitasnya adalah internet dan mobile banking. Nasabah bank atau pemegang kartu dapat melakukan trasanksi perbankan, jual beli barang dengan memanfaatkan jaringan internet atau mobile phone yang mereka miliki. Nampaknya untuk masyarakat di kota besar yang sibuk dan sehari-hari tidak lepas dari kemacetan, saluran pembayaran ini menjadi solusi utama bagi mereka.

 

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel