Tentang Minisite Rupiah - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
22 November 2019
mengenal_rupiah.jpg 
 
​​

Siapa yang tidak tahu Rupiah? Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote, semua tahu Rupiah. Namun, sudahkah kita mengenali Rupiah? Mari kita lebih kenali Rupiah.

Minisite ini berisi berbagai materi terkait Rupiah. Hal ini sejalan dengan upaya diseminasi dan edukasi Bank Indonesia kepada publik. Sebagai satu-satunya legal tender di Indonesia, Rupiah harus berdaulat di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Rupiah juga perlu dapat dikenali keasliannya dengan mudah oleh masyarakat sekaligus senantiasa aman dari kejahatan pemalsuan uang.

Sebut saja Kampanye 3D, “Dilihat, Diraba, Diterawang”. Slogan tersebut digunakan untuk mengidentifikasikan ciri keaslian uang Rupiah dengan tujuan supaya masyarakat dapat mencermati keaslian uang Rupiah sehingga terhindar dari pemalsuan uang. Bagaimana tips agar terhindar dari kejahatan pemalsuan uang juga dikupas di sini. Anda masih punya pertanyaan lain berhubungan dengan uang Rupiah? Ada leaflet 3D dan tanya jawab yang bisa diunduh dan disebarkan kepada masyarakat umum. Jangan lupa saksikan iklan layanan masyarakat 3D, sebagai sarana untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya mengetahui keaslian uang Rupiah. Untuk memperkaya informasi mengenai uang Rupiah, simak video edukasi tentang ciri keaslian uang Rupiah serta pencegahan dan penanggulangan pemalsuan uang.

Apakah Anda mengetahui tentang uang kertas bersambung atau koin peringatan? Apakah dimungkinkan masyarakat memilikinya? Semua hal terkait uang khusus tersebut dibahas dalam minisite ini.

Dengan minisite ini, Bank Indonesia juga bermaksud memberikan sumbangsih kepada dunia pendidikan Indonesia. Para guru dapat mengunduh dan menggunakan berbagai materi ajar terkait Rupiah, seperti sejarah uang dan mengenal Rupiah kita, ciri keaslian uang Rupiah, serta merawat uang Rupiah. Minisite ini dilengkapi pula dengan cerita bergambar yang dapat diunduh dan permainan edukatif.

Bagaimanapun Rupiah harus menjadi ‘tuan rumah’ di tanah air. Kedaulatan Rupiah adalah harga mati di Ibu Pertiwi, dan minisite ini didedikasikan sebagai perwujudan cinta kami untuk salah satu simbol kedaulatan negara, Rupiah kita.

Show Left Panel