Tumbuhkan Milenial Cinta Wastra Nasional - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
30 November 2020

KKI_H3_221120.jpg 

Bank Indonesia (BI) mengajak generasi milenial mencintai wastra atau kain nusantara sebagai kebanggaan dan identitas nasional (local pride & identity). Milenial yang mencintai produk dalam negeri menjadi potensi pasar yang besar bagi UMKM Indonesia. Guna meningkatkan nilai tambah wastra atau kain nusantara karya UMKM, BI berkolaborasi dengan desainer nasional agar sesuai dengan selera pasar, khususnya generasi milenial. Kerja sama ini juga diharapkan mampu menjadi sarana promosi kepada para pecinta wastra dan masyarakat luas, sekaligus memasarkan produk UMKM secara internasional melalui peragaan busana yang diikuti oleh para desainer. Demikian disampaikan Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti, dalam Pagelaran Karya Kreatif “Wastra Nusantara Balut Milenial Bergaya”, pada hari ini (22/11), sebagai rangkaian dari Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri III. Digelar secara virtual, Pagelaran Karya Kreatif menampilkan busana karya desainer Didiet Maulana yang mengolah kain Tenun Tanimbar karya UMKM Kelompok Rasalsam binaan BI Provinsi Maluku, dan Ayu Dyah Andari yang mengolah kain Tenun Lurik karya UMKM Tugu Mas binaan BI Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

BI juga bersinergi dengan berbagai Kementerian dan Lembaga melakukan pembinaan UMKM dari sisi produksi, pemasaran, dan peningkatan kapasitas keuangan, serta melakukan kegiatan kurasi bekerjasama dengan kurator internasional. Pagelaran Karya Kreatif Indonesia merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan akses pasar karya kreatif UMKM Binaan BI di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari pengembangan UMKM yang dilakukan secara menyeluruh dari hulu ke hilir.

Mengusung tema “UMKM Sahabat Milenial”, pameran KKI Seri III berlangsung pada 20-22 November 2020 dan merupakan seri terakhir yang menutup seluruh rangkaian kegiatan Pameran KKI di tahun 2020. BI mengajak masyarakat untuk mengunjungi pameran KKI 2020 secara virtual pada website KKI yaitu www.karyakreatifindonesia.co.id melalui fitur platform yang telah dibuka sejak 20 November hingga 22 November 2020. Setelah 22 November 2020, dalam hal masyarakat ingin melihat produk UMKM Binaan BI, BI tetap menyediakan menu e-katalog pada website KKI www.karyakreatifindonesia.co.id.

Jakarta, 22 November 2020
Kepala Departemen Komunikasi
Onny Widjanarko
Direktur Eksekutif

Informasi tentang Bank Indonesia
Tel.021-131, email : bicara@bi.go.id


KKI_H3_221120_2.jpg 
 
 

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel