Sinergi untuk Akselerasi UMKM di Pasar Global - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
21 Agustus 2019
Infoterbaru_130719_KKI.jpg 

Pemerintah, Bank Indonesia, perbankan, perusahaan e-commerce beserta UMKM Binaan dan Mitra BI sepakat untuk mengakselerasi UMKM di pasar global melalui fasilitasi 1) Peningkatan kualitas produk UMKM sesuai dengan negara tujuan ekspor, 2) Kemudahan prosedur ekspor berikut pemahaman regulasi dan prosedur dimaksud serta program pendampingan dan pelatihan, 3) Peningkatan pemahaman tatacara dan prosedur pembiayaan ekspor, dan 4) Pemanfaatan  platform digital untuk memperluas pemasaran. Demikian kesimpulan yang mengemuka dalam Talkshow “UMKM Menembus Pasar Internasional” yang diselenggarakan hari ini (13/07) di Jakarta. Kegiatan talkshow merupakan rangkaian dari Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 dengan pembicara dari Bank Indonesia, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Bank Negara Indonesia (BNI), Perusahaan e-commerce KU Ka dan Bawadi Coffee, UMKM Binaan Kantor Perwakilan BI Provinsi Aceh.

Pengembangan UMKM yang dilakukan oleh BI, dilakukan secara menyeluruh dari hulu ke hilir dengan pendekatan klaster, wirasuaha atau pendekatan Local Economic Development (LED). Untuk lebih fokus dalam mengembangkan UMKM, BI telah menyusun peta jalan UMKM dan membangun database profil UMKM. Peta ini penting untuk menerapkan kebijakan UMKM, berdasarkan klasifikasi UMKM yang telah disusun. Klasifikasi UMKM ini menghasilkan pola yang seragam dalam pengembangan UMKM yang dibagi dalam 4 level, yaitu UMKM Potensial, UMKM Sukses, UMKM Sukses Digital, dan UMKM Sukses Ekspor.

Melalui sinergi Pemerintah, Bank Indonesia, perbankan, perusahaan e-commerce beserta UMKM Binaan dan Mitra BI, UMKM Indonesia dapat menembus pasar global serta mendukung pengelolaan defisit transaksi berjalan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Pameran KKI 2019 berlangsung mulai Jumat, 12 Juli hingga Minggu, 14 Juli 2019, di Hall A, Jakarta Convention Center. Masyarakat dapat mengunjungi pameran dimaksud tanpa dipungut biaya masuk area pameran mulai 09.00 – 21.00 WIB (Sabtu, 13 Juli 2019) dan 09.00 – 20.00 WIB (Minggu, 14 Juli 2019).

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel