BI Luncurkan Buku “Agus Martowardojo : Pembawa Perubahan” - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
13 Desember 2019
020919_Infoterbaru-Buku-2.jpg 

Bank Indonesia meluncurkan Buku sekaligus authorized biography “Agus Martowardojo : Pembawa Perubahan” pada hari ini (2/9) di Jakarta. Buku tersebut adalah Buku Begawanship yang merupakan catatan dan rekaman wawasan, pemikiran, inspirasi serta nilai-nilai kepemimpinan dari para Gubernur dan Anggota Dewan Gubernur yang telah purna tugas di Bank Indonesia.

Dalam sambutannya, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan terdapat 3 (tiga) hal dalam Buku Begawanship “Agus Martowardojo : Pembawa Perubahan”. Pertama, tema yang diusung relevan dengan kiprah Agus Martowardojo sebagai sosok pembawa perubahan pada saat memimpin berbagai lembaga di Indonesia, termasuk di Bank Indonesia (BI) khususnya dalam melakukan institutional transformation. Kedua, memaparkan reformasi yang dilakukan Agus Martowardojo secara end to end pada berbagai aspek, termasuk dari aspek kebijakan. Hal ini antara lain ditunjukkan oleh peran Agus Martowardojo dalam pembentukan Undang-undang (UU) Mata Uang, dan UU Otoritas Jasa Keuangan, termasuk dalam proses pengalihan fungsi pengawasan BI ke OJK. Ketiga, materi yang dituturkan secara komprehensif, bukan hanya dari aspek pengalaman pekerjaan, namun juga biografi individu Agus Martowardojo serta harapan Agus Martowardojo terhadap Indonesia di masa yang akan datang.

Secara umum Buku “Agus Martowardojo : Pembawa Perubahan” berkisah tentang perjalanan karir Agus Martowardojo selama lebih dari tiga dekade, sejak mengabdi di sektor privat hingga menjadi birokrat. Buku ini memaparkan pengalaman Agus Martowardojo selama berkarir di industri perbankan termasuk tantangan dan prestasi dalam mengelola berbagai bank yang dipimpinnya. Karya di perbankan dimulai dengan karir di Bank Niaga yang sejak awal telah menunjukkan dedikasi dan performa yang diatas rata-rata, membangun Bank Mandiri yang merupakan merger dari empat bank pemerintah, memimpin merger 5 bank swasta menjadi Bank Permata dan memimpin transformasi Bank Mandiri. Selanjutnya saat menjabat sebagai Menteri Keuangan, Agus Martowardojo mengimplementasikan berbagai kebijakan strategis dalam mengelola keuangan negara, serta meneruskan transformasi birokrasi di Kementerian Keuangan. Yang tak kalah berharganya adalah pengalaman selama memimpin Bank Indonesia dengan empat elemen kunci, yakni reorganisasi, tata kelola, manajemen SDM, dan efisiensi operasional. Nilai-nilai integritas, profesionalisme dan excellence yang menyertai tiga puluh tahun perjalanan karir Agus Martowardojo diharapkan dapat menjadi teladan dan inspirasi dalam pengembangan jiwa kepemimpinan insan Indonesia guna membangun sumber daya manusia unggul, untuk Indonesia maju.

Dalam kesempatan peluncuran, diselenggarakan juga kegiatan bedah buku terkait yang menghadirkan narasumber Gubernur Bank Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Keuangan, Ketua Dewan Komisioner OJK, dan Direktur Utama Bank Mandiri. Buku “Agus Martowardojo : Pembawa Perubahan” telah terdaftar pada International Standard Book Number (ISBN) dan akan dipublikasikan kepada masyarakat umum secara luas.

020919_Infoterbaru-Buku-1.jpg 

 

 

 
 

 

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel