Berita Terkini (Siaran Pers)

BI Icon
Departemen Komunikasi​
5/10/2023 3:40 PM
Hits: 2969

Buku Kajian Stabilitas Keuangan (KSK) No.40: Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia Tahun 2022 Tetap Terjaga

Siaran Pers
 


No.25/124/DKom ​​

Stabilitas sistem keuangan pada tahun 2022 tetap terjaga dengan intermediasi yang terus meningkat, ketahanan sistem keuangan tetap terjaga, serta ekonomi dan keuangan inklusif dan berkelanjutan yang semakin kuat. Konsistensi, Inovasi, dan Sinergi kebijakan merupakan tiga kata kunci bagi Bank Indonesia dalam mengimplementasikan bauran kebijakan yang terkalibrasi, terencana, dan dikomunikasikan dengan baik (well calibrated, well planned, well communicated). Bank Indonesia optimis bahwa SSK ke depan akan tetap terjaga, meskipun risiko ketidakpastian global yang masih cukup tinggi perlu tetap diwaspadai. Optimisme ini didukung implementasi kebijakan makroprudensial yang akomodatif sebagai bagian dari bauran kebijakan Bank Indonesia, serta penguatan sinergi dengan KSSK dan otoritas terkait, pelaku usaha di sektor keuangan, dunia usaha, dan seluruh pihak baik di lingkup nasional maupun global. Demikian intisari buku Kajian Stabilitas Keuangan (KSK) No. 40 bertema Konsistensi, Inovasi, dan Sinergi Kebijakan Memperkuat Stabilitas Sistem Keuangan Menuju Indonesia Maju, yang diluncurkan oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo pada 10 Mei 2023 di Jakarta.

Gubernur Bank Indonesia menyampaikan 3 (tiga) aspek penting dari buku KSK No.40. Pertama, stabilitas sistem keuangan Indonesia pada tahun 2022 hingga Maret 2023 menunjukkan ketahanan yang kuat dan mampu menyediakan kredit dan pembiayaan bagi pemulihan ekonomi nasional. Ketahanan juga tetap terjaga ditopang oleh permodalan yang kuat, likuiditas yang memadai, dan risiko kredit yang terkendali. Kedua, Bank Indonesia secara konsisten menempuh kebijakan makroprudensial longgar untuk terus mendorong kredit dan pembiayaan bank-bank bagi dunia usaha dan hal ini kami tingkatkan melalui pemberian insentif likuiditas kepada bank-bank yang berkontribusi tinggi termasuk UMKM, inklusif dan hijau. Ketiga, ke depan stabilitas sistem keuangan Indonesia diprakirakan tetap terjaga dengan terus memperkuat sinergi dan koordinasi baik dengan KSSK, otoritas terkait, sektor keuangan, maupun dunia usaha.
 

Peluncuran KSK No.40 dilanjutkan dengan Seminar “Konsistensi, Inovasi, dan Sinergi Kebijakan Memperkuat Stabilitas Sistem Keuangan Menuju Indonesia Maju" yang dibuka oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung. Dalam sambutannya, Deputi Gubernur Juda menyampaikan berlanjutnya fragmentasi ekonomi, perdagangan, dan investasi, di tengah pengetatan kebijakan moneter yang agresif di negara maju menyebabkan perekonomian dunia dilanda resflasi dan menimbulkan komplikasi pada stabilitas sistem keuangan. Juda menekankan kita patut bersyukur stabilitas sistem keuangan Indonesia tetap terjaga dan mampu menopang pertumbuhan ekonomi. Hal ini tidak terlepas dari konsistensi, inovasi, dan sinergi Bank Indonesia di berbagai kebijakan makroprudensial yang dapat mendorong sektor-sektor untuk mendukung pemulihan ekonomi, mendorong inklusi keuangan baik UMKM maupun segmen masyarakat yang berpenghasilan rendah secara berkelanjutan.
 

Sebagai wujud nyata sinergi yang kuat antara Bank Indonesia dan seluruh stakeholders, dalam merumuskan dan mengimplementasikan inovasi kebijakan, hadir sebagai narasumber seminar Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia, Yati Kurniati; Rektor Perbanas Institute, Hermanto Siregar; dan Chief Economist BCA, David Sumual. Seminar ini dihadiri pula oleh kalangan akademisi, perwakilan perbankan, dunia usaha dan asosiasi.
 

Buku KSK No.40 dapat diunduh dalam format digital melalui website Bank Indonesia. KSK merupakan publikasi utama Bank Indonesia di bidang stabilitas sistem keuangan (SSK) setiap semester yang menyajikan hasil asesmen makrofinansial sistem keuangan dalam periode laporan, asesmen stabilitas sistem keuangan Indonesia, respons kebijakan Bank Indonesia, proyeksi kondisi sistem keuangan dan arah kebijakan. Selain memberikan informasi perkembangan dan isu-isu penting di sektor keuangan, KSK diharapkan menjadi referensi dalam proses pengambilan keputusan, sehingga otoritas, industri keuangan, dunia usaha, serta publik umum bersama-sama mewujudkan stabilitas sistem keuangan Indonesia. Dari sisi transparansi dan tata kelola Bank Indonesia, penerbitan buku KSK merupakan bagian dari upaya Bank Indonesia untuk memenuhi amanat Pasal 58 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK).

 

Jakarta, 10 Mei 2023

Kepala Departemen Komunikasi

Erwin Haryono

Direktur Eksekutif

Informasi tentang Bank Indonesia

Tel.021-131, email : bicara@bi.go.id


sp_2512423_2.jpeg



Lampiran



Kontak

Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB

Halaman ini terakhir diperbarui 5/10/2023 5:07 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga