Tentang BI
Informasi seputar organisasi, transformasi dan sejarah Bank Indonesia sebagai bank sentral Republik Indonesia.
Fungsi Utama
Informasi terkait fungsi utama yang menjadi kewenangan pengelolaan Bank Indonesia demi mencapai dan memelihara stabilitas nilai Rupiah.
Rupiah
Informasi seputar Rupiah sebagai mata uang Republik Indonesia yang dikelola oleh Bank Indonesia sesuai dengan Undang Undang.
Publikasi
Produk publikasi Bank Indonesia meliputi peraturan, laporan, dan kajian, serta kalender kegiatan Bank Indonesia.
Statistik
Produk statistik yang meliputi indikator historikal seluruh sektor yang menjadi kewenangan pengelolaan Bank Indonesia.
Layanan
Berbagai layanan yang disediakan oleh Bank Indonesia mencakup permohonan informasi, pengaduan, perizinan dsb.
Informasi Publik
Informasi publik Bank Indonesia dalam rangka memenuhi Undang-Undang KIP Tahun 2008.
Departemen Komunikasi
Pernah dengar penipuan online yang sedang marak? Atau justru Anda salah satu korbannya?
Di era digital yang semakin maju ini, pelindungan konsumen dalam transaksi elektronik memang sangat penting. Semua aspek kehidupan kita kini telah berubah menjadi serba digital, termasuk cara kita dalam bertransaksi. Kemudahan ini membuat banyak orang lebih memilih menggunakan internet banking atau mobile banking daripada harus pergi ke bank.
Melalui aplikasi di smartphone, kita dapat dengan mudah memeriksa saldo, mentransfer uang, membayar tagihan, dan mengatur keuangan kita sehari-hari. Begitu juga dengan metode pembayaran, sekarang kita sudah familiar dan tidak asing lagi menggunakan layanan perbankan seperti kartu kredit, kartu ATM, dan uang elektronik, atau juga menggunakan aplikasi mobile banking dan QRIS.
Alasan pentingnya pelindungan konsumen di era saat ini
Berikut beberapa alasan penting adanya aturan dalam pelindungan konsumen di era digital:
Tujuan pelindungan konsumen adalah untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan, dan kemandirian konsumen dalam melindungi diri mereka sendiri. Selain itu, juga untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab bagi pelaku usaha dalam menjalankan bisnis mereka.
Agar dapat bertransaksi dengan aman, simak tips-tips berikut ini:
Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB
Baca Juga
400 Juta Rupiah untuk Karya Terbaikmu! Daftar BI Digital Content Competition 2024 Sekarang!
Edarkan Rupiah hingga Pelosok Nusantara
Pahami Penyebab Inflasi Lewat Laporan Analisis Inflasi Bank Indonesia
Memahami Suku Bunga Acuan BI: Kunci Ambil Keputusan Keuangan yang Tepat
BI-FAST: Transfer Antarbank Semakin Mudah dan Hemat!