Cerita BI

BI Icon

Departemen Komunikasi

9/19/2024 8:00 AM
Hits: 627

Perkuat Pelindungan Konsumen di Era Digital

Pernah dengar penipuan online yang sedang marak? Atau justru Anda salah satu korbannya?

​​Di era digital yang semakin maju ini, pelindungan konsumen dalam transaksi elektronik memang sangat penting. Semua aspek kehidupan kita kini telah berubah menjadi serba digital, termasuk cara kita dalam bertransaksi. Kemudahan ini membuat banyak orang lebih memilih menggunakan internet banki​​​ng atau mobile banking daripada harus pergi ke bank.


Melalui aplikasi di smartphone, kita dapat dengan mudah memeriksa saldo, mentransfer uang, membayar tagihan, dan mengatur keuangan kita sehari-hari. Begitu juga dengan metode pembayaran, sekarang kita sudah familiar dan tidak asing lagi menggunakan layanan perbankan seperti kartu kredit, kartu ATM, dan uang elektronik, atau juga menggunakan aplikasi mobile banking dan QRIS.


Namun, di balik kemudahan tersebut, risiko penipuan dan pelanggaran privasi juga meningkat.
Oleh karena itu, masyarakat perlu mendapatkan hak pelindungan konsumen agar Anda dan seluruh masyarakat dapat merasa aman saat melakukan transaksi digital. Yuk, simak lebih lanjut untuk memahami pentingnya pelindungan konsumen di era digital.

Alasan pentingnya pelindungan konsumen di era saat ini

Berikut beberapa alasan penting adanya aturan dalam pelindungan konsumen di era digital:

  1. Rawan Penipuan
  2. Internet memungkinkan transaksi yang cepat dan mudah. Tapi, juga membuka peluang bagi penipuan dengan berbagai modus penipuan online yang ada. Pelindungan konsumen diperlukan untuk menghindari pencurian identitas, penjualan barang palsu, dan berbagai modus penipuan lainnya.
  3. ​​​​ Privasi dan Keamanan Data
  4. Di dunia digital, kita sering diminta memberikan informasi pribadi saat bertransaksi. Oleh karena itu, pelindungan privasi dan keamanan data sangat penting untuk melindungi kita dari penyalahgunaan informasi.
  5. Kurangnya Pengetahuan
  6. Tidak semua orang punya pengetahuan tentang tips aman saat transaksi digital. Pelindungan konsumen harus mempertimbangkan perbedaan pengetahuan ini dan selalu memberikan informasi yang cukup agar konsumen semakin waspada saat bertransaksi digital.
Tujuan Pelindungan konsumen

Tujuan pelindungan konsumen adalah untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan, dan kemandirian konsumen dalam melindungi diri mereka sendiri. Selain itu, juga untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab bagi pelaku usaha dalam menjalankan bisnis mereka. 

​Agar dapat bertransaksi dengan aman, simak tips-tips berikut ini:

Cerita-BI.pngPelindungan Konsumen dari Bank Indonesia​​​​​
Cerita-BI-1.png

Bank Indonesia juga memberikan pelindungan konsumen dalam transaksi digital. Beberapa prinsip yang ditekankan oleh Bank Indonesia adalah sebagai berikut.
  1. PEDULI
  2. Peduli manfaat, risiko, dan keamanan transaksi pembayaran Anda.
  3. KENALI
  4. Kenali penyelenggara dan regulatornya, serta pastikan hanya melakukan transaksi pada layanan resmi penyelengara
  5. ADUKAN
  6. Adukan permasalahan ke penyelenggara dan ke Bank Indonesia jika diperlukan tindak lanjut.
Dengan menerapkan prinsip ​PeKA (Peduli, Kenali, Adukan) dari Bank Indonesia, Anda dapat merasa lebih aman saat melakukan transaksi digital.

​Alur Pengaduan Konsumen oleh Bank Indonesia
Cerita-BI-2.pngYuk, mulai pahami pentingnya pelindungan konsumen di era digital. Mari saling berbagi tips ini agar Anda dan semua orang dapat bertransaksi digital dengan aman dan nyaman!

Lampiran
Kontak

Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131

e-mail : bicara@bi.go.id

Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB​​​

Halaman ini terakhir diperbarui 9/19/2024 9:23 AM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga