Cerita BI

BI Icon

​Departemen Komunikasi

3/4/2024 12:00 PM
Hits: 777

Bank Indonesia (BI) dan Bank of England (BoE) Bahas Inovasi Sistem Pembayaran Terkini

Kemajuan teknologi telah membawa perubahan besar dalam sistem pembayaran. Kini, berbagai inovasi sistem pembayaran hadir untuk memudahkan transaksi di berbagai negara, termasuk di kawasan ASEAN.  Hal tersebut turut menjadi topik diskusi antara Bank Indonesia dan Bank of England.

3rd ASEAN Central Banks Workshop on Payment Systems

Pada 27-29 Februari 2024, Bank Indonesia (BI) dan Bank of England (BOE) bersama UK Foreign, Commonwealth & Development Office menyelenggarakan 3rd ASEAN Central Banks Workshop on Payment Systems di Bali. Forum ini mempertemukan otoritas sistem pembayaran dari berbagai negara sehingga menjadi wadah bagi para pemangku kepentingan untuk saling belajar dan memahami berbagai praktik terbaik dalam sistem pembayaran. Program merupakan bagian dari skema kerja sama bilateral BI dan BOE, yang antara lain mencakup joint work atau penyelenggaraan proyek bersama dalam berbagai bidang. Workshop kali ini merupakan ketiga kalinya BI dan BOE berkolaborasi dalam mengangkat perbincangan untuk meningkatkan inovasi sistem pembayaran, khususnya di ASEAN.

 Tema: Overcoming Barriers to Promoting Innovation

Workshop ini mengangkat tema "Overcoming Barriers to Promoting Innovation" dengan menghadirkan langsung narasumber tak hanya secara langsung namun juga secara virtual dari berbagai penjuru dunia. Dengan tema ini, pembicara tak hanya menjelaskan mengenai inovasi terkini yang telah atau tengah digagas, melainkan berbagi pengalaman mengenai tantangan yang dihadapi dan langkah-langkah untuk mengatasinya. Aspek yang dikupas mencakup aspek kebijakan, dukungan infrastruktur, mitigasi risiko serta upaya untuk mengatasi berbagai tantangan dalam pengembangan infrastruktur sistem pembayaran.

Sepanjang tiga hari kegiatan, berbagai studi kasus dan pandangan telah dipaparkan. Mulai dari Bank Indonesia, Bank of England, Reserve Bank of Australia, Swiss National Bank, Hong Kong Monetary Authority, BIS Innovation Hub London dan Singapore, hingga bank sentral ASEAN lainnya yaitu Bank of Thailand, Bank of the Lao PDR, Bangko Sentral ng Pilipinas dan Monetary Authority of Singapore, memaparkan seluk-beluk inovasi sistem pembayaran yang dijalani. Selain pembicara yang hadir langsung di Bali, acara juga menghadirkan pembicara virtual dari berbagai penjuru dunia, termasuk London, Zurich, Singapore, dan Canberra.

Fokus pada Cross-Border Payment: Mempermudah Transaksi Lintas Negara

Salah satu poin penting dalam workshop ini adalah fokus pada pengembangan cross-border payment atau pembayaran lintas batas negara. Seluruh narasumber dari bank sentral ASEAN telah memiliki rencana pengembangan cross border payment atau pembayaran lintas batas negara. Dengan demikian, dalam beberapa tahun ke depan, diharapkan akan semakin banyak kemudahan yang para traveler ASEAN saat bertransaksi di berbagai negara ASEAN lainnya. Hal ini tentunya menjadi kabar gembira bagi para traveler ASEAN, yang nantinya akan dimudahkan dalam melakukan transaksi di berbagai negara anggota.

Lebih jauh lagi, workshop juga menjadi ajang menjalin relasi antara bank sentral dan otoritas. Pada gilirannya, hal tersebut diharapkan dapat mendukung pengembangan inovasi sistem pembayaran di masing-masing negara. Bank Indonesia – Bank of England 3rd ASEAN Central Banks Workshop on Payment Systems merupakan bagian dari pre-event Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2024.

Masa Depan Sistem Pembayaran yang Cerah

3rd ASEAN Central Banks Workshop on Payment Systems menunjukkan komitmen negara-negara ASEAN untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang inovasi sistem pembayaran. Dengan kerja sama dan komitmen dari semua pihak, diharapkan sistem pembayaran di masa depan akan lebih mudah, aman, dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu juga optimis dengan perkembangan sistem pembayaran di masa depan?

Cerita_BI_2.jpeg

Lampiran
Kontak

Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB

Halaman ini terakhir diperbarui 3/4/2024 7:34 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga