Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Sulawesi Barat Mei 2017​​​ - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
22 Januari 2020

​Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Barat pada periode pertama di tahun 2017 tercatat tumbuh tinggi yaitu 7,38% (yoy). Meskipun begitu angka tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan triwulan IV 2016 yang sebesar 7,51% (yoy). Dari sisi permintaan, pertumbuhan ekonomi yang tinggi tersebut didorong peningkatan kinerja ekspor Sulawesi Barat. Sementara itu, dari sisi penawaran kinerja lapangan usaha yang memberikan peran besar terhadap pertumbuhan ekonomi yaitu lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan serta lapangan usaha industri pengolahan.

Pada tahun 2017, perekonomian Sulawesi Barat diperkirakan akan tumbuh dalam rentang lebih tinggi dibandingkan 2016 yaitu 7,8% - 8,2% (yoy). Program-program yang dicanangkan pemerintahan baru diharapkan akan semakin mengundang investor untuk masuk ke Sulawesi Barat. Beberapa modal yang sudah dimasukkan oleh pihak swasta diharapkan dapat memberikan dampak positif di 2017. Selain itu, dampak El Nino dan La Nina yang telah usai akan memperbaiki kinerja lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan dan industri pengolahan.

Laju inflasi pada triwulan I 2017 sebesar 4,10% (yoy), menguat cukup tinggi dibandingkan 2,23% (yoy) pada triwulan IV 2016. Menguatnya tekanan inflasi utamanya bersumber dari seluruh komponen disagregasi inflasi, dimana sumbangan yang diberikan masing-masing adalah sebesar 2,76% (yoy) untuk Core, 0,66% (yoy) untuk Volatile Food (VF) dan 0,66% (yoy) untuk Administered Price (AP).

Inflasi Sulawesi Barat di akhir 2017 diperkirakan akan meningkat. Meski demikian pencapaian tersebut masih sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebesar 4%±1%. Berdasarkan proyeksi tahunan, pencapaian inflasi pada tahun 2017 akan mencapai 5,0% (yoy) berada pada kisaran angka sebesar 4,8% - 5,2% (yoy). Sumber tekanan inflasi terutama berasal dari komponen administered price yaitu kenaikan TDL, BBM, LPG 3 kg, dan biaya perpanjangan STNK.

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel