Profil - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
21 Agustus 2019
Profil Provinsi Nusa Tenggara Barat
Pilih Provinsi    
​Kantor Bank Indonesia Mataram
Jl. Pejanggik No. 2, Mataram 83126
Telp. (0370) 623600, (0370) 635132

KBI Mataram merupakan kepanjangan tangan dalam pelaksanaan tugas-tugas Bank Indonesia dan melaksanakan hubungan kerja dengan pihak- pihak terkait. Secara garis besar beberapa tugas yang dilakukan oleh KBI Mataram adalah sebagai berikut:

  1. Bidang ekonomi dan moneter meliputi pelaksanaan kebijakan ekonomi dan moneter yang telah ditetapkan Kantor Pusat, pengkajian ekonomi regional (KER), pengkajian efektivitas pelaksanaan kebijaksanaan ekonomi moneter pusat untuk wilayah Provinsi, menyediakan statistik ekonomi, keuangan dan perbankan, serta memberikan masukan kepada pemerintah daerah setempat dalam bidang pembangunan ekonomi. Di samping itu masih ada tugas lainnya seperti melakukan pembinaan dan pengawasan pedagang valuta asing,  penatausahaan KLBI, serta  memberikan bantuan teknis terkait dengan upaya mendorong kegiatan sektor riil
  2. Bidang perbankan meliputi pelaksanaan pembinaan dan pengawasan bank, terutama yang berkantor pusat di wilayah kerja KBI, serta berperan aktif dalam menciptakan iklim perbankan yang sehat di wilayah kerjanya
  3. Bidang sistem pembayaran meliputi pelaksanaan operasional sistem pembayaran (tunai dan non tunai) kepada pemerintah dan pihak ketiga di wilayah kerjanya
  4. Bidang manajemen intern meliputi perencanaan operasional kegiatan KBI termasuk bidang anggaran dan mendukung kelancaran pelaksanaan bidang-bidang moneter, perbankan, dan sistem pembayaran.

Sebagai wakil Bank Indonesia di Provinsi NTB, KBI Mataram wajib membina hubungan baik dengan pemda, instansi pemerintah lainnya, dan masyarakat setempat agar dapat memberikan masukan dan sekaligus memperoleh informasi yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas Bank Indonesia.
 
Show Left Panel