Profil - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
22 Januari 2020
Profil Provinsi Kepulauan Riau
Pilih Provinsi    
​Nah ini dia, banyak yang akan anda temui di Batam, selama ini Batam lebih dikenal dengan semboyan banyak tamu, kenyataannya memang terlalu banyak tamu yang datang ke mari, memang urusannya kerja tapi jalan-jalannya itu yang nggak tahan. Di luar urusan kerja, anda akan dihadapkan beberapa pilihan, diantaranya:
 
Mau olahraga, di Batam saja ada 6 lapangan golf bertaraf internasional belum lagi di lagoi, konon kabarnye merupakan lapangan golf terbaik di Asia

Mau belanja, silahkan muter2 di sekitaran Nagoya, disana banyak toko yang menjual parfum, tas kulit, elektronik, handphone, semuanya barang impor termasuk kacang campur yang didatangkan dari Malaysia.

Mau ke Singapura, cuma butuh waktu sekitar ± 1 jam untuk sampai ke negeri seberang dengan ferry dan jadwalnya juga banyak pilihan setiap 30 menit ada dari pagi sampai sore, cuma perlu diperhatikan nggak semua passport dibebaskan biaya viskal, karena yang bebas itu hanya untuk passport yang berasal dari propinsi Riau, Sumbar, Sumsel, Jambi, Bengkulu dan tentunya Kepri sendiri, sedangkan diluar propinsi tersebut mesti bayar Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Atau hanya sekedar jalan-jalan, silahkan arahkan tujuan anda ke Jembatan Barelang yang merupakan rangkaian 6 buah jembatan yang menghubungkan 7 pulau. Konon katanya Jembatan Fisabilillah atau yang lazim disebut Jembatan Satu merupakan jembata terindah dan tertinggi di Indonesia, kira-kira seperti Jembatan di Fransansisco-lah. Dalam perjalanan menyusuri Jembatan Barelang, kita dapat singgah sejenak di Pulau Galang yang merupakan tempat penampungan pengungsi Vietnam, bahkan perahu kapal yang membawa pengungsi dari mengarungi lautan masih ada.

Wisata di Pulau Batam

1. Batam View Resort
Slide1.JPGMerupakan alternative tempat rekreasi serta lapangan golf yang berada di daerah Nongsa. Terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing resort, lapangan golf, dan marina untuk menarik kunjungan wisatawan, antara lain Singapore Straits Regatta, lomba layar tingkat internasional.

 



2. Lapangan Golf
Slide2.JPGSaat ini terdapat 6 lapangan golf berstandar internasional, yaitu: Tering Bay Golf & Country Club, Palm Springs Golf & Beach Resort, Indah Puri Golf & Resort, Paradise Bay Golf & Resort,, Southlinks Golf & Country Club, Tamarin Santana Golf & Country Golf.
 
 




3. Jembatan Barelang
Slide3.JPGUntuk pelayanan umum, seluruh pulau-pulau utama dihubungkan dengan jalan trans Barelang yang mencakup enam jebatan besar, yaitu: jembatan Tengku Fisabilillah, Jembatan Nara Singa II, Jembatan Raja Ali Haji, Jembatan Sultan Zainal Abidin, Jembatan Tuanku Tambusai, dan Jembatan Raja Kecil.
 




4. Nagoya
Slide4.JPGPengunjung yang memiliki tujuan bisnis dan belanja, sebagian besar memilih untuk menempati kawasan Nagoya dan Jodoh. Ditempat ini juga tersedia hotel-hotel berbintan serta tempat-tempat hiburan.
 
 




5. Bintan
Slide5.JPGAngsana Resort & Spa Bintan, disamping itu juga terdapat lapangan golf.
 
 
 






6. Kawasan Industri Batamindo
Slide6.JPGMerupakan salah satu kawasan industri yang berada di wilayah Muka Kuning – BATAM. Saat ini jumlah industri yang berada di kawasan ini sekitar 80 industri.
 
 




Wisata di Pulau Natuna

1. Pantai Tanjung
Slide7.JPGPantai Tanjung terletak di Desa Tanjung, 18 kilometer atau 30 menit dari Kota Ranai menjadi salah satu tujuan wisata bagi bagi warga Kecamatan Bunguran Timur. Pantai Tanjung dapat digunakan untuk berenang dengan pemandangan pantai adalah Laut Cina Selatan dan Pulau Senoa yaitu sebuah pulau kecil yang terletak di Pantai Tanjung yang memiliki luas 5 km2 dengan jarak tempuh menggunakan speed boat kurang lebih 20 menit dari ibukota Kecamatan.


2. Batu Sindu
Batu Sindu terletak kurang lebih 2 kilometer dari Kota Ranai Kecamatan Bunguran Timur. Lokasi ini dapat ditempuh dengan kendaraan darat

3. Pantai Sisi
Pantai Sisi terletak di Kecamatan Serasan merupakan pantai terpanjang di Kabupaten Natuna kurang lebih 7 kilometer dan dikenal memiliki pasir putih.

4. Air Terjun Temurun
Air Terjun Temurun terletak kurang lebih 4 kilometer dari ibukota Kecamatan Siantan. Air terjun ini memiliki 7 tingkat dengan ketinggian 100 meter dari permukaan laut dan bermuara ke laut.

5. Pantai Padang Melang
Pantai Padang Melang terletak di Kecamatan Jemaja dengan panjang pantai kurang lebih 7 kilometer dan dikenal dengan pasir putih

6. Terumbu Karang di Kepulauan Anambas
Slide8.JPGKepulauan Anambas memiliki terumbu karang sangat bagus dan berpotensi untuk pengembangan wisata bahari, diving dan snorkling.
 
 




Wisata di Pulau Penyengat
Slide9.JPGPulau yang masih termasuk dalam gugusan Kepulauan Riau ini memiliki areal seluas 3,5 kilometer. Pulau ini berbukit-bukit, tanahnya terdiri dari pasir bercampur kerikil, sedangkan pantainya landai, berlumpur dan diselingi dengan batu karang. Di antara Pulau Penyengat dan Tanjungpinang terdapat selat yang lebarnya sekitar 1,5 kilometer yang dapat dilewati dengan perahu atau kapal motor yang biasa disebut pompong.
 


Slide10.JPGDahulu, pulau yang berhadapan dengan kuala Sungai Riau ini selalu menjadi tempat pemberhentian para pelaut, terutama untuk mengambil air tawar. Konon, para pelaut yang sedang mengambil air ini diserang sejenis lebah yang disebut penyengat hingga jatuh korban jiwa. Serangga tersebut dianggap sakti dan pulau ini kemudian dinamakan Pulau Penyengat Indra Sakti. Pada perkembangan selanjutnya pulau ini lebih dikenal sebagai Pulau Penyengat sampai sekarang.



Pulau ini menjadi saksi sejarah, tercatat selama berkecamuknya peperangan antara Kerajaan Riau dengan Belanda (1782-1794 M), Pulau Penyengat dijadikan kubu penting. Raja Haji Yang Dipertuan Muda Riau IV (termashyur dengan gelar Raja Haji Syahid Fisabilillah Marhum Teluk Ketapang) memimpin peperangan dengan Belanda, mendirikan kubu-kubu pertahanan Kerajaan Riau di Penyengat, yakni di Bukit Penggawa, Bukit Tengah dan Bukit Kursi. Benteng-benteng ini diperlengkapi dengan meriam-meriam dalam berbagai ukuran.

Slide11.JPGDi zaman pemerintahan Sultan Mahmud Syah (1761-1812 M), ketika beliau menikah dengan Engku Putri binti Raja Haji Syahid Fisabilillah sekitar tahun 1801 M, pulau ini diserahkan kepada permaisurinya sebagai mahar atau mas kawin. Peranan Pulau Penyengat amat penting dalam kesejarahan Kerajaan Riau, karenanya pulau yang relatif amat kecil ini menjadi terkenal dan menarik perhatian. Selain masih terdapat gudang mesiu, benteng dan parit pertahanan, di Pulau Penyengat ini masih terdapat benda-benda peninggalan sejarah masa silam.



Sebagai contoh peninggalan Kerajaan Melayu Riau-Lingga berupa sisa bangunan Istana Sultan Riau-Lingga, makam Raja Ali Haji Pujangga Melayu Riau yang terkenal dengan Gurindamnya, makam Raja Ja'far, dan lain-lain. Di dalam Masjid Raya Pulau Penyengat yang dibangun pada 1882, juga masih terdapat beberapa koleksi peninggalan sejarah seperti Kitab suci Al-Qur'an yang ditulis tangan dan mimbar antik penuh ukiran.

Kalau anda menginginkan lanskap yang lebih menyegarkan, pandangan mata bisa dialihkan ke objek lain yang lebih menarik. Seperti pemandangan alam yang cukup indah, baik di pantai maupun di bukit-bukit. Anda bisa pula menyaksikan perkampungan tradisional penduduk, Balai Adat dan atraksi kesenian. Pulau Penyengat tak sulit dijangkau. Jaraknya yang dekat dengan Kota Tanjungpinang serta sarana perhubungan yang lancar, memberi kemudahan bagi anda untuk mengunjunginya.
Show Left Panel