Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Kalimantan Tengah Februari 2017 - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
14 Juli 2020
Pertumbuhan Ekonomi Makro Daerah
Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah pada triwulan IV 2017 didorong oleh meningkatnya sektor pertanian dan sektor perdagangan besar dan eceran di sisi penawaran, dan komponen investasi di sisi permintaan.
Sedangkan secara tahunan, ekonomi Kalimantan Tengah pada tahun 2017 tumbuh 6,7% atau berada diatas level nasional yang tercatat sebesar 5,07%.

Keuangan Pemerintah Daerah
Realisasi pendapatan pemerintah daerah Kalimantan Tengah pada triwulan IV 2017 mengalami penurunan disebabkan oleh adanya pengurangan transfer anggaran ke daerah, khususnya DAU dan DAK. Realisasi belanja pemerintah daerah juga mengalami penurunan didorong oleh adanya penurunan komponen belanja modal khususnya sebagian besar kabupaten/kota di Kalimantan Tengah.
 
Perkembangan Inflasi Daerah 
Tekanan inflasi di Kalimantan Tengah turun pada triwulan IV 2017. Namun demikian tekanan inflasi pada tahun 2017 meningkat jika dibandingkan tekanan inflasi pada tahun 2016, yang utamanya didorong oleh tekanan harga pada kelompok administered prices. Memasuki triwulan I 2018, tekanan inflasi Kalimantan Tengah diperkirakan akan mereda pada triwulan I 2018 seiring normalisasi permintaan pasca Hari Raya Natal dan Tahun Baru serta telah meredanya gelombang laut di pesisir Laut Jawa.

Stabilitas Keuangan Daerah, Pengembangan Akses Keuangan dan UMKM
Indikator aset perbankan pada triwulan IV 2017 menunjukkan adanya peningkatan pertumbuhan. Kualitas kredit perbankan pada triwulan IV 2017 secara umum lebih baik jika periode triwulan sebelumnya dan tahun sebelumnya. Kinerja perbankan di sektor korporasi dan rumah tangga tercatat tumbuh lebih tinggi pada triwulan IV 2017. Peran perbankan dalam pembiayaan UMKM di Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2017 melebihi target minimal 15% dari total kredit perbankan Kalimantan Tengah.

Penyelenggaraan Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah
Jumlah transaksi pembayaran non tunai triwulan IV 2017 melalui kliring meningkat dibandingkan triwulan III 2017.  Aliran uang di provinsi Kalimantan Tengah masih melanjutkan tren net outflow pada triwulan IV 2017, meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan uang kartal menjelang perayaan hari raya Natal dan liburan Tahun Baru. Temuan uang palsu pada triwulan IV 2017 sedikit mengalami peningkatan dibandingkan triwulan III 2017. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah telah meresmikan 3 Kas Titipan baru di 3 kabupaten yaitu Kabupaten Lamandau (Nanga Bulik), Kabupaten Murung Raya (Puruk Cahu) dan Kabupatan Kapuas (Kuala Kapuas)
Ketenagakerjaan dan Kesejahteraan
Menguatnya kinerja perekonomian sepanjang tahun 2017 berdampak pada membaiknya kondisi ketenagakerjaan Kalimantan Tengah pada bulan Agustus 2017 yang ditandai dengan menurunnya angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Angka TPT Kalimantan Tengah sebesar 4,23%. Demikian halnya dengan angka kemiskinan yang menunjukkan penurunan pada September 2017 membaik dibandingkan dengan September 2016.
 
Prospek Perekonomian Daerah
Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah pada tahun 2018 diperkirakan akan berada pada kisaran 6,3% hingga 6,7% (yoy). Sedangkan Inflasi Kalimantan Tengah di tahun 2017 diperkirakan akan berada pada rentang 2,8% hinggga 3,2% (yoy) dengan kecenderungan menuju batas atas.
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel