KBI - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
22 Januari 2020
Profil Provinsi Bangka Belitung
Pilih Provinsi    
Kantor Bank Indonesia Palembang didirikan tanggal 20 September 1909 merupakan kantor cabang (Agentschap) ke-16 dari De Javasche Bank.  Gagasan Pendirian timbul ketika Direjtur E.A. Zeilinga Azn melakukan perjalanan dinas ke kantor cabang Padang.

Ketika memasuki Kota Palembang, E.A.Zeilinga Azn melihat kenyataan bahwa kota ini merupakan kota yang ramai dengan aktivitas perdagangan serta kekayaan hasil tambang berupa minyak bumi.  Sampai di Batavia hal tersebut dilaporkan kepada Direksi De Javasche Bank dan kemudian diputuskan membuka dengan resmi Kantor De Javasche Bank tanggal 20 September 1909. Pemimpin pertama adalah B.J Schadd (1909-1910).

Pada mulanya gedung Kantor Bank Indonesia Palembang terletak di Jalan Sekolah, Gedung tersebut terpaksa dibongkar karena terkena proyek Jembatan Ampera pada tahun 1965.  Gedung kantor akhirnya dipindahkan ke Jalan Veteran dan dibangun kembali di Jalan Jenderal Sudirman pada tahun 1971. Pada tahun 2001 dilakukan renovasi sekaligus pembangunan gedung baru yang selesai pada tanggal 30 Juli 2003.

KBI Palembang mempunyai wilayah kerja di dua Provinsi, yaitu Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.​
Show Left Panel