Laporan Perekonomian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mei 2020 - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
25 Oktober 2020
Perekonomian Bangka Belitung triwulan I 2020 tumbuh positif sebesar 1,35% (yoy), meskipun melambat dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 3,99% (yoy).  Penyebaran COVID-19 secara global berdampak pada laju pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung khususnya dari sisi penurunan harga komoditas dan penurunan permintaan ekspor komoditas. Kinerja  Lapangan Usaha (LU) pertambangan dan industri pengolahan mengalami penurunan yang disebabkan oleh penurunan permintaan logam timah global sehingga berdampak pada penurunan harga komoditas. Namun demikian, peningkatan kinerja LU pertanian khususnya perkebunan kelapa sawit yang didorong oleh faktor cuaca dan harga komoditas yang relatif masih baik, berhasil menahan perekonomian Bangka Belitung sehingga tidak melambat lebih dalam. Dari sisi pengeluaran, kondisi ekonomi global, nasional, dan Bangka Belitung yang kurang stabil selama penyebaran pandemic COVID 19 menyebabkan investor menunda dan membatalkan rencana investasi sehingga kinerja Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) terkontraksi. Namun demikian, konsumsi rumah tangga tercatat masih tumbuh stabil dan ekspor luar negeri mengalami peningkatan kinerja meskipun masih terkontraksi. Pada triwulan II 2020, pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung diproyeksikan tumbuh melambat dibandingkan triwulan I 2020 disebabkan oleh dampak COVID 19 diperkirakan lebih tinggi sehingga berdampak pada penurunan harga komoditas dan pembatasan kegiatan ekonomi khususnya sektor informal.
 
Pada triwulan I 2020, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercatat mengalami inflasi sebesar 1,82% (yoy), tekanan inflasi menurun dibandingkan dengan triwulan IV 2019 yang mengalami inflasi sebesar 2,62% (yoy). Tekanan inflasi pada triwulan I 2020 mengalami penurunan karena rendahnya tekanan inflasi hampir diseluruh komoditas pembentuk kelompok barang terutama kelompok transportasi. Kelompok transportasi mengalami deflasi sebesar 3,72% (yoy) karena menurunnya permintaan angkutan udara dan laut akibat dampak pengurangan operasional bandara dan pelabuhan untuk orang sebagai upaya penanganan COVID-19. Secara spasial pada triwulan I 2020, Kota Pangkalpinang tercatat mengalami inflasi sebesar 1,95% (yoy), sedangkan Kota Tanjungpandan mengalami inflasi sebesar 1,59% (yoy).
 
Stabilitas sistem keuangan dan sistem pembayaran masih terjaga dengan baik pada triwulan I 2020 meskipun beberapa indikator menunjukkan perlunya kewaspadaan lebih lanjut. Indikator pertumbuhan kinerja perbankan secara umum menunjukkan adanya perlambatan pada penghimpunan dana dan penyaluran kredit di tengah pertumbuhan aset perbankan yang menurun. Rasio intermediasi perbankan tercatat masih tinggi namun dengan risiko kredit bermasalah yang juga sudah mulai meningkat termasuk risiko kredit bermasalah UMKM yang perlu untuk mendapat perhatian. Eksposure risiko dari korporasi dan rumah tangga juga perlu mendapat perhatian seiring dengan tekanan kondisi perekonomian akibat mewababhnya COVID-19. Transaksi BI-RTGS tumbuh melambat dibandingkan triwulan sebelumnya, sedangkan transaksi SKNBI mengalami peningkatan. Perubahan yang terjadi pada transaksi pada RTGS dan SKNBI didorong oleh perubahan kebijakan terkait SKNBI. Sementara itu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami net inflow sebagai dampak masyarakat yang menyetorkan uangnya pascalibur Natal dan Tahun Baru 2020.
 
Kinerja perekonomian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada triwulan III 2020 diperkirakan akan menguat didorong oleh terjaganya konsumsi masyarakat, membaiknya investasi dan ekspor luar negeri. Secara keseluruhan tahun, pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung tahun 2020 diperkirakan melambat dari tahun sebelumnya. Tekanan inflasi pada triwulan III 2020 dan keseluruhan tahun 2020 relatif masih terjaga meskipun cenderung lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya sejalan dengan penurunan permintaan masyarakat di tengah terjaganya kondisi pasokan dan kelancaran distribusi.
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel