KEKR Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mei 2017 - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
28 Januari 2020

​Perekonomian Bangka Belitung Triwulan I-2017 tumbuh sebesar 6,42% (yoy) meningkat dibanding triwulan sebelumnya 4,92% (yoy). Pertumbuhan didorong oleh konsumsi rumah tangga, konsumsi pemerintah, ekspor, dan melambatnya impor. Sementara itu, secara sektoral peningkatan pertumbuhan ekonomi bersumber dari membaiknya pertumbuhan lapangan usaha industri pengolahan, lapangan usaha perdagangan dan lapangan usaha pertambangan dan penggalian yang menjadi kontributor terbesar dari perekonomian Bangka Belitung.

Transaksi sistem pembayaran secara umum tumbuh melambat. Transaksi non tunai melalui kliring menurun, sementara transaksi tunai mengalami net inflow paska meningkatnya kebutuhan saat Natal dan tahun baru 2017. Untuk mendukung penyediaan uang layak edar, dilakukan kas keliling dan penukaran di perbankan.

Pertumbuhan ekonomi pada triwulan III 2017 diperkirakan meningkat didukung membaiknya konsumsi rumah tangga, meningkatnya ekspor, meningkatnya investasi, dan realisasi pembangunan infrastruktur oleh Pemerintahyang lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya. Ekspor diperkirakan kembali meningkat seiring dengan mulai membaiknya harga komoditas timah dan CPO. Sementara itu, tekanan inflasi diperkirakan sedikit menurun dibandingkan triwulan sebelumnya dan dalam level yang terkendali.

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel