<span style="font-family:arial;font-size:12px;font-style:normal;font-weight:bold">Kajian Ekonomi dan Keuangan Provinsi Aceh Agustus 2017</span> - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
23 Januari 2020

Secara umum perekonomian Aceh pada triwulan kedua tahun 2017 mengalami perbaikan dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Dari sisi pengeluaran, komponen konsumsi rumah tangga dan ekspor luar negeri menjadi lokomotif utama pendorong pertumbuhan. Sementara itu, dari sisi sektoral kinerja perekonomian masih ditopang oleh peningkatan kinerja sektor pertanian dan pertambangan.·

Realisasi pendapatan Pemerintah Provinsi Aceh terhadap APBD mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, namun demikian dari sisi realisasi belanja mengalami penurunan.

Tekanan inflasi tahunan Provinsi Aceh pada akhir Triwulan-II 2017 tercatat mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan periode triwulan I-2017 maupun triwulan yang sama di tahun sebelumnya. Namun demikian masih lebih rendah apabila dibandingkan dengan rata-rata inflasi year on year pada triwulan II dalam tiga tahun terakhir (2014-2016). Inflasi tahunan Aceh sepanjang triwulan II-2017 disumbang oleh komoditas dari kelompok administered prices dan core.

Risiko Stabilitas Keuangan daerah di Aceh cenderung mengalami penurunan, yang tercermin dari penurunan NPL kredit korporasi dan UMKM, sementara NPL kredit perseorangan cenderung stabil. Namun demikian terjadi penurunan kinerja penyaluran kredit perbankan di kelompok korporasi dan UMKM.

Pada Triwulan II-2017, Pengedaran Uang Kartal Di Provinsi Aceh Mengalami Net Cash Outflow, sedangkan transaksi ritel melalui SKNBI mengalami penurunan.

Pada bulan Februari 2017, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) menurun dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, namun Tingkat Kemiskinan Provinsi Aceh pada bulan Maret 2017 meningkat.

Berdasarkan perkembangan terkini, Perekonomian Aceh pada tahun 2017 diperkirakan dapat tumbuh lebih tinggi dibandingkan tahun 2016, namun disertai risiko peningkatan inflasi​​​.

Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel