Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 19/15/PADG/2017 tentang Tata Cara Pendaftaran, Penyampaian Informasi, dan Pemantauan Penyelenggara Teknologi Finansial - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
21 September 2018
RINGKASAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN BANK INDONESIA
 
Peraturan
:
Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 19/15/PADG/2017 tentang Tata Cara Pendaftaran, Penyampaian Informasi, dan Pemantauan Penyelenggara Teknologi Finansial
Tanggal terbit
:
    30 November 2017
Ringkasan
:
 
1.         Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 19/15/PADG/2017 tentang Tata Cara Pendaftaran, Penyampaian Informasi, dan Pemantauan Penyelenggara Teknologi Finansial (PADG Tekfin) diterbitkan sehubungan dengan telah diundangkannya Peraturan Bank Indonesia Nomor 19/12/PBI/2017 tentang Penyelenggaraan Teknologi Finansial pada tanggal 29 November 2017 (PBI Tekfin). PADG ini berisi pengaturan teknis atas materi ketentuan yang diatur dalam PBI Tekfin dalam rangka memperjelas dan memberikan pedoman pendaftaran bagi Penyelenggara Teknologi Finansial.
2.         Pokok-pokok pengaturan PADG Tekfin meliputi:
a.     Pendaftaran; antara lain mencakup tata cara, pemrosesan, publikasi pendaftaran, dan penghapusan pendaftaran.
b.     Prinsip Manajemen Risiko dan Kehati-hatian.
c.      Pemantauan; antara lain mengatur pemantauan oleh BI terhadap TekFin terdaftar, serta tata cara penyampaian informasi.
d.     Ketentuan lain-lain; mengatur terkait dengan korespondensi dengan Bank Indonesia.
3.         Penyelenggara TekFin yang memenuhi kriteria sesuai PBI TekFin wajib melakukan pendaftaran, kecuali bagi Penyelenggara Teknologi Finansial yang berada di bawah kewenangan otoritas lain dan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang telah memperoleh izin dari BI. Namun demikian, Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran dimaksud harus tetap menyampaikan infromasi kepada Bank Indonesia mengenai produk, layanan, teknologi, dan/atau model bisnis baru yang memenuhi kriteria Teknologi Finansial.
4.         Penyelenggara Teknologi Finansial harus merupakan badan usaha, khusus bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran harus berbentuk badan hukum sesuai ketentuan yang mengaturnya.
5.         Penyelenggara Teknologi Finansial menyampaikan permohonan pendaftaran kepada Bank Indonesia secara tertulis disertai dengan dokumen pendaftaran secara daring (online).
6.         Penyelenggara Teknologi Finansial yang telah terdaftar akan dipublikasikan pada laman resmi Bank Indonesia dan dapat dihapus apabila:
a.       produk, layanan, teknologi, dan/atau model bisnis sudah tidak digunakan oleh Penyelenggara Teknologi Finansial;
b.      Penyelenggara Teknologi Finansial telah memperoleh izin dari Bank Indonesia atau otoritas yang berwenang;
c.       Penyelenggara Teknologi Finansial dikenakan sanksi oleh Bank Indonesia dan/atau otoritas yang berwenang;
d.      Penyelenggara Teknologi Finansial terbukti melakukan tindak pidana atau dinyatakan pailit berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap;
e.       terdapat rekomendasi dan/atau permintaan tertulis  dari otoritas berwenang;
f.       permintaan tertulis dari Penyelenggara Teknologi Finansial; dan/atau
g.      Penyelenggara Teknologi Finansial menyampaikan data dan/atau informasi yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya.
7.         Penyelenggara Teknologi Finansial yang telah terdaftar harus menerapkan prinsip manajemen risiko dan kehati-hatian.
8.         Bank Indonesia melakukan pemantauan terhadap Penyelenggara Teknologi Finansial yang telah tercantum dalam Daftar Penyelenggara Teknologi Finansial.
9.         Penyelenggara Teknologi Finansial wajib menyampaikan data dan/atau informasi yang diminta oleh Bank Indonesia berupa:
a.       transaksi terkait penyelenggaraan Teknologi Finansial, yang disampaikan secara berkala;
b.      produk, layanan, teknologi dan/atau model bisnis;
c.       kondisi keuangan;
d.      kepengurusan dan kepemilikan; dan
e.       data dan/atau informasi lain.
 
 
-------ooOoo------
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel