Tentang IndONIA - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
16 November 2018

IndONIA (Indonesia Overnight Index Average)

IndONIA dimaksudkan berperan sebagai benchmark rate pasar uang, yakni cerminan suku bunga yang terjadi di pasar uang, yang dihitung secara periodik, tersedia dan dapat digunakan oleh para pelaku pasar sebagai referensi seperti penetapan suku bunga pinjaman, penetapan harga instrumen keuangan, dan pengukuran kinerja instrumen keuangan. IndONIA adalah indeks suku bunga atas transaksi pinjam-meminjamkan rupiah tanpa agunan yang dilakukan antarbank untuk jangka waktu overnight di Indonesia.

IndONIA ditetapkan berdasarkan rata-rata suku bunga transaksi pinjam-meminjamkan rupiah tanpa agunan dengan jangka waktu overnight, yang dilaporkan oleh seluruh bank kepada Bank Indonesia. Dengan demikian IndONIA merupakan suku bunga transaksi yang terbentuk dari transaksi pasar. Penetapan IndONIA dilakukan dengan menghitung rata-rata tertimbang berdasarkan nilai nominal transaksi (volume-weighted average) atas seluruh data transaksi yang dilakukan pada hari transaksi, yang dilaporkan oleh bank kepada Bank Indonesia melalui sistem laporan harian bank umum sejak pukul 07.00 WIB s/d 18.00 WIB (dan koreksi online hingga pukul 19.00 WIB).

IndONIA mulai dipublikasikan oleh Bank Indonesia sejak tanggal 1 Agustus 2018 pada setiap hari kerja pukul 19.30 WIB di website Bank Indonesia.

Dengan mulai dipublikasikannya IndONIA per tanggal 1 Agustus 2018 yang terbentuk dari transaksi pasar, IndONIA diharapkan dapat menggantikan peran JIBOR tenor overnight sebagai benchmark rate pasar uang. Per tanggal 2 Januari 2019, Bank Indonesia tidak lagi memublikasikan JIBOR tenor overnight dan diharapkan pada saat itu kontrak-kontrak keuangan yang sebelumnya menggunakan JIBOR overnight sebagai referensi dapat beralih ke IndONIA sebagai referensi terkini untuk tenor overnight.

Penjelasan singkat mengenai IndONIA adalah sebagai berikut:
​No ​Subjek ​Keterangan
​1 ​Waktu Publikasi ​19.30 WIB
​2 ​Tenor Overnight
​3 ​Metode perhitungan ​rata-rata tertimbang berdasarkan nilai nominal transaksi (volume-weighted average)

 

Ketentuan mengenai IndONIA diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.20/7/PBI/2018 tanggal 24 Juli 2018 tentang Indonesia Overnight Index Average dan Jakarta Interbank Offered Rate.

Informasi Mengenai IndONIA​
Departemen Pengembangan Pasar Keuangan
Telp : (021) 2981-4013, 2981-4897
Fax : (021) 2311-325, 3504-296
email : indonia.jibor@bi.go.id

 

 

Show Left Panel