Peluncuran dan Bedah Buku Begawanship Agus D.W. Martowardojo - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
26 September 2020
Bank Indonesia Institute menyelenggarakan kegiatan peluncuran buku Begawanship Bp. Agus D.W. Martowardojo (Gubernur Bank Indonesia 2013 – 2018) pada hari Senin 2 September 2019 bertempat di Function Room Bank Indonesia.
 
Buku begawanship merupakan buku seri yang diterbitkan oleh Bank Indonsia Institute sebagai bagian dari upaya untuk mengelola institutional memory, khususnya dalam rangka mengumpulkan wawasan, pemikiran, inspirasi serta nilai-nilai kepemimpinan dari para Gubernur dan Anggota Dewan Gubernur yang telah purna tugas di Bank Indonesia. Hal tersebut bertujuan agar pesan penting dalam buku begawanship seperti tacit knowledge, leadership dan wisdom yang dimiliki dapat menjadi pembelajaran dan tauladan tidak hanya bagi pegawai Bank Indonesia tetapi juga publik secara luas, untuk kemajuan dan keunggulan SDM Indonesia.
 
Buku begawanship ini merupakan buku biografi profesional Bp. Agus D.W. Martowardojo (AM) yang menceritakan perjalanan karir beliau selama lebih dari tiga dekade, sejak dari sektor privat hingga menjadi birokrat. Penulisan perjalanan karir beliau dirangkum dalam buku begawanship yang berjudul “Agus Martowardojo : Pembawa Perubahan”.
 
Buku terbagi ke dalam beberapa bagian, dimulai dari i) cerita masa kecil di keluarga dan pendidikan sebelum memasuki dunia kerja; ii) kisah AM selama berkarir di industri perbankan termasuk tantangan dan prestasi dalam mengelola berbagai bank yang dipimpinnya; iii) cerita mengenai karir AM ketika menjabat sebagai Menteri Keuangan dengan berbagai kebijakan strategis dalam mengelola keuangan negara; iv) bagian yang menggambarkan milestone AM selama memimpin Bank Indonesia dengan empat elemen kunci, yakni reorganisasi, tata kelola, manajemen sumber daya manusia (SDM), dan efisiensi operasional, v) pandangan seorang AM mengenai harapan untuk Indonesia di masa yang akan datang; dan vi) bagian akhir buku yang berisi testimoni beberapa tokoh yang mengenal dekat sosok AM dan dilengkapi dengan kumpulan dokumentasi  perjalanan karir AM.
 
Dalam kegiatan peluncuran buku, diselenggarakan bedah buku dalam bentuk bincang-bincang dengan beberapa pemangku kebijakan yang terkait dengan perjalanan karir AM yaitu Gubernur Bank Indonesia, Bp. Perry Warjiyo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Bp. Luhut B. Panjaitan, Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani, Ketua Dewan Komisioner OJK, Bp. Wimboh Santoso, dan Direktur Utama Bank Mandiri, Bp. Kartika Wirjoatmodjo. Bincang-bincang dipandu oleh moderator Ibu Rosiana Silalahi. Kegiatan ini dihadiri oleh 200 peserta yang berasal dari internal Bank Indonesia dan eksternal yaitu para pimpinan lembaga negara, pimpinan kementerian, pimpinan perbankan, dan pimpinan korporasi.
 
Buku telah terdaftar pada International Standard Book Number (ISBN) dan akan dipublikasikan kepada masyarakat umum secara luas. Bank Indonesia berharap nilai-nilai integritas, profesionalisme dan excellence yang menyertai tiga puluh tahun perjalanan karir Bpk. Agus Martowardojo dapat menjadi tauladan dan inspirasi dalam pengembangan jiwa kepemimpinan insan Indonesia guna membangun sumber daya manusia unggul, untuk Indonesia maju.  
 
Begawanship Agus Martowardojo1.jpg
Begawanship Agus Martowardojo2.jpg


 
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel