Bedah Buku <em>How Not to Give a Boring Speech </em>bersama Erwin Parengkuan - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
26 September 2020
Erwin Parengkuan: Potong yang Nggak Penting
 
“One child, one teacher, one book, one pen can change the world.” – Malala Yosafzai
 
Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Kunjung dan Literasi Internasional di bulan September, Perpustakaan Bank Indonesia mengadakan Bedah Buku How Not To Give A Boring Speech karya Erwin Parengkuan, di Lounge Perpustakaan Umum BI, Jakarta, pada 16 September 2019.
 
Cut the crap, potong yang nggak penting-penting. Gak usah lama-lama, karena tingkat spending attention orang sekarang dan dulu berbeda. Sekarang lebih pendek, delapan detik pertama tidak impressed akan di skip,” papar Erwin saat berbagi tips dengan audiens dari kalangan internal Bank Indonesia.
 
Presenter kondang yang kini beralih ke dunia podcast dan pendidikan public speaking ini juga membagikan kiat dalam menyusun pidato yang efektif, yakni menggunakan TFA strategy dan metode GISI. TFA strategy ialah thinking (data), feeling (koneksi), dan a call to action (tindakan). PIdato akan efektif jika menghadirkan data yang mengejutkan audiens, dapat menyentuh perasaan, dan dapat menggugah untuk bertindak.
 
Sementara metode GISI merupakan akronim dari Greetings, Introduction, Storytelling, dan Interaction. Keempat hal ini menjadi hal yang paling penting untuk diperhatikan saat menyusun pidato.
 
Dibuka oleh Kepala Divisi Perpustakaan dan BI Institute Public Exposure, Bapak Shiddieq Adhityarahman, kegiatan ini dihadiri oleh 105 orang peserta. “Selama bulan September dalam memperingati hari literasi dan kunjung perpustakaan internasional, perpustakaan Bank Indonesia mengadakan beberapa kegiatan diantaranya, lomba vlog, donasi buku, Get Knowledge Get Prize bagi pengunjung perpustakaan, dan bedah buku,” terang beliau.
 
Pada kegiatan ini juga diadakan pemberian apresiasi kepada Salsabila Syifa Keynuka, penulis cilik buku illustrasi Bengkel Buku: Ilustrasi Anak, yang merupakan putri dari Ika Mulatsih Fauziah, pegawai DSDM Bank Indonesia.
 
Buku How Not To Give A Boring Speech karya Erwin Parengkuan dan Bengkel Buku: Illustrasi Anak karya Salsabila Syifa Keynuka telah menjadi bagian koleksi Perpustakaan Bank Indonesia.
Bedah Buku Erwin Parengkuan 1.JPG 
Bedah Buku Erwin Parengkuan 4.JPG 
 
 
 
 
Tags:  

Survei

Apakah Artikel ini memberikan informasi berguna bagi Anda?
Nilai halaman ini:
Komentar:
Show Left Panel