Pusat komunikasi (Contact Center) Bank Indonesia BICARA kembali meraih penghargaan internasional di ajang Contact Center World (CCW) Global Asia Pacific Top Ranking Performers Awards 2025 untuk kategori korporat. Penghargaan diberikan oleh Raj Wadhwani, President CCW, kepada para pemenang dari Bank Indonesia pada puncak anugerah penghargaan Global Asia Pacific Top Ranking Performers Awards 2025 di Bali (25/07). Dari 4 kategori yang diikuti, Bank Indonesia meraih emas seluruh kategori yaitu Best Employee Engagement, Best Employee Wellness, Best Self Service Technology, dan Best Customer Service.
Capaian ini mencerminkan komitmen Bank Indonesia untuk senantiasa menghadirkan layanan prima dalam memberikan layanan atas kebutuhan publik, termasuk dalam mendukung keterbukaan informasi yang menjadi pilar transparansi lembaga sebagaimana amanah UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Contact center BI BICARA tidak hanya berperan sebagai garda terdepan layanan, namun juga sebagai kanal strategis dalam memastikan masyarakat mendapatkan akses informasi yang cepat, tepat, dan dapat dipercaya seputar peran dan pelaksanaan tugas BI. Kanal contact center Bank Indonesia BICARA juga menjadi media untuk menangkap aspirasi dan masukan dari masyarakat yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perumusan kebijakan Bank Indonesia selanjutnya.
CCW 2025 diikuti oleh oleh 90 peserta dari 22 lembaga/perusahaan di 5 negara perwakilan Asia Pasifik. Didirikan tahun 1999, CCW merupakan Asosiasi Contact Center Internasional yang secara rutin menyelenggarakan kompetisi contact center berbagai lembaga/perusahaan terpilih di dunia. Sejak tahun 2016, Bank Indonesia berpartisipasi dalam kompetisi ini, dan konsisten meraih gelar juara. Selain untuk mengukur kinerja serta kualitas layanan dengan standar global, keikutsertaan dalam ajang CCW juga menjadi kesempatan bagi Bank Indonesia untuk melakukan benchmarking dan memperkuat engagement dengan para praktisi contact center di Asia Pasifik guna memeroleh wawasan dan pemahaman yang mendalam terkait praktik terbaik contact center di dunia.
Ke depan, Contact Center Bank Indonesia BICARA akan terus memperkuat profesionalisme, inovasi, dan kecepatan respons guna meningkatkan kualitas pelayanan terbaik kepada publik.