Teknologi Finansial (Fintech)

Start;Home;Fungsi Utama;Sistem Pembayaran & Pengelolaan Uang Rupiah;Sistem Pembayaran Ritel;bukan default.aspx

Apa Itu Teknologi Finansial (Fintech)​

Teknologi Finansial adalah penggunaan teknologi dalam sistem keuangan yang menghasilkan produk, layanan, teknologi, dan/atau model bisnis baru serta dapat berdampak pada stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan, dan/atau efisiensi, kelancaran, keamanan, dan keandalan sistem pembayaran. Perkembangan teknologi finansial membawa manfaat bagi konsumen, pelaku usaha, maupun perekonomian nasional, namun di sisi lain memiliki potensi risiko yang apabila tidak dimitigasi secara baik dapat mengganggu sistem keuangan. 
 
Sehubungan dengan hal tersebut, serta untuk mendorong inovasi di bidang keuangan dengan menerapkan prinsip perlindungan konsumen, Bank Indonesia sebagai otoritas sistem pembayaran telah menerbitkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) mengenai Teknologi Finansial dan Regulatory Sandbox. 

Melalui PBI No.19/12/PBI/2017 tentang Penyelenggaraan Teknologi Finansial, Bank Indonesia mengatur mengenai kewajiban pendaftaran di Bank Indonesia bagi Penyelenggara Teknologi Finansial yang melakukan kegiatan sistem pembayaran. Kewajiban pendaftaran tersebut dikecualikan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang telah memperoleh izin dari Bank Indonesia dan bagi Penyelenggara Teknologi Finansial yang berada di bawah kewenangan otoritas lain. ​

​Selanjutnya, Bank Indonesia akan mengumumkan Penyelenggara Teknologi Finansial yang telah terdaftar dalam laman resmi Bank Indonesia. Kewajiban pendaftaran dimaksud tidak menghilangkan kewajiban Penyelenggara Teknologi Finansial untuk mengajukan perizinan kepada Bank Indonesia maupun otoritas terkait. 

Guna mendukung perkembangan dan inovasi Teknologi Finansial, Bank Indonesia memberikan ruang bagi Penyelenggara Teknologi Finansial untuk melakukan uji coba produk, layanan, teknologi, dan/atau model bisnisnya di Bank Indonesia melalui Regulatory Sandbox. PADG No. 19/14/PADG/2017 tentang Ruang Uji Coba Terbatas (Regulatory Sandbox) Teknologi Finansial mengatur secara jelas tata cara dan proses uji coba dalam Regulatory Sandbox. 

Adapun tata cara pendaftaran Penyelenggara Teknologi Finansial secara lebih jelas diatur dalam PADG No.19/15/PADG/2017 tentang Tata Cara Pendaftaran, Penyampaian Informasi dan Pemantauan Penyelenggaraan Teknologi Finansial. Pendaftaran akan dilakukan melalui aplikasi yang sampai saat ini masih dalam proses pengembangan. Saat ini, Penyelenggara Teknologi Finansial yang akan melakukan pendaftaran dapat mengunduh formulir pendaftaran pada laman resmi Bank Indonesia. Selanjutnya formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen dapat disampaikan kepada Bank Indonesia. Dalam​ hal diperlukan, formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen tersebut dapat terlebih dahulu disampakan kepada bank Indonesia melalui email BIFintechOffice@bi.go.id. 

 

 

Pendaftaran Teknologi Finansial

Pendaftaran diwajibkan kepada seluruh Penyelenggara Teknologi Finansial yang akan/telah melakukan kegiatan yang memenuhi kriteria Teknologi Finansial sebagaimana disebutkan dalam pasal 3 ayat (2) PBI No.19/12/PBI/2017 tentang Penyelenggaraan Teknologi Finansial. Namun demikian, kewajiban pendaftaran dikecualikan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang telah memperoleh izin dari Bank Indonesia dan/atau Penyelenggara Teknologi Finansial yang berada di bawah kewenangan otoritas lain. Dalam hal Penyelenggara Teknologi Finansial berada di bawah kewenangan otoritas lain namun menyelenggarakan jasa sistem pembayaran, Penyelenggara Teknologi Finansial dimaksud wajib melakukan pendaftaran kepada Bank Indonesia


 

Pendaftaran Teknologi Finansial

Download Formulir Pendaftaran

Regulatory Sandbox

​Penyelenggara Teknologi Finansial yang telah terdaftar di Bank Indonesia dapat mengikuti uji coba dalam Regulatory Sandbox sesuai dengan ketentuan sebagaimana diatur dalam PADG No.19/14/PADG/2017 tentang Ruang Uji Coba Terbatas (Regulatory Sandbox) Teknologi Finansial. Penyelenggara Teknologi Finansial dimaksud terlebih dahulu ditetapkan oleh Bank Indonesia untuk mengikuti uji coba dalam Regulatory Sandbox.​

Penyampaian Informasi

Penyelenggara Teknologi Finansial yang telah mendapat izin dan/atau persetujuan dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang memiliki kriteria sebagai Teknologi Finansial tidak wajib melakukan pendaftaran. Namun demikian, sesuai dengan Pasal 5 ayat (3) PBI No.19/12/PBI/2017 tentang Penyelenggaraan Teknologi Finansial bahwa Penyelenggara Teknologi Finansial yang telah mendapat izin dan/atau persetujuan dari Bank Indonesia tetap wajib menyampaikan informasi mengenai produk, layanan, teknologi, dan/atau model bisnis baru yang memenuhi kriteria Teknologi Finansial.

FAQ Teknologi Finansial

Penyelenggara Teknologi Finansial yang telah terdaftar di Bank Indonesia dapat mengikuti uji coba dalam Regulatory Sandbox sesuai dengan ketentuan sebagaimana diatur dalam PADG No.19/14/PADG/2017 tentang Ruang Uji Coba Terbatas (Regulatory Sandbox) Teknologi Finansial. Penyelenggara Teknologi Finansial dimaksud terlebih dahulu ditetapkan oleh Bank Indonesia untuk mengikuti uji coba dalam Regulatory Sandbox.

Selengkapnya

Baca Juga