Kartu Kredit - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
21 September 2019
  • PBI No. 14/2/PBI/2012 tentang Perubahan atas PBI Nomor 11/1/1/PBI/2009 tentang Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu
  • PBI No.11/11/PBI/2009 tentang Penyelenggaraan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu
  • SE BI No. 14/17/DASP tentang Perubahan atas SE BI No 11/10/DASP perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu
  • SE BI No. 11/10/DASP perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu

Kartu Kredit
Kartu Kredit adalah APMK yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan dan/atau untuk melakukan penarikan tunai, dimana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit, dan pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan secara sekaligus (charge card) ataupun dengan pembayaran secara angsuran.

Apakah anda membutuhkan Kartu Kredit
Kartu Kredit adalah cara pembayaran yang memberikan anda kemudahan dalam melakukan pembayaran transaksi keuangan anda. Namun demikian, anda harus memperhatikan biaya dan risiko yang mungkin timbul dalam penggunaannya.

Penelitian membuktikan bahwa konsumen memiliki kecenderungan untuk berbelanja lebih banyak ketika menggunakan kartu kredit daripada ketika mereka menggunakan uang tunai.

Oleh karena itu, sebelum anda mengajukan aplikasi pembukaan kartu kredit, pikirkan terlebih dahulu mengenai kebutuhan anda dan bagaimana anda akan membayar tagihan kartu kredit tersebut.

Jangan menggunakan kartu kredit untuk melunasi utang anda yang lain. Anda dapat terikat pada bunga dan biaya lainnya yang jumlahnya akan lebih membebani anda dalam jangka waktu panjang.

Apabila anda terjebak dalam utang sebaiknya anda menemui konsultan keuangan atau memanfaatkan kredit tanpa bunga atau memiliki tingkat bunga yang rendah untuk melunasinya.

Bagaimana Memilih Penerbit Kartu Kredit
Kartu Kredit seperti apakah yang sesuai dengan kebutuhan anda?

Saat ini anda memiliki kemudahan untuk membandingkan penawaran penerbit kartu kredit yang satu dengan yang lain. Adapun beberapa hal yang dapat menjadi perhatian anda dalam memilih penerbit kartu kredit adalah:

  • Tingkat bunga yang harus dibayarkan
  • Besaran biaya dan denda
  • Perhitungan minimum pembayaran tagihan setiap bulannya
  • Fitur yang dimiliki kartu kredit seperti fitur keamanan (misalnya adanya konfirmasi melalui SMS saat melakukan transaksi); fitur kenyamanan dalam melakukan pembayaran (misalnya memiliki metode pembayaran yang beragam); dan fitur lainnya yang menguntungkan bagi konsumen.

Bagaimana Cara Membayar Kartu Kredit
Tips yang paling penting dalam melakukan pembayaran kartu kredit adalah bayarlah tagihan anda sebesar mungkin setiap bulannya secara tepat waktu.

Sebelumnya, jagalah pengeluaran anda sesuai dengan kemampuan keuangan anda sehingga anda dapat mengelola pembayaran tagihan kartu kredit anda dengan baik. Pastikan limit kartu kredit anda telah sesuai dengan kebutuhan anda dan dapat dikelola dengan baik.

Apabila anda memiliki lebih dari 1 (satu) kartu kredit maka cara pembayaran yang dapat anda pertimbangkan adalah ;

  • Bayar terlebih dahulu tagihan Kartu Kredit yang memiliki tingkat bunga paling tinggi
  • Lunasi kartu kredit anda yang memiliki tagihan terkecil untuk meminimalisir pembayaran bunga dan biaya

Selanjutnya usahakan untuk hanya menggunakan salah satu kartu kredit anda apabila diperlukan.

Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

  1. Pantaulah pengeluaran anda
    Kartu kredit adalah alat pembayaran yang dapat memberikan kemudahan bagi anda dalam melakukan transaksi namun demikian anda tetap harus berhati-hati dalam menggunakannya. Anda dapat saja dengan mudah terjebak dalam utang kartu kredit yang sulit untuk anda lunasi sehingga berpotensi untuk memberikan anda kesulitan di kemudian hari. Jadi, kendalikan pengeluaran anda sesuai dengan kemampuan pembayaran anda dan selalu melakukan pengecekan terhadap tagihan kartu kredit bulanan anda.
  2. Bayarlah Kartu Kredit Anda Tepat Waktu
    Ketika anda memperoleh tagihan kartu kredit , periksalah tanggal jatuh tempo dan pastikan anda membayar secara tepat waktu. Hal ini akan menghindarkan anda dari biaya keterlambatan (late charge fee) dan bunga.
  3. Maksimalkan Pembayaran Anda
    Apabila anda hanya melakukan pembayaran minimum setiap bulannya, maka anda akan membayar mahal untuk bunga dan akan membutuhkan waktu yang lama untuk melunasi tagihan anda.
    Sebaiknya anda membuat rencana pembayaran kartu kredit melebihi jumlah minimum pembayaran sehingga dapat segera melunasi utang kartu kredit anda.
  4. Tentukan batas pagu kartu kredit yang sesuai dengan kemampuan anda
    Mintalah limit kartu kredit yang sesuai dengan kemampuan anda untuk membayar. Jangan tergoda untuk menggunakan seluruh limit kartu kredit anda dan menggunakan kartu kredit melebihi kemampuan anda.
    Limit kartu kredit anda bukanlah untuk anda habiskan. Anda harus memastikan bahwa limit kartu kredit anda berada dalam batas kemampuan anda. Jangan tergoda untuk menghabiskan limit kartu kredit anda untuk berbelanja.
    Apabila anda ingin mengurangi limit kartu kredit anda, anda dapat menghubungi penerbit kartu kredit anda.
    Harus diketahui bahwa Penerbit tidak bisa menaikkan limit kartu kredit anda tanpa persetujuan pemegang kartu kredit. Apabila anda ingin menaikkan limit kartu kredit anda untuk keperluan tertentu (misalnya bepergian ke luar negeri), ingatlah untuk segera menurunkan kembali limit kartu anda sesuai dengan kebutuhan.
  5. Jangan menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan anda
    Apabila anda memiliki kebutuhan darurat atau kekurangan uang tunai, penggunaan kartu kredit atau cash advance tidak disarankan untuk jangka waktu panjang. Kartu kredit mungkin dapat menyelamatkan anda saat ini, namun apabila anda tidak segera menyelesaikannya maka akan menimbulkan masalah baru bagi anda. Sebaiknya anda memiliki tabungan untuk menyelesaikan keperluan darurat sehingga tidak bergantung pada penggunaan kartu kredit. Jangan melakukan transaksi gesek tunai (gestun) karena kegiatan tersebut dilarang oleh Bank Indonesia dan berpotensi untuk merugikan konsumen dalam jangka panjang.
  6. Periksalah selalu tagihan kartu kredit anda
    Cara yang terbaik untuk memeriksa tagihan kartu kredit anda adalah dengan menyimpan seluruh slip transaksi kartu kredit anda dan membandingkan slip dimaksud dengan tagihan kartu kredit anda. Hal ini untuk memastikan bahwa anda ditagih untuk transaksi yang memang anda lakukan.
    Apabila terdapat transaksi yang tidak anda lakukan, segera hubungi Penerbit kartu kredit anda untuk mengkonfirmasi kembali tagihan dimaksud.
  7. Tutup kartu kredit anda secara benar
    Apabila anda ingin menutup kartu kredit anda, maka anda harus meyakini bahwa proses penutupan kartu kredit dilakukan oleh pihak yang berwenang dan tidak terdapat tagihan yang tertinggal atau belum terselesaikan. Sebaiknya permintaan penutupan kartu kredit anda juga dilakukan dalam bentuk tertulis untuk meyakini
Show Left Panel