Tentang Bali - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
24 Agustus 2019

​TENTANG BALI

Pulau Bali adalah sebuah pulau kecil yang luas wilayahnya ±5.632,86 km2 atau 0,29 % dari luas kepulauan Indonesia, dengan jumlah penduduk ±3,5 juta jiwa, tidak memiliki hasil tambang, lahan pertanian terbatas, namun pulau Bali memiliki keindahan alam dan budaya yang sangat mempesona, yang telah dikenal, dikagumi oleh dunia serta banyak dikunjungi oleh wisatawan. Untuk meningkatkan taraf hidup penduduk Bali, salah satu usaha yang diharapkan adalah melalui pengembangan pariwisata. Dalam rangka usaha pengembangan Pariwisata Bali, Pemerintah dengan bantuan UNDP pada tahun 1971 memprakarsai sebuah studi tentang Pariwisata Bali yang dilaksanakan oleh SCETO, sebuah konsultan dari Perancis. Kawasan Pariwisata Nusa Dua lahir karena kebutuhan objektif akan kamar yang bermutu, bagi wisatawan yang diperkirakan akan terus meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun. Pada waktu tahun 1975 di Bali, diperkirakan hanya ada 1800 kamar yang dibangun di Kuta dan Sanur, yang bertaraf Internasional, sedangkan menurut studi sampai tahun 1980 diperlukan sekitar 3800 – 4700 kamar hotel bertaraf internasional.

Daerah Nusa Dua merupakan suatu kawasan pariwisata dengan pemukiman wisatawan secara terpusat, yang jauh dari pusat kehidupan sehari-hari masyarakat Bali pada umumnya. Nusa Dua mempunyai pemandangan alam menarik dengan pantai berpasir putih, air laut yang jernih dan pantai menghadap ke Timur menyongsong terbitnya matahari pagi. Lokasi akomodasi/hotel dekat dengan Bandara Ngurah Rai dan lebih mudah memperoleh pelayanan dan kemudahan lain dari pusat kota Denpasar.

Menurut perkembangan terkini, Nusa Dua adalah tempat bagi resort bintang 5 (lima) terbaik yang menyediakan lebih dari 4500 kamar, pengalaman berbelanja yang nyaman dan salah satu lapangan golf terbaik di Asia. Fasilitas lainnya adalah museum dan convention center dengan kapasitas 12000 orang. Nusa Dua adalah tujuan utama untuk acara-acara penting dan telah menjadi tuan rumah untuk Pertemuan Kepala Negara, APEC, dan Miss World 2013. Lokasi hotel dan fasilitas pariwisata lainnya di Nusa Dua terletak di sepanjang pantai dengan pusat kegiatan Amenity Core yang dibangun sesuai pedesaan Bali dengan halaman yang luas dan arsitektur yang khas.

Show Left Panel