Bedah Buku "<em>Business Startup </em>Primbon" by Helmi Yahya <strong>[10 April 2018] </strong> - Bank Sentral Republik Indonesia
Navigate Up
Sign In
September 30, 2020
Bedah Buku "Business​ Startup Primbon" By Helmi Yahya
Jakarta, 10 April 2018
 
Bulan April merupakan bulan yang istimewa dan ditunggu-tunggu oleh pegawai Bank Indonesia, secara rutin Perpustakaan Bank Indonesia yang merupakan bagian dari Bank Indonesia Institute (BI Institute) menyelenggarakan banyak acara menarik untuk memperingati Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia (World Book and Copyright Day) tanggal 23 April dan sekaligus juga memperingati Hari Kartini tanggal 21 April. Momen ini penting bagi Perpustakaan yang memiliki peran penting dalam literasi pengetahuan melalui buku dan pustaka lainnya. Tema peringatan tahun ini adalah tema “I Learn, I Understand” yang mengandung makna melalui membaca buku. Kita dapat mempelajari dan memahami banyak hal. Serangkaian acara telah disiapkan, antara lain acara apresiasi peminjam buku Perpustakaan melalui get knowledge get prize, fun workshop, dan bedah buku. Dalam kegiatan ini, BI Institute berkolaborasi dengan PIPEBI dan beberapa penerbit nasional.
 
Kick off rangkaian kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 10 April 2018 bertempat di ruang Kartini gedung D Kampus utama BI Institute, mengawali kegiatan bedah buku “Business Startup Primbon” yang merupakan bedah buku perdana dalam rangkaian kegiatan. Kick off dilakukan oleh Ibu Arlyana Abubakar, Kepala Grup Pengembangan Akademi. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan BI Institute senantiasa berkomitmen mewujudkan ekosistem learning dan research yang kuat di Bank Indonesia, antara lain dengan meningkatkan kualitas pengelolaan dan layanan Perpustakaan. Beliau menegaskan bahwa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan sebagai salah satu bentuk upaya BI Institute untuk mendorong self learning pegawai Bank Indonesia melalui penguatan minat membaca dan menulis.
 
Setelah kick off, acara dilanjutkan dengan bedah buku “Business Startup Primbon” dengan penulis buku sebagai narasumber yaitu Helmi Yahya dengan moderator Nitia Anisa (presenter kompas TV). Kegiatan diikuti tak kurang dari 110 peserta yang berasal dari berbagai satuan kerja di Bank Indonesia. Acara berlangsung hangat, menarik dan interaktif. Helmi Yahya sebagai penulis sangat piawai meringkas dan menyajikan isi buku materinya dengan menarik sehingga peserta pun antusias mengikuti acara ini. Helmi Yahya berbagi mengenai pengalaman gagal dan berhasil selama membangun usaha dan berbagi “Tips Primbon”, yang berisi do dan dont dalam memulai usaha/bisnis. Tidak hanya bemuatan naratif berdasar pengalaman, Helmi juga merujuk teori Roger Hamilton dalam mengidentifikasi profil individu sebagai bagian utama dalam memulai usaha khususnya memilih partner. Investigasi sebelum investasi, itu menjadi pesan utama bagi individu yang ingin menjadi enterpreneur.
 
Melalui buku ini, pembaca bisa belajar bagaimana Helmy Yahya berusaha, berjuang dan berani mengambil risiko. Berbagai usaha telah dijalaninya mulai dari membuka beberapa restoran dan kafe, berbisnis di bidang properti, mencoba bisnis ritel, hingga membuka kantor konsultan, dan menjadi penerbit. Sebuah pengalaman berharga yang ingin beliau bagikan dalam bentuk buku agar bisa menjadi pelajaran bagi orang lain untuk mengurangi risiko gagal dalam berbisnis dan berinvestasi.
 
Semarak perayaan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia tentunya masih akan berlanjut, kegiatannya apa saja? Bisa dilihat pada poster di bawah ini :
Poster WBD 2018_Rev 1-01.jpg 
 

 

Galeri Foto

H1.JPG 

 

H3.JPG 
H5.JPG 
H6.JPG 
 

 

 H7.JPG
H9.JPG
 
Tags:  

Survey

Is this article give you useful information?
Rate this article:
Comment:
Show Left Panel