Berita Terkini (Siaran Pers)

BI Icon

​​Departemen Komunikasi

11/26/2025 9:00 PM
Hits: 81

BI Tegaskan Komitmen Transformasi Digital Layanan Kebanksentralan

Siaran Pers
 

 
No. 27/282/DKom 
Di tengah dinamika global yang semakin kompleks, digitalisasi, kecepatan layanan, dan tata kelola yang kuat menjadi kebutuhan mutlak untuk memastikan layanan kebanksentralan tetap efisien, aman, dan berdampak bagi perekonomian nasional. Hal tersebut mengemuka dalam Central Banking Service Excellence Achievement (CBSEA) 2025, yang mengangkat tema Driving Service Excellence through Digitalization: Agile Central Banking Services Journey in a Dynamic Global Landscape, di Jakarta, (26/11).

Pada CBSEA 2025, Bank Indonesia dan Kementerian Investasi dan Hilirasi (Kemeninveshil) menyepakati  integrasi sistem aplikasi layanan perizinan sektor keuangan BI (EASE) dengan One Single Submission (OSS) Kemeninveshil. Dengan integrasi ini, verifikasi Nomor Induk Berusaha (NIB) dapat dilakukan secara real-time, sehingga proses pengajuan perizinan dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti, menegaskan komitmen Bank Indonesia sebagai institusi yang agile dalam mengadopsi teknologi digital untuk menghadirkan layanan kebanksentralan yang lebih cepat, transparan, aman, dan relevan bagi masyarakat. Dalam pelaksanaan pemberian layanan kebanksentralan yang terus berkembang ini, Bank Indonesia tentunya memerlukan dukungan dari K/L dan mitra terkait. “Melalui CBSEA 2025, kita perkuat sinergi dan inovasi bersama sekaligus meneguhkan komitmen untuk menjadi bank sentral yang adaptif, dan berstandar internasional" demikian tegas Destry.

Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal Kemeninveshil, Andi Maulana, menyoroti pentingnya keseragaman data sebagai pendukung kebijakan. Kerja sama integrasi data terkait perizinan sektor keuangan antara BI dengan Kemeninveshil yang disepakati pada CBSEA 2025 ini turut mendukung terciptanya satu data di sektor keuangan sebagai sumber referensi yang akuntabel.

CBSEA merupakan forum apresiasi, refleksi, dan komunikasi strategis Bank Indonesia dengan Kementerian/Lembaga (K/L), industri perbankan, dan seluruh mitra kerja atas kinerja layanan kebanksentralan. Forum ini sekaligus memperkuat sinergi dan kolaborasi untuk menghadirkan layanan yang semakin modern, agile, dan berstandar global. Sepanjang tahun 2025, semakin eratnya sinergi Bank Indonesia dengan K/L dan pelaku industri menghasilkan penguatan pengelolaan uang negara, harmonisasi sistem antara BI dan Kemenkeu, kesiapan Business Continuity Management lintas institusi, hingga penyempurnaan mekanisme transaksi lintas negara dan penyelesaian KLBI. Tahun ini juga telah terpenuhinya ISO 20022 (standar global tata bahasa keuangan) untuk pembayaran lintas batas, serta integrasi data dan sistem host-to-host guna mendukung tata kelola dan efisiensi layanan publik.

Ke depan, Bank Indonesia mengharapkan integrasi penuh sistem perizinan BI–OSS melalui Straight Through Processing, sekaligus memperluas inovasi digital di berbagai layanan kebanksentralan. Upaya ini diperkuat dengan pemantapan konektivitas global untuk mendukung transaksi keuangan lintas negara, serta penguatan budaya kolaborasi antarlembaga dan industri keuangan. Dengan langkah tersebut, Bank Indonesia berkomitmen menghadirkan layanan kebanksentralan yang semakin inklusif, efisien, dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

 

Jakarta, 26 November 2025

Departemen Komunikasi
Ramdan Denny Prakoso
Direktur Eksekutif


sp_2728225_2.jpeg

Lampiran
Kontak

​​Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131

e-mail : bicara@bi.go.id

Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB​

Halaman ini terakhir diperbarui 11/26/2025 10:00 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga