Pengadaan Barang dan Jasa

Start;Home;Layanan;bukan default.aspx

Penganta​​r​

Pengadaan Barang dan Jasa adalah proses pemenuhan kebutuhan barang/jasa yang dibutuhkan oleh Bank Indonesia melalui serangkaian kesepakatan spesifikasi, harga, waktu, dan persyaratan lainnya secara transparan. 

Pengumuman Tender​

Bank Indonesia akan melakukan pengadaan barang/jasa yang dapat diikuti oleh seluruh rekanan sesuai kualifikasi.


Pengadaan yang sedang dibuka 

Tanggal Pengumuman Nama Perkerjaan Batas Akhir Pendaftaran Status Hits
15 Juli 2024 Pengadaan Ulang Pemenuhan Lisensi Software Oracle Bank Indonesia TA 2024 23 Juli 2024 Open 148
12 Juli 2024 PEKERJAAN BUILDING MANAGEMENT DI KOPERBI IKN 22 Juli 2024 Open 184
08 Juli 2024 Pengadaan Pekerjaan Pengamanan RBI RUMIS dan Bangunan Aset Lainnya 2024 2026 16 Juli 2024 Open 421
03 Juli 2024 Jasa Penyedia Hard Material Untuk Kegiatan Acara Kedinasan BI Tahun 2024 11 Juli 2024 Open 307
24 Juni 2024 Pengadaan dan Pemeliharaan Server Tipe BCD TA 2024 01 Juli 2024 Open 592
21 Juni 2024 Pengadaan Lembaga Penyelenggara Recruitment Specialist PCPM Tahun 2024 2025 01 Juli 2024 Open 270
19 Juni 2024 Pembangunan Bangunan Pendukung Kawasan BI Karawang PK 12 27 Juni 2024 Open 774
12 Juni 2024 Jasa Paket Perjalanan Ziarah BI Religi Bank Indonesia Tahun 2024 24 Juni 2024 Open 621
10 Juni 2024 Pengadaan Jasa Paket Perjalanan Apresiasi Program Budaya Kerja 2024 2025 20 Juni 2024 Open 351
07 Juni 2024 Pemborongan Jasa Tenaga Kerja Administrasi Kelogistikan dan Tenaga Harian 19 Juni 2024 Open 539

Histori Tender​

Pengadaan yang telah selesai

Tanggal Pengumuman Nama Perkerjaan Batas Akhir Pendaftaran Status Hits
29 Mei 2024 Pengadaan Pekerjaan Restrukturisasi Kabel Backbone KPwDN BI TA 2024 10 Juli 2024 AWARD_APPROVED 9
22 Mei 2024 Pekerjaan Pengamanan, Penyelamatan, dan ESS di KPwDN Wilayah KTI 2024-2026 09 Juli 2024 OUTCOME_COMPLETED 196
16 Mei 2024 SAN Switch dan SAN Storage Kritikal TA 2024 28 Juni 2024 AWARD_APPROVED 42
15 Mei 2024 Pengadaan Jasa Pengangkutan BBMN Menggunakan Kapal Barang TA 2024 2026 07 Juni 2024 OUTCOME_COMPLETED 132
14 Mei 2024 TKO Layanan Sistem Informasi Bank Indonesia Tahun 2024 2026 25 Juni 2024 OUTCOME_COMPLETED 108
13 Mei 2024 SAN Switch dan SAN Storage DC-2 27 Juni 2024 AWARD_APPROVED 6
08 Mei 2024 Pengadaan Subscription Software dan Pemeliharaan WYSIWYG HTML Editor 11 Juni 2024 OUTCOME_COMPLETED 148
03 Mei 2024 Pengadaan dan Pemeliharaan Subscription Redhat untuk Server BIMASAKTI 12 Juni 2024 OUTCOME_COMPLETED 104
02 Mei 2024 Pengadaan Peralatan Pengamanan Water Rescue Untuk KPwDN Tahun 2024-2026 25 Juni 2024 AWARD_IN_PROG 3
27 Maret 2024 Pengadaan dan Pemeliharaan Printer Barcode, Scanner Barcode Perkasan, Scanner Ba 20 Mei 2024 OUTCOME_COMPLETED 200

Informasi Rek​​anan​​

Baca panduan cara mendaftar, syarat, kebijakan, dan jadwal verifikasi untuk menjadi rekanan.

Kebijakan Umum Penyedia Barang dan/atau Jasa Bank Indonesia adalah: 

  1. Calon Penyedia Barang dan/atau Jasa, baik badan usaha maupun perorangan yang berkedudukan di dalam dan/atau luar negeri wajib terdaftar dalam aplikasi e-Procurement.
  2. Calon Penyedia barang dan/atau jasa wajib memenuhi seluruh ketentuan pendaftaran yang dipersyaratkan untuk menjadi Penyedia barang dan/atau jasa Bank Indonesia, untuk selanjutnya dilakukan proses verifikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Bank Indonesia.
  3. Calon penyedia Barang dan/atau Jasa di Bank Indonesia harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
    • Memiliki keahlian, pengalaman, dan kemampuan teknis serta manajemen sesuai dengan bidang usahanya.
    • Memiliki sumber daya manusia/tenaga ahli, modal, peralatan, dan fasilitas lain yang diperlukan dalam pelaksanaan penyediaan Barang dan/atau Jasa.
    • Tidak sedang dikenakan sanksi hukum atau terlibat kasus hukum yang dapat berdampak pada pelaksanaan pengadaan.
  4. ​Setiap calon penyedia barang dan/atau jasa memilih minimal 1 jenis bidang usaha.
  5. Bank Indonesia berhak menonaktifkan penyedia Barang dan/atau Jasa apabila:.
    • Dikenakan sanksi oleh Bank Indonesia sebagaimana mengacu pada peraturan Bank Indonesia; dan/atau
    • Rekanan tidak menyampaikan data dan/atau dokumen secara lengkap dan benar pada tahap registrasi yakni 3 (tiga) bulan bulan sejak disampaikan pemberitahuan untuk melengkapi dokumen.
  6. Apabila kinerja penyedia Barang dan/atau Jasa berada pada status “kurang”, Bank Indonesia berhak untuk tidak mengikutsertakan penyedia Barang dan/atau Jasa tersebut pada proses pengadaan berikutnya.
  7. Hasil evaluasi kinerja penyedia Barang dan/atau Jasa akan menjadi dasar dalam penetapan pemberian status penyedia barang dan/atau jasa yaitu baik, cukup, kurang, atau pemberian sanksi.
  8. Dalam upaya mendorong peningkatan kinerja penyedia Barang dan/atau Jasa, Bank Indonesia akan melakukan evaluasi kinerja penyedia Barang dan/atau Jasa berdasarkan kriteria yang ditetapkan, antara lain meliputi aspek kualitas, waktu, kepatuhan, dan layanan.
  9. Penyedia Barang dan/atau Jasa harus tunduk pada peraturan pengelolaan rekanan di Bank Indonesia.
  10. Apabila penyedia barang dan/atau jasa tidak melakukan pengkinian data, maka tidak dapat mengikuti proses pengadaan barang dan/atau jasa di Bank Indonesia.
  11. Penyedia barang dan/atau jasa wajib melakukan pengkinian data dan menginformasikan setiap adanya perubahan data/dokumen (jika terjadi perubahan pada data/dokumen yang memiliki masa berlaku seperti surat keterangan domisili usaha, data kontak, SIUP, TDP, sertifikat, dan/atau informasi lain yang dianggap perlu oleh Bank Indonesia).
  12. Hasil evaluasi Pendaftaran Penyedia Barang dan/atau Jasa akan disampaikan melalui e-mail kepada Penyedia Barang dan/atau Jasa. Keputusan atas hasil evaluasi pendaftaran Penyedia Barang dan/atau Jasa merupakan hak yang tidak dapat diganggu gugat.
  13. Bank Indonesia berhak untuk melakukan penyesuaian, menambah dan/atau mengurangi ketentuan di dalam situs ini, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  14. Bank Indonesia tidak memungut biaya apapun dari setiap proses pendaftaran Penyedia Barang dan/atau Jasa.
Verifikasi dilakukan ketika seluruh persyaratan dokumen penyedia barang dan/atau jasa telah lengkap dan dalam hal diperlukan calon penyedia dapat menghubungi tim Helpdesk Pengadaan Bank Indonesia.

Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pengadaan barang dan jasa di Bank Indonesia, Bank Indonesia mengembangkan aplikasi Enterprise Resources Planning (ERP) untuk menyediakan informasi dan pelaksanaan proses pengadaan barang dan/atau jasa di Bank Indonesia sehingga dapat berjalan lebih efektif, efisien, transparan, akuntabel, dan layanan prima.

​​iSupplier​​​​​

Pendaftaran rekanan baru Bank Indonesia dapat dilakukan melalui iSupplier. Silahkan pilih lokasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia terdekat.
Materi Sosialiasi ERP Modul i-Supplier BI
Bagi vendor yang telah memiliki user ID dan password, untuk pengkinian data atau mengikuti pengadaan silahkan click alamat berikut: https://eprocurement.bi.go.id




Pengumuman Lelang Barang Inventaris​

Bank Indonesia kolaborasi dengan KPKNL Jakarta I, melelang berbagai barang inventaris melalui lelang wajib non-eksekusi dengan menggunakan penawaran tertutup berbasis internet, termasuk peralatan logistik, teknologi informasi, serta berbagai jenis. dan merek mesin ATM milik Bank Indonesia​

Kontak​​​

Jika tidak menemukan jawaban yang tepat, hubungi kami untuk bantuan lebih lanjut.

​​​  
Departemen Pengadaan Strategis
Komplek Perkantoran Bank Indonesia,
Gedung Kebon Sirih, lantai Dasar
Jl. MH. Thamrin No.2, Jakarta Pusat

Telepon : 131 (pulsa lokal); 1500131 (dari luar negeri)
atau (021) 29810000 ext 7755

Email:
Helpdesk-Rekanan-BI@bi.go.id




​​​​

FAQ​

Temukan jawaban untuk pertanyaan yang sering diajukan di sini.

  1. ​​Membuka halaman web ERP-HRIS modul i-SLM.
  2. ​Membuat user ID dan Password
  3. Melengkapi data praregistrasi yang dipersyaratkan untuk menjadi penyedia barang dan/atau jasa pada web BI-ERPHRIS modul i-SLM
  4. Setelah disetujui, calon rekanan melengkapi data registrasi dan mengunggah data registrasi asli yang dipersyaratkan pada web BI-ERPHRIS modul i-SLM
  5. Proses verifikasi dokumen dengan membawa dokumen aslinya.
  6. Dilakukan survei lapangan
  7. ​Proses approval dilakukan jika hasil verifikasi dokumen dan hasil survei lapangan memenuhi persyaratan menjadi penyedia barang dan/atau jasa.​
​​






Silahkan melihat persyaratan pendaftaran penyedia barang dan/atau jasa sebagaimana di atas.​
Silahkan gunakan fasilitas link Login Assistance dan isi kolom username dengan e-mail perusahaan terdaftar lalu klik tombol reset password.

Akun yang terdaftar pada sistem adalah akun Kantor Pusat. Data kantor cabang dapat ditambahkan di dalam data akun Kantor Pusat. ​​

Jika terjadi perubahan PIC, maka silahkan akses kembali data perusahaan dengan melakukan login pada sistem, dan perbarui data PIC lama pada pada menu General data PIC baru​ yang bertugas.​

Verifikasi dilakukan ketika seluruh persyaratan dokumen penyedia barang dan/atau jasa telah lengkap dan dalam hal diperlukan calon penyedia dapat menghubungi tim Helpdesk Pengadaan Bank Indonesia.





Proses verifikasi dokumen asli dan/atau kualifikasi penyedia barang dan/atau jasa dilakukan di Kantor Pusat maupun Kantor Perwakilan Bank Indonesia terdekat sesuai dengan wilayah terbitnya dokumen legal perusahaan (Surat Keterangan Domisili Usaha).


Silahkan melihat persyaratan pendaftaran penyedia barang dan/atau jasa sebagaimana di atas.​

​BI-ERPHRIS hanya menerima file dalam bentuk gambar (jpeg/gif.png) dan pdf. Apabila file masih berformat lain, silahkan dikonversi terlebih dahulu ke dalam bentuk gambar (jpeg/gif.png) atau pdf. Dan untuk kapasitas dokumen yang bisa di upload dalam BISPro sebesar 10 Mb. ​

Baca Juga