Berita Terkini (Siaran Pers)

BI Icon

​Departemen Komunikasi​

11/17/2023 12:00 AM
Hits: 6294

Implementasi Interkoneksi Pembayaran QR Antarnegara antara Indonesia dan Singapura

Siaran Pers
 

BI_MAS_2023.JPG

SIARAN PERS BERSAMA

 No. 25/310/DKom 

Singapura, 17 November 2023. Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) pada hari ini meresmikan implementasi interkoneksi pembayaran QR antarnegara antara Indonesia dan Singapura. Implementasi ini memungkinkan pengguna atau nasabah dari lembaga keuangan yang berpartisipasi1 untuk melakukan pembayaran ritel antarnegara dengan lancar menggunakan aplikasi pembayaran yang dimilikinya, dengan cara memindai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau QR Network for Electronic Transfers Singapore (NETS)2 yang ditampilkan oleh merchant di Indonesia atau Singapura. Gubernur BI, Perry Warjiyo dan Managing Director MAS, Ravi Menon, bersama-sama meluncurkan interkoneksi pembayaran tersebut dengan melakukan simulasi pembayaran QR antarnegara secara langsung di Singapore FinTech Festival 2023. 

Interkoneksi pembayaran QR antarnegara ini merupakan capaian penting dari upaya BI dan MAS dalam mendorong integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital, serta meningkatkan hubungan perekonomian antara Indonesia dan Singapura. Dengan kenyamanan pembayaran yang meningkat, interkoneksi ini akan mampu memperluas akses pasar bagi pelaku usaha kedua negara, khususnya usaha mikro dan kecil, melalui bertambahnya jumlah konsumen baru. Inisiatif ini juga akan menguntungkan wisatawan kedua negara seiring kembali meningkatnya pariwisata pascapandemi – pada paruh pertama tahun 2023, terdapat 600.000 kedatangan dari Singapura ke Indonesia, dan 1,1 juta wisatawan dari Indonesia ke Singapura3. 

BI dan MAS pada kesempatan ini juga menandatangani Letter of Intent (LOI) terkait kerangka kerja penyelesaian transaksi dalam mata uang lokal (local currency settlement). Nantinya setelah diimplementasikan pada 2024, kerangka ini akan memfasilitasi penyelesaian transaksi pembayaran lintas negara, termasuk pembayaran dengan QR, perdagangan dan investasi antara Indonesia dengan Singapura dengan menggunakan mata uang lokal masing-masing negara. Hal ini akan mendukung pelaku usaha dan pengguna lainnya untuk meminimalisir eksposur terhadap risiko nilai tukar dan meningkatkan efisiensi. LOI tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding yang ditandatangani kedua bank sentral terkait kerja sama untuk mendorong transaksi bilateral dalam mata uang lokal (kerangka kerja LCT) pada Agustus 20224 sejalan dengan upaya memperkuat integrasi keuangan ASEAN untuk memfasilitasi penggunaan mata uang lokal pada transaksi antar negara ASEAN5.     

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, “Interkoneksi pembayaran QR lintas batas antara Indonesia dan Singapura akan mendorong pembayaran antarnegara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif, khususnya bagi UMKM. Inisiatif ini merupakan tindak lanjut dari komitmen negara anggota ASEAN pada kerja sama Konektivitas Pembayaran Regional (Regional Payment Connectivity/RPC) dan implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025, dalam mewujudkan metode pembayaran yang lebih nyaman dan efisien bagi masyarakat. Kami juga mengumumkan inisiatif strategis lainnya untuk mendorong penggunaan mata uang lokal yang lebih luas dalam transaksi bilateral melalui kerangka Transaksi Mata Uang Lokal (Local Currency Transaction/LCT), yang diharapkan dapat diimplementasikan pada 2024. Melalui implementasi kerangka kerja LCT ini, inisiatif interkoneksi pembayaran QR antarnegara nantinya akan menggunakan kuotasi langsung nilai tukar mata uang lokal yang disediakan oleh bank Appointed Cross Currency Dealer (ACCD)". 

Managing Director MAS, Ravi Menon, mengatakan, “Interkoneksi pembayaran QRIS-QR NETS akan mendorong aktivitas e-commerce antar negara dan belanja wisatawan antara Singapura dan Indonesia oleh individu dan pelaku usaha kecil. Ke depan, kerangka kerja sama penyelesaian mata uang lokal oleh BI dan MAS akan melengkapi interkoneksi pembayaran QR melalui fasilitasi penggunaan Rupiah Indonesia dan Dolar Singapura untuk penyelesaian transaksi pembayaran antarnegara. Inisiatif ini menandakan pencapaian Singapura dalam memperkuat interkoneksi pembayaran lintas negara yang terus berkembang dengan negara mitra utama di regional." 

Terhubungnya pembayaran QR QRIS-NETS ini terwujud melalui kolaborasi industri yang kuat dengan dukungan dari BI dan MAS, serta didukung kerja sama yang erat dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), RAJA (Rintis, Artajasa, Jalin, dan Alto), NETS, dan lembaga keuangan yang berpartisipasi.

 

 

 

 

* * * * *

Narahubung

 

Bank Indonesia

Erwin Haryono

Departemen Komunikasi

Tel: (+62) 21 131

Email: bicara@bi.go.id

 

Monetary Authority of Singapore

Bridgitte Lee

Deputy Director (Communications)

Tel: +65 62299262

Email: Bridgitte_lee@mas.gov.sg

 



 

[1]Institusi Keuangan yang berpartisipasi dari Singapura adalah OCBC and UOB, sedangkan DBS direncanakan turut berpartisipasi pada tahap selanjutnya. Penyedia jasa pembayaran yang berpartisipasi dari Indonesia adalah PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Pembangunan Daerah Bali, PT Bank Permata Tbk, PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Bank Mega Tbk, PT Bank Sinarmas Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Espay Debit Indonesia Koe, PT Netzme Kreasi Indonesia.

2 QRIS adalah standar nasional kode QR pembayaran di Indonesia. NETS QR adalah solusi kode QR yang dioperasikan oleh jaringan pembayaran elektronik NETS. QRIS dan NETS QR memungkinkan pedagang untuk menerima pembayaran dari customer dari bank partisipan serta operator e-wallet yang berbeda menggunakan kode QR yang seragam.

3 Data dari Januari hingga Juni 2023 (sumber: Statistics Indonesia and Statistics Singapore, 2023).

4 https://www.mas.gov.sg/news/media-releases/2022/indonesia-and-singapore-cross-border-qr-code-payments-connectivity-and-use-of-local-currencies-for-bilateral-transactions

5  10th ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting pada Agustus 2023 mendukung the High Level Principles untuk memandu perkembangan ASEAN Local Currency Transactions (LCT) Framework untuk meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi Local Currency Transactions dan mempromosikan adopsi secara lebih luas dari peserta di kawasan.

 

 

sp_2531023_2.jpeg

Lampiran
Kontak

Contact Center Bank Indonesia Bicara: (62 21) 131
e-mail : bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB​​​​​​​​​​​​​

Halaman ini terakhir diperbarui 11/17/2023 7:04 PM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga