Berita Terkini (Siaran Pers)

BI Icon

Departemen Komunikasi​​

4/14/2021 12:00 AM
Hits: 752

Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) Triwulan I – 2021 : Kegiatan Dunia Usaha Meningkat

Siaran Pers
 

No. 23/97/DKom

Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan bahwa kegiatan dunia usaha meningkat pada triwulan I 2021. Hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT)[1] sebesar 4,50%, membaik dari -3,90% pada triwulan IV 2020. Peningkatan didorong oleh kinerja sejumlah sektor yang telah positif antara lain sektor Pertambangan dan Penggalian, sektor Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Kehutanan dan Perikanan, serta sektor Industri Pengolahan. Responden menyatakan bahwa peningkatan kinerja sektor Pertambangan didorong oleh permintaan yang menguat. Sedangkan sektor Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Kehutanan dan Perikanan ditopang oleh musim panen raya pada komoditas tanaman bahan makanan (tabama), sementara sektor Industri Pengolahan didorong oleh meningkatnya permintaan menjelang Ramadan dan Idulfitri.

Sejalan dengan perkembangan kegiatan usaha, kapasitas produksi terpakai sebesar 73,38% pada triwulan I 2021, meningkat dari capaian pada triwulan sebelumnya sebesar 71,96%. Penggunaan tenaga kerja juga diindikasikan membaik meski masih dalam fase kontraksi, dengan kondisi keuangan dunia usaha dalam kondisi normal.

Pada triwulan II 2021, responden memprakirakan kegiatan usaha akan makin menguat dengan SBT sebesar 18,87%. Berdasarkan sektor ekonomi, peningkatan diprakirakan terjadi pada seluruh sektor ekonomi, terutama sektor Industri Pengolahan, sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran, serta sektor Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Kehutanan  dan Perikanan.

Hasil lengkap survei dapat dilihat dalam Survei Kegiatan Dunia Usaha di website Bank Indonesia.

 

Jakarta, 14 April  2021

Kepala Departemen Komunikasi

Erwin Haryono

Direktur Eksekutif

 

Informasi tentang Bank Indonesia

Tel.021-131, email : bicara@bi.go.id

 

 



[1] Metode perhitungan dilakukan dengan metode saldo bersih (SB-net balance), yakni dengan menghitung selisih antara persentase jumlah responden yang memberikan jawaban “meningkat" dengan persentase jumlah responden yang memberikan jawaban “menurun" dan mengabaikan jawaban “sama". Khusus penghitungan saldo bersih kegiatan usaha, harga jual, penggunaan tenaga kerja, kondisi investasi dilakukan dengan metode Saldo Bersih Tertimbang (SBT - weighted net balance) yang diperoleh dari hasil perkalian saldo bersih sektor/subsektor yang bersangkutan dengan bobot sektor/subsektor yang bersangkutan sebagai penimbangnya.


Infografis SKDU Tw I 2021.jpg

Lampiran
Kontak

​​​Contact Center BICARA: (62 21) 131 e-mail: bicara@bi.go.id
Jam operasional Senin s.d. Jumat Pkl. 08.00 s.d 16.00 WIB

Halaman ini terakhir diperbarui 4/15/2021 7:16 AM
Apakah halaman ini bermanfaat?
Terima Kasih! Apakah Anda ingin memberikan rincian lebih detail?
Tag :

Baca Juga